12 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 30 Jul 2020 15:42 WIB
Young woman applying face mask at home. Natural Skin Care Routine For Glowing Skin. Ilustrasi cara memutihkan kulit secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn
Jakarta -

Memiliki kulit putih dan cerah merupakan impian wanita. Meskipun beberapa faktor seperti paparan sinar matahari berlebih, polusi, gaya hidup tidak sehat hingga stres bisa jadi pemicu hilangnya impian tersebut. Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami dan cepat?

Memakai bahan kimia berlebih untuk mendapatkan kulit impian tidak dianjurkan. Oleh karena itu tak ada salahnya kamu mencoba 12 cara memutihkan dan mencerahkan kulit secara alami ini supaya aman:

1. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat merusak kulit dan wajah kamu karena tubuh membutuhkan 7-9 jam waktu istirahat setiap harinya. Kamu perlu memberikan waktu yang cukup untuk tubuh beristirahat sehingga meningkatkan aliran darah ke kulit dan kamu bisa mendapatkan kulit yang bercahaya juga sehat ketika bangun. Jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, kulit akan terasa kusam dan tidak bernyawa serta menyebabkan adanya lingkaran hitam di bawah mata.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Cara memutuihkan kulit secara alami dengan cepat dan mudah adalah dengan minum air putih yang cukup. Minum air putih dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan bercahaya. Setidaknya minum air putih 8 gelas atau setara dengan dua liter dalam sehari sehingga dapat meningkatkan tekstur dan penampilan kulit dengan membuang racun di dalam tubuh.

3. Gunakan Sunscreen Ketika Keluar Rumah

Penting sekali untuk melindungi kulit kamu dari radiasi sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit menghitam. Oleskan lotion tabir surya atau sejenisnya ke seluruh tubuh agar melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

Suntan lotion. Woman applying sunscreen solar cream on face. Beautiful happy cute girl puts suntan cream from plastic container bottle on her nose and cheecks. Skincare concept. Female in straw hat and bikini on beach.Memakai tabir surya bisa membantu memutihkan kulit. Foto: iStock

4. Melembabkan Kulit

Cara memutihkan kulit, gunakan pelembab harian atau krim wajah dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari. Pelembab wajah membantu mengatasi kulit kering dan bersisik sehingga membuat kulit lebih bercahaya serta terhidrasi.

5. Pijat Wajah Dengan Minyak Zaitun dan Madu

Pijat kulit wajah setiap hari dengan minyak zaitun dan madu. Cara melakukannya campurkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh madu lalu pijat ke wajah selama beberapa menit. Jika memiliki kulit berminyak tambakan beberapa tetes lemon kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Steam Wajah

Steam wajah bisa menjadi cara memutihkan kulit dengan cepat. Metode ini akan membuka pori-pori wajah kamu dan membersihkan semua kotoran. Tapi alih-alih menggunakan air biasa, rebus kulit lemon dalam air dan gunakan air itu untuk men-steam wajah. Lakukan steam selama beberapa menit kemudian tepuk-tepuk wajah dengan handuk basah yang lembut. Vitamin C pada lemon akan meningkatkan warna kulit kamu.

7. Gunakan Air Mawar Dingin

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Dengan menyemprotkan air mawar dingin di wajah akan menyegarkan kulit. Bagusnya hal ini bisa dilakukan di rumah kapan saja, termasuk pada malam hari.

8. Memakai Tepung Beras untuk Eksfoliasi

Kulit kamu perlu eksfoliasi untuk menghilangkan kulit mati setiap hari. Cara memutihkan kulit dengan tepung beras untuk eksfoliasi adalah campurkan dua sendok teh tepung beras dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut untuk menghilangkan noda kecokelatan di wajah dan memperbaiki kulit kamu.

9. Masker Pisang dan Madu

Masker pisang dan madu bisa membantu memutihkan kulit secara alami. Gunakan mentega tawar, dua sendok makan pasta pisang matang dan satu sendok teh madu. Campur semua bahan dan pijat keseluruh wajah selama beberapa menit. Gunakan kain yang sudah direndam hangat untuk membersihkan wajah setelahnya. Masker pisang dan madu ini bisa meningkatkan warna dan tekstur kulit kamu.

Cucumber and slices isolated over white background.Cara memutihkan kulit bisa dengan memakai masker timun. Foto: Istock

10. Masker Timun

Cara alami memutihkan kulit yang bisa kamu lakukan dirumah adalah dengan memanfaatkan mentimun. Campurkan irisan timun yang sudah dikupas dengan bubuk cendana dan satu sendok makan lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, cuci dan keringkat kulit untuk mendapatkan tampilan yang lebih bercahaya setelahnya.

11. Gunakan Toner Alami Pada Kulit

Campurkan air mawar dengan cuka sari apel, kemudian rendam kapas ke dalamnya. Setelah itu bersihkan wajah, diamkan selama dua menit lalu bilas. Toner alami ini akan menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang membuat kulit semakin lembut dan cerah.

12. Masker Putih Telur

Telur memiliki sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit serta mencerahkan warna kulit. Untuk membuat masker telur campurkan dua sendok teh tepung jagung dan satu putih telur, oleskan pada wajah, diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

Itulah 12 cara memutihkan kulit secara alami dan cepat. Kamu tertarik mencoba cara yang mana?



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)