Muncul Tanda-tanda Penuaan Dini, Bisakah Diobati? Ini Kata Dokter Kulit

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 16 Apr 2021 05:30 WIB
ilustrasi efek polusi pada kecantikan Ilustrasi Penuaan / Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Banyak orang yang mendambakan memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Namun karena beberapa faktor, kulit bisa mengalami penuaan lebih cepat. Untungnya beberapa penuaan kulit masih bisa diobati. Sedangkan beberapa penuaan yang sudah parah, akan sangat sulit atau bahkan sudah tidak bisa lagi dikembalikan. Lalu penuaan seperti apa saja yang masih tergolong ringan dan bisa diobati?

Menurut dokter kulit Litya Ayu dalam press conference bersama L'Oreal, rata-rata bentuk penuaan masih bisa diobati mengingat sudah semakin canggihnya teknologi di jaman sekarang. Namun memang, penuaan yang terjadi karena faktor umur akan sulit untuk diobati.

"Yang paling ringan itu kulitnya kering, kemudian karena kulitnya itu kering, dehidrasi, kurang cairan, jadi terlihat kasar, kusam, kemudian tidak shiny, tidak glowing. Itu masih bisa dikembalikan dengan memperbaiki perlindungan kulitnya, memperbaiki komponen-komponen kulitnya. Bisa dicegah penguapan air lebih banyak, jadi kulitnya bisa lebih terhidrasi," jelas dokter Litya Ayu Kanya Anindya dalam press conference virtual peluncuran L'Oreal Paris UV Defender pada Kamis (15/4/2021).

Dokter Litya menjelaskan bahwa penuaan yang berupa kerut-kerut halus masih bisa diobati dengan perawatan dan penggunaan bahan-bahan aktif topikal yang dioleskan. Sedangkan kerut-kerut karena pergerakan otot bisa diperbaiki dan dihambat menggunakan suntikan botoliinum toxin. Sementara untuk pigmentasi atau yang disebut melasma atau flek juga masih bisa diatasi dengan kombinasi beberapa pengobatan atau terapi.

"Yang agak sulit kalau sudah kehilangan elastisitas itu harus ada kombinasi dengan tindakan berupa laser atau energy based device. Yang sudah tidak bisa diatasi mungkin kalau memang sudah penuaan yang sudah benar-benar kendur. Itu sudah tidak bisa diatasi," ungkap sang dokter.

Itulah mengapa tabir surya atau sunblock sangat penting untuk digunakan setiap hari. Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga dapat membantu melawan penuaan pada kulit.

(vio/vio)