Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Kata Dokter

Chairini Putong - wolipop Selasa, 05 Jan 2021 15:52 WIB
eucalyptus essential oil in bowl, with eucalyptus leaves on wooden background Benarkah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz
Jakarta -

Tak hanya tea tree oil, minyak kayu putih juga dianggap ampuh untuk jerawat. Keduanya berasal dari tanaman dengan genus yang sama, yakni Melauleca asal Australia. Benarkah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat?

Minyak kayu putih sendiri adalah minyak esensial yang disuling dari pohon cemara. Kandungannya seperti flavonoid dan tanin biasa digunakan untuk produk pembersih dan sabun mandi. Aroma minyak kayu putih yang kuat dan woody membantu meredakan gejala pilek, sinus, hingga penyumbatan dada. Bahkan belakangan di masa pandemi Corona ini, minyak kayu putih populer sebagai salah satu minyak untuk mencegah terkena COVID-19.

Claire Chang, dokter kulit berdomisili New York mengatakan minyak kayu putih memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Kendati demikian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaatnya untuk kulit, termasuk apakah memang benar minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat.

Seperti minyak esensial lainnya, minyak kayu putih harus selalu diencerkan dalam larutan lain sebelum digunakan. Selain Chang, Deanne Robinson dokter kulit dari Westport, Connecticut tidak menyarankan penggunaan minyak kayu putih untuk jerawat.

Minyak kayu putih yang dioleskan pada kulit dapat menyebabkan iritasi, gatal, bahkan sensasi terbakar. "Bila kamu pernah mengalami reaksi alergi dari tea tree oil, maka sebaiknya dihindari, karena ada banyak senyawa yang sama pada keduanya," ujar Robinson seperti dilansir Byrdie.

Dalam penelitian lainnya, penggunaan minyak kayu putih membantu meningkatkan ceramide alias lemak yang dihasilkan secara alami dari kulit. Ceramide membentuk lapisan pelindung yang membuat kulit tetap lembab, kenyal, dan kencang.

Chang dan Robinson menyarankan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan minyak kayu putih untuk jerawat. "Carilah bahan aktif yang terbukti secara klinis. Namun saya tidak akan mengandalkannya sebagai andalan untuk merawat kulit," timpal Robinson.



Simak Video "Penampakan Rumah Sepatu Raksasa yang Terinspirasi dari Perceraian"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)