Ini Alasan Harus Pakai Sunscreen di Rumah, Kamu yang WFH Wajib Tahu

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 03 Sep 2021 18:00 WIB
Asian women applying face lotion. Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Di masa pandemi, berjemur menjadi suatu keharusan untuk mendapatkan vitamin D. Namun, paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang dinamakan photodamaged. Penasaran alasan kenapa harus pakai sunscreen di rumah?

Paparan radiasi ultraviolet juga dapat menyebabkan penuaan dini, sunburn, dan risiko kanker kulit. Sehingga penggunaan sunscreen sangat disarankan dalam keseharian terutama saat sedang berjemur di rumah.

Hal itu disampaikan dr. Farrah Erman dalam webinar yang diadakan Regenesis Open Education (ROE). Photoaging, merupakan salah satu akibat dari photodamaged yang memunculkan beberapa tanda pada kulit.

"Photoaging atau tanda penuaan akibat sinar matahari dapat muncul dengan tanda-tanda seperti kulit yang kendur, ada bintik-bintik hitam yang timbul di kulit, adanya kerutan yang muncul di usia muda, dan pembuluh darah halus yang muncul di kulit," jelas dr. Farrah Erman pada Jumat (3/9/2021).

Cara mencegah photoaging dapat dilakukan dengan penggunaan sunscreen. Untuk diketahui, SPF pada sunscreen menandakan proteksi terhadap sinar UVB. Sedangkan, PA merupakan proteksi terhadap sinar UVA.

Semakin besar nilai SPF pada sunscreen, maka semakin sedikit sinar ultraviolet yang terserap pada kulit. Sehingga, penting untuk memilih sunscreen dengan proteksi untuk UVA dan UVB juga nilai SPF yang tinggi.

Menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi juga dapat memaksimalkan penyerapan vitamin D selama berjemur. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa harus pakai sunscreen di rumah.

Pentingnya Penggunaan Sunscreen Selama WFH

Dalam kesempatan tersebut, dr. Farrah Erman mengungkap alasan kenapa harus pakai sunscreen di rumah selama work from home (WFH). Paparan visible light dan blue light dari gadget maupun sinar lampu juga berbahaya bagi kulit.

"Yang perlu jadi perhatian khusus juga di masa sekarang, di mana kita menggunakan gadget adalah paparan visible light atau paparan sinar biru dari gadget atau dari sinar lampu," ungkap dr. Farrah Erman.

"Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan. Karena selain ada visible light, kita juga mendapat paparan sinar UV dari luar karena ada yang bisa menembus kaca," sambungnya.

Cara Reapply Sunscreen di Rumah

Reapply sunscreen alias penggunaan ulang sunscreen menjadi suatu keharusan. Terutama setelah berenang, berkeringat, ataupun menggosok area wajah dan tubuh.

Menurut dr. Farrah Erman, reapply sunscreen dapat dilakukan 8 jam setelah penggunaan pertama. Namun, reapply sunscreen dapat dilakukan lebih cepat apabila berkeringat atau menggosok area wajah dan tubuh.

"Re-apply merupakan suatu keharusan. Untuk re-apply sekitar 8 jam (setelah penggunaan). Namun, misalnya kurang dari 8 jam melakukan kegiatan, ada baiknya re-apply sebelum 8 jam," tutur dr. Farrah Erman, mengingatkan kenapa harus pakai sunscreen di rumah.



Simak Video "STUDIO POP SHOW: SEASON 3 EPISODE-3"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)