Cara Memakai Toner Terbaik Agar Kulit Tidak Kusam, Hindari Kesalahan Ini

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 07 Jul 2021 05:30 WIB
Young woman doing her beauty routine Cara memakai toner terbaik. Foto: Getty Images
Jakarta -

Skincare routine biasanya diawali dengan penggunaan toner. Bagaimana cara memakai toner terbaik agar kulit tidak kusam?

Sebelum mengetahui cara memakai toner dan kesalahan yang kerap dilakukan, kamu perlu mengetahui apa dari manfaat produk kecantikan ini. Toner bukan sekadar air untuk menyegarkan wajah.

Manfaat toner antara lain:

1. Menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah
2. Memberikan hidrasi pada kulit
3. Memberikan kesegaran
4. Memperkuat lapisan pelindung kulit (skin barrier)
5. Membantu mempersiapkan kulit untuk step skincare selanjutnya.


Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat toner? Oleh karena itu agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal, cara memakai toner terbaik adalah dengan menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini, seperti dikutip dari Beautynesia.id:

Tidak Mencuci Wajah Terlebih Dahulu

Kamu pasti pernah mendengar tentang double cleansing kan? Kita perlu membersihkan wajah dua kali untuk hasil yang maksimal. Pertama dengan menggunakan oil based cleanser dan kedua dengan water based cleanser. Kalau kamu langsung memakai toner setelah melakukan oil based cleanser, maka penyerapan toner jadi tidak maksimal. Kondisi wajah yang belum sepenuhnya bersih pun justru membuat kotoran jadi terjebak di pori-pori kulit sehingga membuat kulit lebih rentan berjerawat.

Memilih Jenis Toner yang Salah

Sebelum memakai toner, kamu perlu tahu jenis toner apa yang cocok buat kulit kamu. Apakah kulit kamu kering sehingga lebih butuh toner dengan kandungan Hyaluronic Acid untuk menghidrasi? Apakah kulit kamu berminyak dan cenderung berjerawat sehingga butuh salicylic acid? Atau, kulit justru kusam sehingga butuh niacinamide? Pemilihan kandungan toner ini harus benar-benar disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit agar hasilnya maksimal.

Menggunakan Toner Mengandung Alkohol

Memang, tidak semua jenis alkohol buruk untuk kulit. Beberapa orang pun punya kemampuan kulit yang lebih kuat untuk menerima alkohol pada kulitnya. Tapi, alkohol tetaplah bahan yang bersifat iritan, sehingga sangat rentan mengiritasi kulit.

Kalau kulit kamu sensitif, say no untuk toner yang mengandung alkohol. Kalau kulit kamu tidak sesensitif itu, sebaiknya hindari juga penggunaan toner mengandung alkohol karena bisa membuat kulit kering dan lebih mudah kusam.

KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca cara memakai toner terbaik agar kulit tidak kusam.



Simak Video "Pentingnya Pakai Sunscreen Meski di Rumah Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)