8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Mudah dan Alami

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 03 Jul 2020 06:00 WIB
Close up of smile asian beauty woman use cleansing cotton on her face and look mirror Cara menghilangkan komedo. Foto: iStock
Jakarta -

Bagaimana cara menghilangkan komedo? Menghilangkan komedo pada wajah jelas bukan hal yang mudah. Komedo bisa mucul kapanpun di saat kondisi wajah sedang tidak prima.

Seperti dilansir dari the healthy, Alexander Dane, Do dari Dermatologist & Dermatologic Surgeons di Morristown, New Jersey mengatakan ada beberapa cara menghilangkan komedo di wajah kamu. Berikut ini delapan cara menghilangkan komedo secara mudah dan alami:

1. Baking Soda dan Air

Baking soda merupakan bahan yang sering ada di dapur dan kamu tidak menyadari bahwa bisa menghilangkan komedo dengan itu. Menurut Dane baking soda membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang terjadi pada kulit wajah kamu. Selain itu juga berfungsi sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak dan sel kulit mati.

Cara menggunakannya dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air. Setelah itu pakaikan ke titik wajah kamu, bilas dengan air hangat lalu pastikan gunakan pelembab sesudahnya. Jangan gunakan cara ini lebih dari tiga hari seminggu karena dapat membuat kulit kamu mengering.

2. Gula Merah, Madu dan Lemon

Mencampurkan ketiga bahan tersebut ternyata bagus untuk pengelupasan komedo di wajah kamu. Kamu bisa gunakan pada komedo di dagu dan hidung. Dane merekomendasikan untuk mencampurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemob dan satu sendok makan madu mentah.

Setelah tercampur oleskan ke wajah kamu dengan gerakan memutar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya. Setelah dibilas jangan lupa gunakan pelembab.

3. Tea Tree Oil

Para ahli mengatakan dengan mengoleskan tea tree oil langsung ke daerah yang ada komedo seperti di dagu dan hidung bisa membantu bakteri sehingga menghilangkannya dari wajah kamu. Tea tree oil sendiri sudah tersedia dalam sejumlah produk seperti sabun dan krim.

4. Kunyit Kasturi

Dr. Dane mengatakan kunyit dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo karena memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Tapi ingat gunakan kunyit kasturi agar terhindar dari noda yang bisa mengubah warna kulit wajah kamu.

Untuk menggunakannya cukup ambil satu sendok makam kunyit kasturi campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa lalu oleskan pada wajah diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

5. Minyak Kelapa dan Gula

Seorang dokter kulit di New York. Whitney Bowe, MD merekomendasikan campuran minyak kelapa dan gula untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah kamu. Cara ini pun dapat membantu menghilangkan komedo secara alami.

6. Campuran Susu dan Madu

Menurut Dr. Dane susu mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak, sementara madu bersifat antibakteri. Caranya campur satu sendok makan susu murni dengan satu sendok makan madu mentah dan masukan ke dalam microwave selama 10 detik.
Setelah itu tunggu hingga dingin kemudian oleskan pada wajah kamu yang memilki komedo dengan menggunakan kapas bersih. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu lepaskan kapas, bilas dengan air hingga bersih dan gunakan pelembab.

7. Green Tea

Dokter Dane mengatakan green tea atau teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah dan sebagai antioksidan yang sangat bagus. Cukup campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijat ke daerah yang memiliki komedo selama tiga menit. Setalah itu bilas dan oleskan pelembab, lakukan perawatan ini dua atau tiga hari seminggu.

8. Masker Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara mudah dan alami bisa dengan metode masker putih telur. Cara ini direkomendasikan oleh Dr. Dane karena sangat praktis menggunakannya. Cukup dengan kocok satu putih telur dan oleskan pada kulit wajah kamu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kecuali mata dan mulut. Biarkan masker mengering selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Bagaimana? Mudah bukan 8 cara menghilangkan komedo di atas? Selamat mencoba dan semoga hasilnya membuat wajah kamu bersih dari komedo.



Simak Video "Beauty Vlogger Hilangkan Komedo Pakai Vaseline, Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)