7 Urutan Memakai Skincare Malam Hari yang Tepat

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 31 Jan 2020 19:40 WIB
Woman with elegant makeup applying serum treatment. Space for copy. Urutan Memakai Skincare Malam Hari yang Tepat / Foto: iStock
Jakarta -

Merawat wajah adalah salah satu hal yang paling penting, terutama bagi para wanita yang menginginkan muka glowing dan bebas dari jerawat. Namun terkadang banyak orang, khususnya untuk remaja yang baru memulai perawatan wajah kurang mengerti tata urutan pemakaian skincare yang tepat.

Skincare sebenarnya wajib dipakai di pagi dan malam hari. Namun ada beberapa skincare yang memang ditujukan untuk digunakan saat malam hari dan tidak bisa digunakan pada pagi hari. Agar lebih paham, berikut ini tujuh urutan memakai skincare malam hari yang tepat dan simple.

1. Makeup Remover

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatFoto: Dok. Shopee


Urutan memakai skincare malam hari yang pertama adalah makeup remover. Makeup remover dapat membersihkan wajahmu dengan lebih optimal. Kamu bisa menggunakan micellar water atau pembersih wajah serupa yang berbahan dasar minyak, dan cleansing balm. Gunakan produk makeup remover ini sebelum mencuci wajah.

Urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini tidak dapat kamu lewatkan jika menginginkan wajah yang bersih dan terbebas dari jerawat. Makeup remover akan membantu membersihkan debu, minyak, dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Lakukan urutan pemakaian skincare malam hari ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Sabun Pencuci Wajah

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatFoto: Istimewa


Urutan pemakaian skincare malam hari yang kedua adalah membersihkan wajah menggunakan sabun pencuci wajah. Urutan memakai skincare malam hari ini sering dikenal dengan sebutan double cleansing. Setelah menggunakan makeup remover, kamu perlu kembali mencuci wajahmu menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Urutan pemakaian skincare malam hari ini akan membuat proses membersihkan wajah menjadi lebih maksimal. Sabun pencuci wajah akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat oleh makeup remover. Agar kulit tidak kering, kamu perlu mencari sabun pencuci wajah yang bisa melembabkan dan tidak memberikan efek seperti tertarik setelahnya.

3. Produk Exfoliator

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatIlustrasi Urutan Memakai Skincare Malam Hari . Foto: ist


Urutan pemakaian skincare malam hari yang ketiga adalah dengan menggunakan produk exfoliator. Urutan pemakaian skincare malam hari yang ketiga ini akan membuat kulit wajahmu terbebas dari penumpukan sel-sel kulit mati. Karena penumpukan sel-sel kulit mati dapat membuat wajahmu berjerawat dan terlihat kusam. Bagi yang memiliki kulit sensitif pilihlah produk exfoliator yang lembut dan tidak akan menyakiti kulit wajahmu. Kamu juga tidak perlu melakukan proses eksfoliasi setiap hari, cukup 2 hingga 4 kali dalam seminggu. Proses eksfoliasi ini akan membuat sel-sel kulit mati pada wajahmu terangkat dan kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan glowing.

4. Toner

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatFoto: Dok. Shopee


Urutan memakai skincare malam hari yang keempat adalah toner. Toner dapat berfungsi sebagai tahapan terakhir dari proses pembersihan wajah serta untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit. Jika kamu tidak menggunakan toner maka pH kulit kamu tidak akan seimbang dan kulitmu bisa menjadi kering setelah melewati beberapa proses pencucian wajah di atas. Kamu bisa mengaplikasikan toner pada wajah dengan menggunakan kapas. Usapkan dari dalam ke arah luar wajah. Urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini berlaku juga untuk pagi hari.

5. Serum

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatFoto: Istimewa


Urutan memakai skincare malam hari yang kelima adalah dengan menggunakan serum. Terutama bagi yang memiliki masalah pada kulit wajahnya, urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini sangat penting karena bisa mengatasi permasalahan pada kulit. Pilihlah serum yang sesuai dengan permasalahan kulit yang kamu alami. Jika kamu melakukan urutan pemakaian skincare malam hari ini secara rutin maka bukan tidak mungkin permasalahan kulitmu akan hilang dan teratasi. Selain itu, pemakaian serum dengan teratur juga akan membuat kulit terlihat lebih muda, segar, kencang, dan tekstur kulit akan lebih rata. Kamu cukup menggunakan serum beberapa tetes saja lalu aplikasikan di seluruh area wajahmu.

6. Sheet Mask

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatFoto: Istimewa


Urutan pemakaian skincare malam hari yang keenam adalah menggunakan sheet mask atau masker tissue. Sheet mask memiliki kandungan yang sangat baik bagi kulit wajah. Sheet mask dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit wajah. Selain itu sheet mask juga dapat mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan mengecilkan pori-pori. Cara menggunakan sheet mask untuk urutan pemakaian skincare malam hari adalah dengan menempelkannya pada wajah lalu diamkan selama 15 hingga 25 menit. Urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini akan lebih efektif jika kamu menggunakannya secara rutin.

7. Krim Malam

7 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari yang TepatIlustrasi Urutan Memakai Skincare Malam Hari.
Foto: iStock


Urutan memakai skincare malam hari yang terakhir adalah dengan menggunakan krim malam. Krim malam memiliki kandungan yang berbeda dengan krim pagi. Oleh karena itu produk krim malam tidak bisa kamu gunakan untuk pagi hari. Krim malam memiliki banyak bahan aktif yang bisa memperbaiki kerusakan kulit, seperti masalah kulit kering, pigmentasi, dan penuaan. Urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini tidak dapat dilewatkan karena saat malam hari kulit melakukan proses regenerasi dan menggunakan krim malam akan membantu proses tersebut.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)