Khasiat Singkong Buat Kecantikan Kulit, Mencerahkan Hingga Atasi Jerawat

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 21 Des 2020 15:40 WIB
Raw cassava starch - Manihot esculenta. Wooden background Singkong (Foto: Getty Images/iStockphoto/Luis Echeverri Urrea)
Jakarta -

Singkong nikmat untuk disantap sebagai gorengan atau rebusan. Namun, siapa yang menyangka bila singkong juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Singkong memiliki kandungan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C, protein, karoten, dan lisin. Kandungan tersebut yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga kulit.

Untuk merasakan manfaat tersebut, Anda tinggal mengonsumsi singkong seperti biasa atau mengolahnya menjadi masker. Nah, berikut khasiat singkong untuk kulit:

1. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Seperti dilansir CNNIndonesia.com dari Style Craze, kulit tanaman singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit. Anda bisa membelah kulitnya, membuat pasta segar dan menggunakannya sebagai scrub. Sikat wajah dengan baik selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Masker untuk mencerahkan wajah

Sebelum Anda menyiapkan masker wajah, pastikan Anda sudah membasuh wajah dengan air hangat. Ini akan membantu membuka pori-pori. Masker singkong akan mudah meresap dan memperbaiki tekstur serta kondisi kulit Anda.

Setelah Anda membasuh wajah, tunggu hingga wajah benar-benar kering. Sekarang Anda dapat membilas dengan air dingin agar pori-pori menutup. Gunakan jari Anda untuk mengeringkannya. Melakukan ini tiga kali seminggu akan mencegah dan menghilangkan bekas luka dan memberikan kilau yang sehat.

Singkong ThailandSingkong (Foto: iStock)

3. Menghilangkan bekas luka dan jerawat

Air pati singkong dapat membantu penyembuhan luka dan bekas luka jika Anda oleskan dengan lembut ke seluruh area yang terkena sekitar dua kali sehari.


4. Menghidrasi kulit

Singkong juga dapat melembapkan warna kulit Anda dan membuatnya halus dan lembut. Anda harus menyiapkan masker untuk yang satu ini di rumah. Ambil akar tanaman singkong dengan sedikit madu atau minyak zaitun. Anda juga bisa memadukannya dengan buah. Beberapa tetes lemon juga bisa digunakan.

(dtg/dtg)