4 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Skincare dan Perawatan Dokter

Tanaya Shella Julyana - wolipop Selasa, 20 Apr 2021 08:39 WIB
Reflection in the mirror. Woman looks in the mirror noticing the first wrinkles Cara menghilangkan mata panda. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Mata panda adalah lingkaran hitam atau warna gelap yang terbentuk di bawah mata. Bagaimana cara menghilangkan mata panda? Apa penyebab mata panda?

Para ahli sepakat bahwa cara terbaik untuk mengatasi lingkar bawah mata adalah melalui kombinasi perawatan skincare yang berkualitas dan perubahan gaya hidup sehat. Menurut Dr. Doris Day, warna hitam pada kulit di bawah mata disebabkan karena adanya kombinasi pembuluh darah dan pigmen pada kulit

"Apa yang memberi warna pada kulit di bawah mata merupakan kombinasi pembuluh darah, pigmen di kulit, dan ketebalan kulit, bersama dengan cairan yang dapat menumpuk di area sensitif," ujar Dr. Doris yang merupakan profesor di New York University Langone Medical Centers itu.

"Lingkaran hitam juga sering kali merupakan kombinasi pigmen yang membuat kulit lebih gelap dan kemerahan akibat pembuluh darah yang melebar," tambahnya.

Penyebab Mata Panda

Lingkaran hitam pada mata panda selama ini dianggap sulit untuk dihilangkan. Ternyata yang membuatnya sangat sulit untuk ditangani adalah karena pola hidup yang berantakan seperti kurang tidur, dehidrasi, merokok, minum terlalu banyak alkohol dan tidak makan makanan yang seimbang. Pada intinya gaya hidup dapat berkontribusi pada munculnya lingkaran hitam, namun di sisi lain genetika dan penuaan juga ikut berperan.

Menurut American Academy of Ophthalmology penuaan merupakan salah satu penyebab utama lingkaran hitam di bawah mata, karena seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata pun ikut melemah,. Kerusakan kolagen tersebut dapat menyebabkan lemak bergeser ke kelopak mata bawah dan menciptakan bayangan gelap dan bengkak.

Young sad woman looking in the mirror at her wrinklesCara menghilangkan mata panda. Foto: Thinkstock

Dr. Heidi Waldorf mengatakan bahwa penyebab dari terbentuknya cekungan di area bawah mata yaitu akibat dari hilangnya lemak dalam. "Itulah mengapa pasien mengeluh bahwa mereka telah mencoba setiap krim dan tidak ada yang berhasil," kata Dr. Waldorf seperti dikutip dari NBCnews.

Kemudian kesalahan yang paling sering dilakukan sehingga bisa menyebabkan terjadinya mata panda adalah terlalu sering menggosok mata sehingga mengakibatkan alergi dan bisa meningkatkan kemerahan. "Menggosok mata menyebabkan penggelapan melalui peningkatan pigmen akibat iritasi," kata Dr. Doris Day.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Para ahli setuju bahwa cara terbaik menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata adalah melalui kombinasi treatment yang dilakukan oleh dokter kulit, perubahan gaya hidup sehat, dan pemakaian produk skincare berkualitas tinggi.

Berikut berbagai cara menghilangkan mata panda:

1. Chemical Peeling

Menurut Dr. Evan Rieder, melakukan chemical peeling selama beberapa minggu terbukti bisa mencerahkan kulit.

2. Botox

Botox dapat membantu menghaluskan kerutan yang mulai muncul di bawah mata.

3. Microneedling

Microneedling dapat menjadi pilihan perawatan mata panda karena merangsang produksi kolagen dan memungkinkan serum anti-penuaan menembus lebih dalam ke kulit.

Ilustrasi skincare yang aman untuk ibu hamilSkincare untuk menghilangkan mata panda. Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

4. Memakai Skincare untuk Menghilangkan Mata Panda

Berikut ini merupakan daftar kandungan penting pada skincare yang harus diperhatikan untuk membantu kamu dalam mengurangi warna hitam pada mata panda:

- Hyaluronic Acid

Kandungan dari Hyaluronic Acid berfungsi untuk melembabkan dan mengencangkan kulit, serta membuat kulit tampak muda dan bercahaya. Dengan mencerahkan kulit, otomatis dapat membantu menutupi area gelap di bawah mata. "Asam hialuronat dan gliserin membantu menarik kelembapan ke dalam epidermis dari lingkungan atas dan dermis di bawah," kata Dr. Waldorf.

- Kafein

"Kafein bekerja untuk menyempitkan pembuluh darah di bawah mata dan mengurangi kemerahan," kata Dr. Rieder.

- Dimethicone dan Cyclomethicone

Menurut Dr. Waldorf, dimethicone dan cyclomethicone adalah emolien yang mengunci kelembapan sekaligus bertindak sebagai 'semen' antar sel untuk membuat kulit terlihat lebih halus.

- Retinol

Skincare untuk menghilangkan mata panda adalah yang mengandung retinol. Retinol adalah turunan vitamin A dan versi retinoid yang dijual bebas. Retinol membantu mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan pergantian sel di kulit. Namun gunakan dengan hati-hati skincare yang mengandung retinol ini.

- Vitamin C dan Polifenol

Vitamin C dan polifenol membantu mengurangi stres oksidatif dari lingkungan yang berpolusi. Biasanya produk mata dengan vitamin C memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah daripada produk untuk wajah.

- Peptida

Peptida adalah bahan pembangun kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan halus. Seiring bertambahnya usia, tingkat kolagen yang diproduksi kulit melambat, jadi menggunakan krim mata dengan peptida membantu merangsang pertumbuhannya.

Itulah berbagai cara menghilangkan mata panda yang bisa dilakukan. Tips di atas disarankan oleh para pakar agar kantung mata bisa teratasi sehingga tampilan wajah secara keseluruhan lebih sehat.



Simak Video "Hilangkan Mata Panda dengan Terapi Yoga Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)