12 Kesalahan Skincare Routine yang Bisa Jadi Tidak Kamu Sadari

Tim Mommiesdaily - wolipop Kamis, 15 Apr 2021 13:15 WIB
Beautiful young woman sitting in bathtub with sheet mask on face. Close up portrait of pretty girl in bath towel on head and doing beauty treatment. Home bathroom interior. Spa procedure. Skincare Kesalahan skincare routine. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Bagi kamu yang rutin merawat wajah, jangan sampai melakukan 12 kesalahan skincare routine ini. Saat kesalahan berikut dilakukan, manfaat skincare bisa hilang.

Skincare routine kini jadi aktivitas yang wajib dilakukan wanita bahkan pria demi memiliki wajah sehat dan glowing. Demi mendapatkan kulit sehat, para wanita pun rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli berbagai produk skincare.

Nah karena sudah merogoh kocek yang tidak sedikit ini kamu wajib tahu apa saja kesalahan skincare routine yang bisa dilakukan. Jangan sampai karena melakukan kesalahan dalam merawat kulit, skincare malah jadi bumerang untuk kesehatan wajahmu.

Berikut deretan kesalahan skincare routine yang bisa jadi tidak kamu sadari:

Ilustrasi skincare yang aman untuk ibu hamilKesalahan skincare routine. Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

1. Terlalu sering mencuci muka dengan facial wash

Kamu mungkin berpikir dengan sering mencuci muka menggunakan facial wash, membuat wajah jadi bersih. Padahal langkah ini salah. Karena kandungan sabun dari pembersih wajah dapat mengikis lapisan atas minyak kulit dan memicu pelepasan lebih banyak minyak. Akibatnya pori-pori bisa tersumbat dan memicu timbulnya komedo. Batasi penggunaan facial wash tidak lebih dari dua kali sehari.

2. Langsung tidur setelah mengoleskan serum dan krim malam

Setidaknya lakukan skincare routine satu jam sebelum tidur agar produk perawatan kulit memiliki kesempatan untuk bekerja pada kulit kita. Kalau selesai oles-oles kamu langsung tidur, serum atau krim yang digunakan belum sempat meresap ke wajah, malah menempel di sarung bantal.

3. Menggunakan terlalu banyak produk pada kulit

Kesalahan skincare routine yang tidak disadari adalah memakai produk produk terlalu banyak. Nyatanya menggunakan produk terlalu banyak justru tidak berguna. Mentang-mentang harganya cukup murah, atau misalnya ingin hasil yang optimal, lalu kamu mengaplikasikan moisturizer secara berlebihan. Untuk krim wajah misalnya, seukuran pea size sudah cukup. Oleskan di empat kuadran yaitu dahi, kedua pipi, dan area dagu, setelah itu ratakan.

4. Terlalu sering menggunakan produk exfoliator

Sebenarnya menggunakan produk exfoliating kulit itu bagus, tapi jika terlalu sering malah justru akan merusak skin barrier. Kamu cukup menggunakan produk exfoliator satu kali dalam seminggu atau sesuaikan dengan aturan pemakaiannya saja.

5. Salah urutan produk skincare

Bagaimana urutan skincare routine yang benar? Produk perawatan kulit yang teksturnya paling thin atau cair digunakan lebih dulu setelah step toner. Baru setelah itu diikuti dengan tekstur yang sedang hingga paling kental. Serum biasanya ada di step pertama. Lihat-lihat teksturnya juga, ya. Tabir surya atau krim malam yang konsistensinya lebih thick biasanya ada di step akhir.

6. Tidak ada jeda antar produk ketika melakukan layering skincare

Saat layering skincare, beri jeda supaya setiap produk bisa meresap ke dalam kulit dengan optimal. Diamkan sekitar 10 menit setiap kali selesai aplikasi. Baru kemudian timpa lagi dengan produk berikutnya. Kalau semua dioleskan dalam satu waktu malah nggak akan memberikan hasil apa-apa.

Apalagi kesalahan skincare routine yang bisa jadi kamu lakukan? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan dari Beauty Hacks pada Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)