Kontroversi LED Mask yang Dimiliki Ashanty Hingga Lee Min Ho

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 10:07 WIB
LED mask Lee Min Ho LED Mask (Foto: Dok. Cellreturn)
Jakarta -

Masker LED menjadi perawatan kecantikan modern yang bisa dilakukan di rumah. Sejumlah selebriti dan influencer telah memanfaatkan masker yang mengeluarkan cahaya tersebut, terlebih saat pandemi Corona ini.

Dari dalam negeri, ada Ashanty yang telah memiliki masker tersebut. Ashanty mendapatkan masker tersebut langsung dari produsen yang menciptakannya di Korea. Masker tersebut pun sebelumnya telah dipakai oleh Lee Min Ho di drama Korea 'The King: Eternal Monarch' Masker LED seharga dijual seharga SGD 2,646 atau sekitar Rp 28 juta itu masih dipertanyakan keamanannya.

Seperti banyak inovasi teknologi kecantikan, masker LED tersebut masih jadi kontroversi. Hal tersebut dipicu karena kekhawatiran akan dampak pada kesehatan mata.

Salah satu masker LED yang populer yang diproduksi oleh Neutrogena saat ini tengah dalam penarikan karena adanya kekhawatiran risiko cedera mata dari lampu untuk beberapa orang yang memiliki kondisi mata dan minum obat tertentu. Seperti dikutip dari Everyday Health, Michele Farber, MD, dermatologi dari New York menyarankan bahwa menggunakan pelindung mata saat menggunakan perangkat kecantikan tersebut.

Masker futuristik yang mengeluarkan cahaya tersebut juga ada yang berwarna biru. Sebuah studi di 2017 yang membahas tentang radikal bebas menerangkan bahwa cahaya biru dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas.

Hal tersebut dapat memecah struktur kulit dan menyebabkan penuaan. Sementara warna-warna cahaya lainnya seperti merah dan kuning tidak menyebabkan risiko.

Meski begitu, Dr. Michele Farber menyebut bahwa masker LED kebanyakan yang dijual saat ini aman. Soal cahaya biru yang dapat merusak kulit hingga saat ini masih dipertanyakan dan perlu adanya penelitian lebih lanjut.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)