5 Skincare Jerawat yang Aman Untuk Ibu Hamil

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 20 Mei 2021 09:32 WIB
skincare Skincare jerawat aman untuk ibu hamil. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Merawat kulit wajah bagi sebagian wanita menjadi hal yang penting agar terlihat menarik dan termasuk salah satu cara kita mencintai diri sendiri. Tidak terkecuali untuk wanita hamil. Namun bagi wanita hamil perlu berhati-hati karena tidak semua kandungan di skincare aman untuk bumil. Apa saja skincare jerawat yang aman untuk ibu hamil?

Jerawat kerap menjadi masalah bagi wanita saat hamil karena adanya perubahan hormon yang signifikan. Sehingga perlu adanya perawatan khusus, baik itu dengan skincare atau konsultasi langsung dengan dokter kulit.

Skincare Jerawat yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil

Judith Hellman, M.D., dokter kulit bersertifikat di New York Yang mengatakan skincare jerawat yang aman untuk ibu hamil adalah yang tidak mengandung accutane. Accutane merupakan obat yang biasanya diresepkan untuk jerawat kistikkarena mengandung vitamin A dosis tinggi. Asupan vitamin A yang berlebihan dapat memengaruhi embrio yang sedang berkembang dan bisa menjadi teratogenik, atau berbahaya, untuk janin yang sedang berkembang.



Dokter kandungan Kendra Segura, M.D., M.P.H., merekomendasikan untuk penghentian tetrasiklin, antibiotik yang biasa digunakan untuk jerawat. Obat jerawat ini bisa melewati plasenta dan mempengaruhi gigi dan tulang janin yang sedang berkembang di rahim.

Dokter Segura juga menyarankan untuk tidak memakai skincare dengan kandungan Retinoid yang merupakan turunan vitamin A. Hal yang sama berlaku untuk hidrokuinon, yang ditemukan dalam krim pencerah atau pemutih wajah.

Ada daftar panjang bahan perawatan kulit lainnya, produk, dan obat-obatan yang mungkin atau mungkin tidak aman untuk wanita selama kehamilan. Itulah sebabnya Dr. Segura merekomendasikan para ibu hamil berkonsultasi ke dokter sebelum mencoba pengobatan jerawat.

"Penunjukan prakonsepsi sangat penting, karena mungkin ada obat lain yang mungkin akan diminum oleh calon ibu untuk kondisi medis lain yang mungkin tidak dia sadari yang dapat berbahaya bagi bayinya yang sedang tumbuh," katanya.

Skincare Jerawat yang Aman untuk Ibu Hamil

Seperti dikutip dari Self, ada beberapa kandungan skincare yang menurut penelitian aman digunakan ibu hamil yang berjerawat. Skincare dengan kandungan asam glikolat dan asam salisilat umumnya dianggap aman. Penelitian tentang asam glikolat terbatas pada hewan, tetapi biasanya dianggap aman untuk kehamilan karena hanya sedikit yang terserap ke dalam kulit.

Asam salisilat seharusnya tidak menimbulkan risiko apapun bagi janin yang sedang berkembang. Penelitian menunjukkan Asam salisilat sangat sedikit yang diserap melalui kulit.


Berikut adalah lima produk skincare jerawat yang aman untuk ibu hamil:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Kata Dr. SeguraCetaphil, Cetaphil Gentle Skin Cleanser biasanya direkomendasikan oleh dokter kulit karena aman digunakan selama kehamilan. Selain itu produk ini dapat digunakan setiap hari karena merupakan pembersih yang lembut dengan bahan-bahan yang aman, namun tetap akan membersihkan secara menyeluruh dan membantu menghilangkan minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit.

2. Glamglow Flashmud Brightening Treatment


Jika biasanya kamu mengandalkan pelembab atau serum dengan hydroquinone untuk mengurangi flek hitam akibat jerawat, cobalah perawatan pencerah kulit ini. Glamglow Flashmud Brightening Treatment mengandung vitamin C, yang merupakan alternatif pencerah alami. Skincare jerawat yang aman untuk ibu hamil ini juga mengandung asam salisilat sehingga membantu mengeringkan jerawat.

3. Mario Badescu Glycolic

Oleskan gel glikolat 3 persen ini setelah wajah dibersihkan untuk meratakan warna kulit, mengurangi minyak, dan membuka pori-pori. Mario Badescu Glycolic mengandung asam glikolat yang dapat membantu pengelupasan kulit dan mengatasi jerawat yang berisi nanah, komedo hitam dan komedo putih.

4. Peter Thomas Roth AHA/BHA Acne Clearing Gel

Skincare Peter Thomas Roth AHA/BHA Acne Clearing Gel merupakan gel yang mengombinasikan AHA / BHA dan mengandung asam salisilat serta asam glikolat. Namun perlu diingat produk ini mungkin terlalu keras untuk beberapa wanita, terutama yang kulitnya kering. Gunakan hanya sekali sehari untuk memulai, dan perhatikan bagaimana reaksinya di kulit wajah. Skincare ini juga akan meningkatkan kepekaan kamu terhadap matahari, jadi pastikan untuk memakai tabir surya.

5. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Menurut Akademi Dermatologi Amerika, skincare dengan kandungan azelaic acid dianggap aman untuk digunakan saat hamil. Skincare jerawat yang aman untuk ibu hamil dari The Ordinary ini mengandung azelaic acid 10%. Kandungan tersebut membantu mengatasi jerawat dan mengurangi produksi keratin. Keratin yang berlebih dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Sebagai antioksidan, azelaic acid juga efektif untuk mencerahkan kulit.

(eny/eny)