Alasan Moisturizer Wajah Tidak Bisa Dipakai Sebagai Krim Mata

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 15 Jul 2020 15:42 WIB
Young woman with eyes closed applying face cream. Foto: Getty Images
Jakarta -

Mata merupakan bagian penting wajah dalam menampilkan kecantikan seseorang, namun perawatannya sering terabaikan. Banyak juga orang yang menganggap bahwa penggunaan moisturizer di wajah sudah cukup untuk merawat area mata.

Faktanya, kulit di sekitar mata lebih tipis dibanding area lainnya sehingga lebih rentan pada penuaan seperti kerutan hingga mata panda. Dengan karakternya yang sensitif, kulit di area mata memerlukan perawatan dan produk krim mata yang spesifik.

"Area mata memiliki kulit paling tipis. Strukturnya pun beda karena tidak punya lapisan lemak. Ada lemak tapi itu jadi bantalan lemak. Komponennya dinamis dan bergerak, dan banyak otot. Kalau nggak tidur maka mata terus bergerak. Nah bisa jadi proses penuaan," jelas dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV dalam acara peluncuran BSKIN Eye Care Multi-Tasking Power Serum, Rabu (15/7/2020).

Untuk itu, moisturizer atau serum untuk wajah tidak bisa menggantikan peran krim mata. Jika menggunakan moisturizer atau serum maka kulit mata bisa jadi iritasi.

"Khususnya seputar mata tidak boleh terpapar dengan bahan-bahan yang terlalu keras. Misalnya menggunakan moisturizer dengan bahan yang bisa meningkatkan produksi kolagen, tapi seringkali tidak bisa diaplikasikan di seputar mata karena bisa perih," jelas dr. Srie Prihianti.

Begitu juga dengan moisturizer atau serum dengan kandungan acid yang bisa membuat mata jadi iritasi. Untuk itu krim mata sudah dirancang sedemikian rupa untuk area sensitif kulit.

"Para produsen mendesain khusus produk untuk mata sesuai anatomi dan sifat kulit di area mata. Kalau kita melihat proses penuaan, maka pertama kali terekspos di area mata, maka dibutuhkan bahan yang tepat sekaligus aman untuk area mata," ungkap dr. Srie Prihianti.



Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)