8 Jenis Wewangian dan Efek Psikologisnya Terhadap Tubuh

Intan Kemala Sari - wolipop Selasa, 25 Agu 2015 18:32 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Wewangian menjadi aroma penting yang melekat pada tubuh seseorang. Tanpanya, banyak orang yang tidak percaya diri sehingga tidak mampu untuk beraktifitas dengan maksimal.

Dijelaskan oleh psikolog Kasandra Putranto, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wewangian tersebut sebenarnya memiliki efek psikologis terhadap tubuh. Wangi-wangi itu akan merangsang seseorang dalam berperilaku. Wangi apa saja?

1. Grapefruit
Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini menuturkan, wangi buah grapefruit dapat membantu meningkatkan daya memori dan kemampuan koordinasi tangan dan mata. "Ada satu penelitian yang menunjukkan kalau orang yang mencium aroma ini sambil bekerja di depan komputer punya daya tanggap yang lebih baik," jelasnya saat ditemui di acara Vitalis di The Resonanz, Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (25/8/2015).

2. Peppermint
Psikolog 46 tahun ini menerangkan, wewangian ini membantu untuk tetap fokus dan berpikir dengan jernih. Kasandra mengatakan, sebuah studi menunjukkan bahwa wangi peppermint dapat meningkatkan stamina fisik sehingga membuat orang yang menghirupnya lebih bersemangat.

3. Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu wewangian rempah-rempahan yang berfungsi untuk membangkitkan suasana hati, tenaga, dan membuat Anda lebih berkonsentrasi. Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan untuk menetralisir bau tidak sedap sekaligus memberikan aroma harum dan segar pada ruangan.

4. Geranium
Menurut psikolog yang memulai pekerjaannya sejak tahun 2003 itu, wewangian bunga geranium yang mirip seperti wangi jeruk ini dipercaya dapat menstimulasi beberapa wilayah di otak untuk menciptakan produksi hormon yang seimbang. "Wangi bunga ini juga dapat meredakan sakit akibat menstruasi atau membantu wanita dalam melewati masa menopause," katanya.

5. Lavender
Salah satu kandungan yang terdapat di dalam tanaman ini mampu mendorong naiknya kadar senyawa di dalam tubuh. Hal tersebut mampu memproduksi perasaan tenang dengan cepat. Lavender dipercaya mampu membantu penderita insomnia untuk lebih cepat tidur. Begitu juga dengan wangi lemon yang memberikan relaksasi agar tidur lebih pulas.

6. Chamomile
Sama seperti bunga lavender, tanaman chamomile mampu membangkitkan perasaan tenang dan relaks yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. "Chamomile juga bisa meredakan sakit perut. Makanya ekstrak chamomile sering dicampurkan dengan minyak kayu putih," lanjutnya lagi.

7. Mawar
Harum bunga mawar yang seringkali dijumpai pada parfum ternyata dapat membuat seseorang lebih ceria dan bersemangat. Tak heran, wangi ini seringkali digunakan banyak wanita sebagai parfum sehari-hari untuk bekerja.

Tak hanya bunga mawar saja, wangi kopi pun juga memiliki efek yang sama terhadap siapa saja yang menciumnya. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa belum benar-benar 'bangun tidur' jika belum meminum kopi.

8. Jeruk
Wangi jeruk yang manis dan segar memperlancar aliran oksigen ke otak. Hal itu membangkitkan tingkat energi seseorang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

(itn/itn)