7 Masker Alami untuk Wajah yang Berminyak dan Berjerawat

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 25 Jun 2020 09:07 WIB
Natural homemade organic  facial masks of honey. Masker wajah alami. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Warna kulit yang cerah, bersih dan mulus memang disukai banyak orang. Dengan mengonsumsi bahan alami ini, kulit wajah juga bisa terhindar dari jerawat dan berminyak.

Beberapa penyebab kulit wajah yang kusam adalah karena paparan sinar matahari berlebih dan seringnya terpapar polusi. Jika ingin mendapatkan kulit wajah yang mulus, kamu bisa melakukan perawatan sendiri dengan masker alami.

Berikut ini beberapa masker alami yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah:

1. Masker Madu dan Kayu Manis

Ilustrasi ibu hamil konsumsi maduMasker alami madu. Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic


Dikutip dalam The Wellnest, madu memiliki kandungan antimikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kayu manis dapat mencegah peradangan sehingga keduanya sangat cocok dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.

Caranya adalah campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah telah dibersihkan dan oleskan masker pada wajah kemudian diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Jus Lemon

Young man and woman having fun with lemon while having a breakfast.Lemon untuk masker alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm


Lemon secara alami bisa dimanfaatkan sebagai pemutih alami. Dilansir dalam Boldsky, jus lemon dapat membantu kamu memutihkan wajah secara alami hingga hilangkan jerawat. Oleskan jus lemon pada wajah, mungkin akan terasa agak perih akan tetapi sebenarnya ini menandakan kandungan jus lemon sedang bekerja. Diamkan jus lemon selama 20 menit lalu bilas.

3. Masker Stroberi dan Jeruk Nipis

berkebun di rumahJeruk nipis yang ampuh untuk kecantikan wajah. Foto: Getty Images/fotografixx


Stroberi dan jeruk nipis dapat membantu membersihkan pori-pori. Buah ini memiliki kandungan anti peradangan, tinggi akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan di dalam vitamin C yang terkandung dalam stroberi dan jeruk nipis dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menghilangkan minyak secara berlebihan.

Buatlah masker ini dengan mencampurkan 2 buah stroberi dan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Masker Yogurt dan Stroberi

Two cold strawberry banana yogurt smoothies in pint glasses with striped straws. The berries and bananas are in the background in a colander and on a cutting board. A jar of yogurt is also in the background. Everything is on a faded wood picnic table.Masker yogurt stroberi. Foto: iStock


Yogurt mengandung lactic acid yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, mengecilkan pori-pori dan melembabkan kulit wajah. Kandungan salicylic acid dalam buah stroberi bisa menjadi masker alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Cara membuat masker ini bisa dengan mencampurkan 2 stroberi yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok teh yogurt. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Mentimun

Beautiful mother and daughter with facial mask and slices of cucumber on their eyes enjoying lazy virtual spa day during COVID-19 isolation.Masker alami mentimun. Foto: Getty Images


Kandungan air dalam mentimun dapat menghidrasi kulit dan memberikan sensasi segar. Jika digunakan secara rutin maka masker mentimun bisa membuat kulit wajah lembab dan kenyal secara alami.

Penggunaan masker alami berbahan mentimun pada wajah juga membuat pori-pori wajah mengecil secara bertahap. Untuk membuat masker mentimun ini juga terbilang mudah dan murah meriah. Kamu hanya memerlukan sebuah mentimun yang sudah dicuci bersih.

Cara membuat masker alami ini adalah dengan parut mentimun hingga menjadi pure kasar yang berair lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan pijat perlahan dengan gerakan memutar. Basuh dengan air dingin. Masker ini juga bisa ditambahkan air mawar untuk mendapatkan sensasi segar yang makin terasa.

6. Jus Tomat

jus tomat lebih enak diminum di pesawatJus tomat. Foto: Getty Images


Jika kamu memiliki kulit yang sensitif maka jus tomat adalah pilihan paling pas. Kandungan asam sitric dalam jus tomat membantu mengurangi warna kulit yang gelap. Selain itu, jus tomat juga membantu mengurangi noda hitam pada kulit.

7. Susu

Pengantar susuSusu Foto: iStock


Asamlaktat pada susu dapat mencerahkan warna kulit. Selain itu juga susu dapat menyingkirkan sel kulit mati yang melekat pada permukaan kulit.

Ini sebabnya banyak serum perawatan wajah yang menggunakan asam laktat sebagai bahan baku. Jadikan susu sebagai masker wajah alami saat akan tidur. Keesokan paginya bilas wajah dan dapatkan kulit yang cerah.



Simak Video "Unik! Kelompok Selam Ini Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Masker Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)