Wanita Rogoh Rp 183 Juta Demi Obati Jerawat, Akhirnya Sembuh karena Diet Ini

Hestianingsih, Hestianingsih - wolipop Senin, 13 Jul 2020 15:52 WIB
Ivana Kostova Before-after wajah Ivana Kostova yang diet vegan. Foto: Instagram/@muaivanak
Jakarta -

Ivana Kostova sudah berjuang menyembuhkan jerawat selama bertahun-tahun sejak remaja. Berbagai perawatan kulit sudah ia coba hingga memakan biaya total lebih dari Rp 183 juta. Tak ada yang membuahkan hasil.

Sampai akhirnya Ivana memutuskan mengganti pola makan dan kondisi kulitnya jauh lebih baik dalam waktu cepat. Kini di usia 24 tahun, makeup artist ini memiliki kulit mulus, serta sehat.

Perjalanan mengatasi jerawat sudah dimulai sejak usianya 11 tahun ketika beberapa tonjolan kemerahan muncul di wajahnya. Semakin lama kondisi kulitnya makin parah dan jerawatnya lebih buruk dari teman-teman sekelasnya.

Ivana KostovaWajah Ivana Kostova saat masih dipenuhi jerawat. Foto: Instagram/@muaivanak

Kala itu orangtua Ivana mencoba berbagai perawatan wajah untuk membantu kondisi kulitnya jadi lebih baik. Mereka menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah untuk konsultasi dengan dokter kulit setiap minggu, chemical peeling, membeli produk-produk mahal, krim oles juga antibiotik. Dia juga mencoba minum Accutane, obat keras untuk menghilangkan jerawat, namun punya efek samping cukup berat.

"Accutane membantuku selama beberapa lama, kulit jadi bersih dalam empat bulan tapi efek sampingnya banyak. Kulitku jadi sangat kering hingga mengelupas seperti ular setiap dua minggu. Mataku juga bintitan selama empat bulan dan mengalami depresi parah yang tidak pernah aku rasakan sebelumnya," cerita Ivana, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Ivana memang merasa kalau jerawatnya tidak normal. Sebab hanya dia murid di sekolahnya dengan kondisi jerawat parah. Di usia yang baru beranjak remaja kala itu, emosinya masih labil, sehingga membuatnya mudah marah dan tersinggung.

Ivana KostovaWajah Ivana Kostova saat masih dipenuhi jerawat. Foto: Instagram/@muaivanak

"Di usia 14 tahun, hidupku hanya berputar soal kulitku. Aku sampai memohon kepada ibuku supaya jangan menyuruhku sekolah karena buruk dan jeleknya kulitku saat itu," tuturnya.

"Anak-anak lelaki selalu mengejek jadi aku mulai pakai makeup di usia 13 tahun," lanjut Ivana.

Jerawat tak kunjung hilang hingga beranjak dewasa, wanita yang juga berprofesi sebagai pengusaha ini, akhirnya memutuskan mengganti diet. Pada 2014 ia menjalani diet vegan, memperbanyak minum air dan puasa.

Tak butuh waktu lama, kondisi wajahnya jauh membaik. Makeup tak lagi dikenakannya untuk menutupi jerawat tapi lebih untuk mengekspresikan karya-karyanya sebagai penata rias.

Ivana KostovaIvana Kostova mengklaim jerawatnya membaik setelah diet vegan. Foto: Instagram/@muaivanak

"Setelah bertahun-tahun mencoba perawatan berbeda untuk kulit, aku memutuskan mengubah total gaya hidup dan kebiasaan. Aku belajar bagaimana pikiran terkoneksi dengan kesehatan pencernaan. Itulah yang mendorongku jadi vegan selama setahun dan aku juga mulai menerapkan puasa intermittent (puasa makan selama 6-12 jam)," tuturnya.

Dulu Ivana hanya minum segelas air putih setiap hari. Kini ia terbiasa minum air putih tiga liter sehari. Makanan hewani sudah ditinggalkan, berganti sayur dan buah-buahan.

"Aku juga menemukan bahwa pelembap wajah bukanlah musuh dan aku mulai berhenti pakai foundation saat usiaku 21 tahun. Prosesnya sampai lima tahun," ucapnya.

Kini kondisi wajahnya jadi lebih mulus dan halus tanpa jerawat. Ivana pun ingin berbagi cerita tentang perjalanannya menyembuhkan jerawat dengan harapan bisa menginspirasi orang lain untuk rajin merawat wajah dan percaya diri apa pun kondisi kulitnya.



Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)