Viral Remaja Perawatan Facial Biar Bebas Jerawat, Endingnya Dirawat di RS

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 28 Okt 2021 16:15 WIB
Kisah viral remaja yang wajahnya rusak usai treatment facial di salah satu klinik. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @User207483947298382.
Tegal -

Facial wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang umumnya dilakukan oleh wanita untuk mengatasi jerawat. Namun apa jadinya jika setelah facial tersebut malah berakhir membuat wajah jadi memburuk, bahkan sampai masuk rumah sakit.

Kisah tersebut berawal dari akun TikTok @User207483947298382. Dalam video yang diunggah, dia mengungkapkan awalnya ingin facial untuk merawat kulit wajahnya. Dalam video itu ia membagikan kondisi wajahnya sebelum dan sesudah melakukan facial.

"Sebelum treatment, setelah treatment. Sampai harus rumah sakit ya buset dahlah. Dan sekarang sedang tahap pemulihan, doanya aja ya semua," tulis akun TikTok @User207483947298382.

Facial wajah sendiri sebenernya bermanfaat untuk membersihkan wajah, mengurangi penyumbatan pori-pori kulit akibat komedo dan jerawat, sekaligus meremajakan kulit. Facial juga dapat membuat wajah tampak lebih segar dan awet muda jika dilakukan dengan benar dan di klinik kecantikan terpercaya.

@kikoenaktau20637283 Ya Allah sabar.. #fyp #berandafyp ♬ original sound - patttttttttttt 🐙 - kena sb🗿 followers juga nurun

Hingga Selasa (26/10/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 572 ribu Views, mendapat 29 ribu Likes dan 1.129 komentar. Warganet ada yang memberikan dukungan semangat untuknya dan ikut berbagi pengalaman buruk seputar facial.

"Ya Allah semangat kak cepet sembuh jadi takut," ucap akun @Aku.putriii.

"Sumpahnya aku pernah treatment murah Rp 80 ribu di salon malah bruntusan sama jerawatan segede gaban tapi sekarang alhamdulilah sudah sembuh," ujar pengguna TikTok @aku doraaaa.

"Padahal wajahnya sudah bersih loh kan ngapain treatment," tutur @dhika.

"Kalau memang treatmentnya di klinik dengan dokter ga mungkin terjadi kaya gitu, kalaupun terjadi mungkin ada beberapa kesalahan dari diri kita sendiri," saut akun @Nurhana_w.

"Girls saran yaa, kalau mau treatment laser jangan pake krim malem krn bakal jadi kayak kebakar kulitnyaaa, dan yang paling penting search dulu kliniknya," saran akun @sisi lain aku.

"Tergatung tempat treatmemt nya kokalo yang sudah punya nama psti hasilnya bagus lah.. harga menentukan," tulis @widiya austi.

"Buat yang mau treatment tapi jdi takut, kalo bisa cari klinik yg emang udh terpercaya ya buat mba nya semangat yaa semoga lekas membaik aamiin," harap akun @dopamin.

Kisah viral remaja yang wajahnya rusak usai treatment facial di salah satu klinik.Kisah viral remaja yang wajahnya rusak usai treatment facial di salah satu klinik. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @User207483947298382.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Intan Nur Komala Devi yang mengunggah video efek facial di klinik kecantikan abal-abal tersebut. Remaja yang berusia 17 tahun itu menceritakan awal mula memutuskan untuk facial.

"Pada 27 Agustus 2021 saya melakukan sebuah treatment facial di salah satu klinik. Saya facial sekitar jam 16.00 WIB dan selesai maghrib. Saat facial, terapis yang menangani saya pada saat pemencetan jerawat komedo memberi pelayanan cukup kasar hingga saya kesakitan (tidak seperti biasanya), tapi saya tidak ngomong ke terapis tersebut karena saya pikir tidak akan terjadi apa-apa," ungkap Intan kepada Wolipop, Selasa (26/10/2021).

Intan menambahkan, malam setelah facial, sekitar jam 22.00 WIB, wajahnya terasa gatal, panas, dan memerah. Dan dia sangat terkejut ketika melihat kondisi wajahnya keesokan harinya.

"Keesokannya keluar lebam, keesokannya lagi wajah saya bengkak, kemudian saya berobat ke salah satu dokter spesialis kulit di Tegal. Dua hari pengobatan tetapi bukanya sembuh, sudah parah malah semakin parah," tuturnya sedih. Berdasarkan pemeriksaan dokter tersebut Intan mengalami erupsi kulit.

Menurut anak bungsu dari empat bersaudara itu setiap harinya kondisi wajahnya semakin parah. Dia merasakan panas, berair, dan sakit atau nyeri di kepala, rahang, gigi, hingga telinga.

"Sampai akhirnya dibawalah saya ke rumah sakit dan diopname selama lima hari. Kalau kata dokter pertama diagnosanya ini skin eruption. Dan diagnosa kedua apa gitu pokoknya ada campuran herpes juga. Untuk saat ini pengobatan yang saya tempuh masih dari rumah sakit karena masih nyeri," jelasnya.

Di akhir wawancara Intan berbagi pesan bagi kamu yang ingin melakukan perawatan facial, agar lebih berhati-hati dalam memilih klinik kecantikan. Jangan sampai kamu bernasib sepertinya.

(gaf/eny)