Tips Memilih Skincare Anti Aging yang Tepat Untuk Segala Usia

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 17 Jan 2020 10:07 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Setiap orang pasti mendambakan kulit yang awet muda dan bebas dari penuaan. Namun sebagian ada yang masih bingung atau bahkan belum benar-benar paham cara yang tepat untuk merawat kulit agar terhindar dari kerutan. Dokter Haekal Anshari pun memberikan sedikit penjelasan mengenai cara untuk merawat kulit dan memilih produk skincare yang tepat agar terhindar dari kerutan.

Ada beberapa gejala penuaan yang disampaikan oleh dokter Haekal. Yang pertama adalah kulit kering, lalu muncul flek-flek, dan yang ketiga kerutan halus. Sang dokter menjelaskan jika di usia atas 25 tahun sudah merasakan hal ini maka ini bisa menjadi tanda bahwa kulit sudah mulai terkena penuaan. Ini karena pada usia 25 tahun, jumlah kolagen pada tubuh sudah mulai menurun akibat paparan sinar UV. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan produk-produk anti penuaan yang bisa melawan kerutan-kerutan halus pada kulit.
"Kalau kulit berminyak biasanya kerutan nggak terlalu nampak. Tapi kalau usia di atas 25 tahun kulit masih berminyak berarti ini juga salah satu proses aging, karena berarti hormonnya nggak stabil," kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) saat ditemui dalam acara peluncuran skincare Y.O.U di The Hermitage, Menteng pada Kamis (16/01/20).

Oleh sebab itu, dokter Haekal menyarankan untuk menggunakan produk skincare anti aging sedini mungkin, bisa dimulai dari usia 18 tahun. Dokter Haekal juga membagikan tips untuk memilih produk skincare anti aging yang tepat untuk semua usia.

"Sebetulnya untuk melawan kerutan itu pilihlah skincare yang memang mengandung bahan-bahan natural jadi bukan bahan kimia yang berat. Usahakan mengandung bahan natural dan mengandung ekstrak buah yang tinggi antioksidan seperti buah pomegranate," kata dokter Haekal.

Menurut penuturan sang dokter buah pomegranate sudah teruji secara ilmiah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit. Buah pomegranate tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, serta Antosianin. Antosianin adalah salah satu bahan yang bisa menstimulasi kulit kita agar lebih banyak memproduksi kolagen sehingga kulit akan lebih kenyal dan lembab.

"Andaikata dia usianya sudah di atas 40 tahun, sudah ada kerutan. Kalau kerutannya masih halus mungkin nggak perlu tambahan tapi andaikata dia kerutannya sudah berjejak, nah untuk menghilangkan kerutannya tentu saja ada tambahan treatment lainnya," ujarnya.

Dokter Haekal menjelaskan jika tingkat keparahan kerutan sudah tinggi maka untuk menghilangkannya dibutuhkan perawatan tambahan di tempat-tempat kecantikan, seperti chemical peeling atau injeksi botox.

"Sebetulnya untuk menjaga kesehatan kulit itu tidak hanya dari luar, tetapi juga ditopang dari dalam tubuh. Nah kalau dari luar itu menggunakan produk skincare anti aging. Kalau dari dalam tubuh itu dengan pola makan," kata dokter Haekal.

Dokter Haekal menganjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan karena makanan-makanan tersebut tinggi antioksidan. Namun bila perlu bisa juga dengan menambahkan asupan kolagen dari luar, tetapi pastikan bahwa makanan atau minuman kolagen tersebut sesuai dengan kolagen tubuh kita. Yang paling penting adalah harus selalu menggunakan tabir surya, minimal SPF 30.

Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/ami)