7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh dan Kulit, Kamu Perlu Tahu!

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 13 Nov 2019 10:38 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Vitamin C memiliki segudang manfaat, mulai dari untuk kecantikan kulit hingga kesehatan tubuh. Vitamin C memang dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti dikutip dari Healthline, berikut ini tujuh manfaat vitamin C bagi tubuh dan kulit.

1. Kaya Akan Antioksidan yang Dapat Mencegah Penyakit Serius

Tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin C bermanfaat memperkuat pertahanan alami tubuh. Vitamin C bisa meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh berfungsi untuk melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Jika radikal bebas menumpuk pada tubuh maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis.

Mengonsumsi banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah sebesar 30%. Hal ini terbukti dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan penyakit yang sangat serius, seperti penyakit jantung. Vitamin C terbukti bermanfaat menurunkan tekanan darah, termasuk pada mereka yang memiliki penyakit jantung. Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mengendurkan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung. Hal ini efektif untuk mengurangi tingkat tekanan darah.
7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh dan Kulit, Kamu Perlu Tahu!Foto: Thinkstock

Pada orang yang sehat, mengonsumsi vitamin C dapat menurunkan tekanan darah sistolik (nilai atas) sebesar 3,84 mmHg dan diastolik (nilai lebih rendah) sebesar 1,48 mmHg. Sedangkan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 4,85mmHg dan diastolik rata-rata 1,67 mmHg.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL "buruk" yang tinggi, kadar kolesterol HDL "baik" yang rendah, dan kadar trigliserida. Vitamin C bermanfaat mengurangi semua faktor-faktor tersebut. Orang yang mengonsumsi vitamin C setidaknya 700 mg setiap hari selama 10 tahun terbukti memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Mengonsumsi vitamin C secara rutin juga bisa mengurangi tingkat kolesterol LDL "buruk" sekitar 7,9 mg/dl.

4. Mencegah Asam Urat

Mengonsumsi vitamin C terbukti bermanfaat mengurangi asam urat dalam darah. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed.gov, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko asam urat 44% lebih rendah. Penelitian ini telah dilakukan selama 20 tahun yang melibatkan 46.994 pria sehat sebagai respondennya. Penelitian ini membandingkan antara responden yang mengonsumsi vitamin C dan yang tidak.


5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi yang cukup penting bagi tubuh. Vitamin C bermanfaat membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh untuk selanjutnya diangkut oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Vitamin C bisa membantu zat besi yang sulit diserap, seperti yang berasal dari makanan nabati. Hal ini sangat penting, terutama bagi orang-orang yang melakukan diet daging, karena daging adalah sumber utama zat besi. Hanya dengan mengonsumsi 100 mg vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebesar 67%, sehingga vitamin C juga terbukti dapat mengurangi anemia.

6. Memperbaiki Fungsi Sel Darah Putih
7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh dan Kulit, Kamu Perlu Tahu!Foto: Istimewa

Jika fungsi sel darah putih dapat bekerja dengan baik maka kekebalan tubuh juga dapat meningkat. Vitamin C bermanfaat mendorong produksi sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, vitamin C juga berpengaruh untuk melindungi sel darah putih dari bahaya radikal bebas yang dapat merusaknya. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kemampuan kulit melindungi dirinya. Mengonsumsi vitamin C juga terbukti dapat mempercepat waktu penyembuhan luka.


7. Menjaga Ingatan dan Fungsi Otak

Dementia atau kondisi dimana seseorang memiliki ingatan yang lemah bisa diderita oleh orang dewasa, baik yang masih muda ataupun yang sudah lebih tua. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed.gov, orang-orang yang mengalami dementia terbukti memiliki kadar vitamin C sangat rendah dalam darahnya. Mengonsumsi vitamin C, baik dari makanan ataupun suplemen terbukti dapat memperbaiki cara berpikir dan ingatan seseorang.

Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)