Catat! Begini Cara Memakai Cuka Apel untuk Jerawat

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Jumat, 24 Jan 2020 05:36 WIB
ilustrasi cara memakai cuka apel untuk jerawat. Foto: iStock
Jakarta - Jerawat menjadi masalah kulit yang paling dibenci wanita. Dan merawat wajah yang berjerawat tidaklah mudah. Mengobati jerawat dengan obat yang mengandung bahan-bahan kimia juga belum tentu cocok dengan kulit dan bisa membuat jerawat makin banyak.

Oleh karena itu, sebagian orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit berjerawat. Bahan alami dinilai lebih aman untuk dijadikan skincare jerawat. Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh menyembuhkan jerawat yakni cuka apel.

Supaya tidak salah dalam pemakaian, berikut dirangkum dari Women's Health dan Health Line, berikut cara memakai cuka apel untuk jerawat.

1. Tes di Bagian Kulit yang Lain

Mungkin awalnya terdengar aneh, tapi beberapa orang telah membuktikan manfaat memakai cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Cara memakai cuka apel untuk jerawat meradang yang pertama adalah jangan oleskan langsung ke wajah, tapi oleskan ke bagian kulit yang lain terlebih dahulu. Hal ini untuk melihat reaksi kulit apakah iritasi atau tidak.



2. Encerkan dengan Air

Jika kulitmu baik-baik saja, kamu tetap belum boleh mengoleskan cuka apel ke wajah berjerawat secara langsung. Cara memakai cuka apel untuk jerawat yang kedua yaitu mengencerkannya dengan air. Larutkan cuka apel ke dalam air dengan perbandingan 1:4. Namun jika kamu punya kulit sensitif, kamu bisa menambahkan lebih banyak air agar lebih encer.

Catat! Begini Cara Memakai Cuka Apel untuk JerawatCara memakai cuka apel untuk jerawat. Foto: thinkstock


3. Oleskan Cuka Apel ke Wajah Memakai Kapas

Setelah larutan teraduk rata, oleskan larutan campuran cuka apel dan air itu ke wajahmu menggunakan kapas sedikit demi sedikit. Cara memakai cuka apel untuk jerawat yang satu ini dilakukan agar wajah berjerawatmu tidak meradang dan iritasi.

4. Tunggu Selama 5-15 menit

Cara memakai cuka apel untuk jerawat selanjutnya yaitu setelah dioleskan ke jerawa yang meradang, tunggu sekitar 5-15 menit. Jangan lakukan terlalu lama, karena cuka apel bisa membuat kulit kering lebih cepat. Kandungan asam dalam cuka apel juga bisa membuat pH dalam kulit tidak seimbang jika dipakai terlalu lama.

5. Bilas dengan Air

Setelah 'obat jerawat' dari cuka apel itu didiamkan maksimal 15 menit di jerawat, selanjutnya bilas dengan air bersih. Pastikan tak ada bekas cuka yang tertinggal di wajahmu.

Catat! Begini Cara Memakai Cuka Apel untuk JerawatFoto: The Daily Meal



6. Oleskan Pelembap Setelahnya

Setelah melakukan tahapan 1-5 memakai cuka apel untuk jerawat, tahap terakhir yakni mengoleskan pelembap ke wajah. Hal itu perlu dilakukan agar kulit yang kering setelah memakai cuka apel tadi kembali lembap.

7. Gunakan 1-3 Kali Seminggu

Cara memakai cuka apel untuk jerawat supaya aman gunakan satu sampai tiga kali dalam seminggu. Pengobatan dengan cuka apel yang terlalu sedikit tidak akan memberikan pengaruh signifikan pada jerawatmu. Namun jika terlalu banyak akan membuat kulit menjadi kering.

Cuka apel mengandung asam organik, seperti laktat, sitrat, asam malat dan asam asetat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Asam alfa hidroksi alfa (AHA) ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta meregenerasi kulit yang menghasilkan kulit lebih sehat. Berkat pengelupasan itu, cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat.

Penggunaan toner cuka apel yang benar harus dilakukan secara hati-hati dan sesuai aturan seperti yang telah diterangkan di cara memakai cuka apel untuk jerawat di atas. Nah, buat kamu yang baru mencoba, ikuti langkah-langkah di atas, ya.




Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)