Skin Care Routine Wajib Wanita yang Bisa Bikin Kulit Glowing

Rizky Wika Shintya Devi - wolipop Rabu, 25 Sep 2019 19:08 WIB
Skincare routine untuk wanita. Foto: shutterstock
Jakarta - Skin care memang jadi salah satu hal penting untuk wanita. Bahkan dalam demo mahasiswa kemarin, skin care routine pun dibawa-bawa dalam poster mereka.

Aksi demo mahasiswa kemarin (24/9/2019) untuk menentang revisi UU KPK dan RKUHP memicu ratusan mahasiswa bahkan mahasiswi untuk turun ke jalan. Menariknya, para mahasiswi tersebut tidak mempedulikan skin care dan make up yang dipakai untuk mempercantik diri. Adanya pengorbanan tersebut diekspresikan melalui poster yang berbunyi:
'Pak, skin care ku mahal. Dipake panas-panasan tapi gapapa, soalnya NKRI lebih mahal harganya!! #IndonesiaGlowing #TolakPasalNgawur'

Faktanya, mempercantik diri tak hanya menggunakan make up loh, tapi pemakaian skin care secara rutin bisa membuat wajah sehat dan berseri. Penasaran seperti apa sih ?

Skin care adalah produk-produk yang dikhususkan untuk merawat kulit, seperti facial wash, toner, serum dan lain-lain.

Nah, sebelum melakukan skin care routine, baiknya kamu kenali dulu skin care yang tepat sesuai jenis kulit wajahmu. Berikut ini skin care yang cocok untuk kulitmu yang dirangkum Wolipop:

1. Kulit Normal

Buat kamu yang memiliki kulit normal, beruntungnya kulitmu mampu memperbarui diri yang bisa membuat terasa kenyal dan halus. Untuk perawatan skin care termasuk mudah loh, cukup membersihkan wajah dengan facial wash dan pemakaian pelembab, seperti sun protection.

2. Kulit Kering

Jenis kulit ini terlihat kasar, kusam dan tampak garis-garis halus di beberapa area wajah. Skin care yang kamu perlukan adalah pelembab dan hydrating toner.

Untuk pelembab, kamu bisa menggunakan pelembab bertekstur krim atau balm.

Tak lupa, hindari pemakaian produk skin care yang mengandung kadar alkohol karena akan membuat kulit semakin kering.

3. Kulit Berminyak

Tampilan wajah dengan kulit berminyak mudah sekali dikenali nih, salah satunya adanya jerawat-jerawat nakal di permukaan kulit.

Skin care yang cocok untuk jenis kulit ini adalah skin care yang mengandung bahan 'tea tree' karena mampu mengurangi minyak berlebih di wajah dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu jerawat. Tak hanya itu, pemakaian pelembab juga perlu tapi yang memiliki kandungan air dan bertekstur ringan ya.

Untuk pencegahan, baiknya kamu menghindari produk skin care yang memiliki kandungan minyak.

4. Kulit Sensitif

Jenis kulit ini mudah sekali mengalami permasalahan yang sering terjadi, misalnya iritasi, gatal, panas hingga terasa terbakar. Oleh karena itu, pemilihan skin care untuk kulit wajah ini lebih sulit karena cenderung lebih selektif dalam pemilihan produk.

Produk skin care yang cocok untuk jenis kulit ini antara lain yang memiliki kandungan aloe vera dan camommile guna meredakan iritasi dan lembut di kulit sensitif. Hindari pula pemakaian produk dengan kandungan alkohol.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan pemakaian skin care routine. Yuk, simak tujuh tahapan skin care routine yang dilakukan pada siang hari, yaitu

- Cleanser, facial wash atau pembersih muka yang lembut

- Toner, pemakaian toner tergantung dengan permasalahan jenis kulit dan kebutuhan dari jenis kulitmu

- Antioxidant Serum, Pastikan serum yang kamu pilih mengandung perlindungan dari sinar UV dan polusi lingkungan

- Eye Cream, tidak hanya digunakan pada malam hari, eye cream juga dipakai untuk melindungi dari bahaya sinar UV dan garis keriput di sekitar mata

-Spot Treatment, tahapan ini dilakukan jika kamu memiliki jerawat ya karena perawatan area jerawat membutuhkan skin care untuk jerawat khusus untuk dioles

- Moisturizer, alias pelembab memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan kulit

-Sunscreen, dalam tahapan ini ada baiknya kamu memilih sunscreen yang memiliki kandungan zinc karena termasuk skin care aman dan efektif dalam campuran produk skin care sebelumnya di wajah

Skin Care Routine.Skin Care Routine. Foto: dok. iStock

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tahapan-tahapan skin care routine yang dilakukan pada malam hari, seperti:

- Double Cleanser, pertama menggunakan cleansing oil untuk menghapus make up dan mengangkat sel kulit mati, lalu memakai facial wash atau foam.

- Toners, Essences dan Boosters, toner untuk membersihkan, essences untuk perawatan dan boosters untuk melembabkan dan memelihara kulit.

- Eye Cream, gunakan eye cream di area mata secara perlahan dan merata guna untuk memudarkan mata panda.

- Treatment Serums, Cream dan Pads, untuk meregenerasi kulit tahapan ini perlu dilakukan, seperti penggunaan serum, krim atau peeling wajah untuk mengangkat flek hitam.

- Mask or Face Oil, dengan menyesuaikan jenis kulit, kamu bisa menggunakan masker atau minyak wajah sebelum tidur loh.

- Mousiturizer or Night Cream, skin care anti aging ini berbeda dengan pelembab untuk siang hari nih karena didesain khusus dengan tektur lebih tebal dan berat guna penyerapan nutrisi pada wajah.

Itu dia ulasan mengenai skin care tepat yang bisa kamu terapkan dan yang terpenting ialah selalu atur keuanganmu sebelum membeli skin care ya.






Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)