8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Perhatikan Cara Pakainya

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 02 Agu 2020 15:30 WIB
cuka sari apel Foto: Thinkstock/8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Perhatikan Cara Pakainya
Jakarta -

Cuka sari apel (ACV) berasal dari apel dan dibuat dengan proses fermentasi. Cuka sari apel biasanya dalam bentuk cair dan ketika digunakan sebagai toner tetapi juga dapat mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah.

Dilansir Byrdie, cuka sari apel secara alami memiliki pH asam dan dapat membantu menyeimbangkan pH lapisan kulit luar. Sebagai cuka, mengandung asam asetat, yang memiliki sifat antibakteri dan keratolitik, dan juga mengandung asam malat, pengelupas kimiawi yang lembut.

Karena itu cuka sari apel memberikan manfaat untuk wajah. Berikut manfaat cuka sari apel untuk wajah dilansir dari Lifehack, Byrdie, dan Healthline:

1. Sebagai Toner Wajah

Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan pH kulit Anda.

Cara menggunakan cuka sari apel sebagai toner wajah yakni campurkan satu sendok makan cuka dengan dua sendok makan air. Menggunakan bola kapas, oleskan ke wajah Anda setelah membersihkan dan sebelum mengoleskan krim, sama seperti Anda biasanya menggunakan toner wajah.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin akan mempertimbangkan membilas toner ini dengan air hangat.

2. Sebagai Obat Jerawat

ilustrasi jerawat Foto: shutterstock/8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Perhatikan Cara Pakainya

Manfaat cuka sari apel untuk wajah berikutnya yakni dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat. Hal ini dapat juga dapat mengurangi peradangan dan infeksi, sehingga mengurangi sakit lebih lanjut. Campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:4 dan oleskan pada jerawat Anda dengan dua hingga tiga kali sehari.

3. Mencerahkan Bintik-bintik Kulit Gelap

Oleskan bola kapas bersih dalam cuka sari apel murni. Oleskan ke bintik-bintik gelap Anda di wajah Anda dan biarkan semalaman. Anda mungkin perlu mengulangi ini beberapa kali untuk mengatasi bintik-bintik kulit gelap.


4. Sebagai Masker Wajah

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu sendok makan madu. Tambahkan satu sendok makan tanah liat lalu leskan campuran ini ke wajah Anda yang baru dibersihkan. Diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Hilangkan Komedo

Close up of smile asian beauty woman use cleansing cotton on her face and look mirrorFoto: iStock/8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Perhatikan Cara Pakainya

Cuka sari apel mengandung anti-bakteri. Gunakan cuka sari apel dengan dicampur baking soda dan air untuk pengelupasan kulit dan membantu mengurangi komedo.

6. Keriput

Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang secara alami kehilangan elastisitasnya dan kerutan mulai terbentuk. Salah satu cara untuk membantu meminimalkan keriput dini adalah merawat kulit Anda dengan baik.

Cuka sari apel dapat digunakan dalam perawatan kulit sebagai toner dan mencuci muka. Penggunaan toner cuka sari apel dapat membantu mengencangkan kulit dan melindunginya dari zat-zat yang berbahaya. Mengencangkan sel-sel kulit juga dapat membantu memperkuat kulit dan mencegah keriput terbentuk.


7. Atasi Kulit Terkena Sinar matahari

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa cuka sari apel mencegah atau mengobati kulit wajah terbakar. Namun, mengencerkan cuka sari apel dengan air adalah salah satu cara orang menerapkannya untuk perawatan kulit setelah terkena sinar matahari.

8. Atasi Kulit Wajah Terkelupas

Pengelupasan kulit adalah proses perawatan kulit yang penting yang mengangkat sel-sel kulit mati yang sudah tua. Eksfoliasi kimia, yang mengandalkan berbagai bahan kimia untuk mengangkat sel kulit mati, adalah salah satu jenis eksfoliasi.

Cuka sari apel mengandung sedikit asam buah, termasuk asam malat, yang merupakan exfoliator kimia. Asam malat dalam cuka sari apel dapat membantu menghilangkan lapisan kulit terluar.

Dilansir Byrdie salah satu komponen dari cuka sari apel dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Penelitian menunjukkan asam asetat yang ditemukan dalam cuka sari apel dapat menyebabkan luka bakar kimia. Cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan mencairkan formula lebih dari yang disarankan jika ternyata terlalu keras.

Bagaimana cara menggunakan cuka sari apel?

Cuka sari apel sangat kuat dan dapat menyebabkan luka bakar kimia. Karena alasan ini, cuka sari apel harus selalu diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit. Umumnya perbandingan satu bagian cuka sari apel dengan empat bagian air.

Demikianlah manfaat cuka sari apel untuk wajah. Sebelum memakainya perhatikan cara pakainya terlebih dulu ya, agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)