5 Tips Kecantikan yang Viral di TikTok Sepanjang 2020

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 31 Des 2020 18:33 WIB
Makeup e-Girl Foto: dok. Youtube
Jakarta -

TikTok menjadi sosial media yang kini berisi segudang informasi, termasuk soal kecantikan. Dari sana muncul sejumlah tips kecantikan yang viral TikTok.

Ya, TikTok kini tidak hanya ada video dance saja, namun sejumlah penggunanya semakin kreatif memberikan tips dan saran seputar beauty hacks. Inilah lima tips kecantikan yang viral di TikTok sepanjang 2020.

1. Teknik Pakai Bedak di Awal Makeup

jarida tiktokjarida tiktok Foto: dok. TikTok


AkunTikTokbanamaJarida memberikan tips makeup yang bikin wajahnya flawless. Trik makeup yang dilakukan olehJarida cukup unik dengan urutan yang berbeda dari sewajarnya.

Jika biasanya produk berbasis liquid dipakai terlebih dahulu baru bedak, Jarida menukar urutan tersebut. Pertama pakai moisturizer, setelahnya pakai bedak translucent yang dibubuhkan di seluruh wajah. Setelah itu remaja asal New York, AS itu menggunakan setting spray. Cara uniknya itu terus berlanjut dengan mengacak urutan makeupnya.

"Setelah pakai setting spray, pakai primer," tambah Jarida. Ia pun menegaskan bahwa tunggu setting spray benar-benar kering sebelum memakai primer.

Di urutan terakhir, Jarada baru menggunakan foundation. Setelah diterapkan oleh Jarida, teknik makeup tersebut begitu populer. TikTokers lainnya pun mengkreasikan teknik makeup tersebut dan membuktikan bahwa hasilnya yang flawless.

2. Pakai 3 Produk Makeup Bikin Wajah Flawless

Mikayla NogueiraMikayla Nogueira Foto: dok. Instagram


Trik makeup lainnya diTikTok yang bikin wajah jadi flawless datang dariinfluencer bernamaMikaylaNogueira.Mikayla memiliki wajah berjerawat dan punya bekasnya yang cukup banyak. Namun hanya dia berhasil menutupinya hanya pakai tiga produk makeup.

Produk yang pertama dipakai Mikayla adalah serum 'Exuviance Radiance'. "Serum ini bertekstur berat dan lengket sehingga menjadi dasar yang sempurna untuk menahan makeup," ujar Mikayla.

Setelah serum, ia menggunakan primer Hydro Grip dari Milk Makeup. Produk ketiga menggunakan concealer Nars Soft Matte Complete. "Primer ini mengunci serum dan memberikan efek dingin di wajah sehingga terasa menyegarkan. Juga memiliki warna hijau yang membantu mengoreksi wajah yang kemerahan," jelasnya.

Concealernya tersebut hanya dipakai di bagian-bagian yang berjerawat dan bekasnya. Rahasia jerawatnya bisa tertutupi dengan sempurna adalah membiarkan concealer sampai benar-benar kering, tanpa perlu dibaurkan. Setelah itu baru aplikasikan foundation.

3. Makeup ala e-Girl

Makeup e-GirlMakeup e-Girl Foto: dok. Youtube


Di tahun 2020 ini, ramai makeup ala e-girl di TikTok. Seperti dikutip The Cut, e-girl adalah
electronic girl yang merupakan wanita yang senang main games. Namun definisi tersebut berkembang manjadi sosok yang aesthetic, yang suka ganti gaya rambut, makeup berawar cerah, dan tampil ala anime atau goth.

Garis eyeliner tebal yang dibentuk cat eye, pipi merah merona, serta freckles buatab atau tato palsu berbentuk love atau bintang menjadi ciri khas e-girl.

4. Keriting Rambut Pakai Kaus Kaki

wanita rambut keritingwanita rambut keriting Foto: Instagram


Muncul tren keriting rambut di aplikasi TikTok hanya menggunakan kaus kaki.
Tren keriting rambut inimemungkinkanmu untuk mengeriting rambut hanya dengan menggunakan kaus kaki. Idealnya trik ini dilakukan saat rambut masih basah.

Kamu hanya perlu memisahkan rambutmu menjadi beberapa bagian untuk ditata. Kemudian lilitkan rambut tersebut pada kaus kaki. Agar kaus kaki tidak lepas, kamu bisa mengikat kedua ujung kaus kaki menjadi satu untuk membuat simpul atau ikat rambutmu di kaus kaki menggunakan pita rambut. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya saat malam hari sebelum tidur dan membiarkannya hingga keesokan harinya.

5. Viral Skincare The Ordinary

@kaelynwhitee@kaelynwhitee Foto: dok. TikTok


Cewek Gen Z ini bikin produk skincare The Ordinary jadi viral. Setelah penggunaTikTok dengan namaakun @kaelynwhitee mengulasprdouk The Ordinary 'AHA 30% +BHA 2% Peeling Solution' penjualan produk tersebut meningkat drastis.

Gadis yang akrab disapa Kae itu memperlihatkan bahwa produk peeling tersebut bekerja optimal di wajahnya. Ia memperlihatkan foto before-after setelah menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif AHA dan BHA itu. Terlihat jelas wajah Kae yang sebelumnya berjerawat dan ada bekasnya menjadi lebih flawless.

Peeling tersebut kemudian menjadi banyak dicari orang. Menurut representatif dari The Ordinary, video Kae itu mendongkrak penjualan produk peeling tersebut, hingga terjual 52 ribu unit dalam dua minggu.

(kik/kik)