Sheet Mask dengan 3 Kandungan Ini Disarankan Tidak Dipakai Tiap Hari

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 05 Nov 2019 19:30 WIB
Ilustrasi wanita memakai sheet mask. Foto: iStock Ilustrasi wanita memakai sheet mask. Foto: iStock

Jakarta - Sheet mask atau masker tisu belakangan ini menjadi cukup populer dan banyak digunakan. Sheet mask menawarkan kelembaban yang dapat membuat kulit wajahmu terlihat lebih kenyal dan sehat. Namun di balik itu semua, beberapa sheet mask ternyata ada yang kandungannya tidak baik jika dipakai setiap hari.

Jika kamu terus menerus menggunakan sheet mask yang mengandung tiga bahan ini, kulit wajahmu malah bisa terlihat lebih buruk dari sebelumnya. Tak hanya itu, lebih parahnya lagi dapat mendatangkan penyakit yang serius seperti kanker.

Oleh sebab itu kamu perlu mengecek kandungan yang terdapat pada sheet mask sebelum memakainya. Seperti dikutip dari Live Strong, berikut ini tiga kandungan pada sheet mask yang sebaiknya tidak digunakan terus-menerus:

Sheet Mask dengan 3 Kandungan Ini Disarankan Tidak Dipakai Tiap HariIlustrasi wanita memakai sheet mask. Foto: Dok. iStock

1. Ethylene Oxide

Ethylene oxide adalah salah satu kandungan dalam sheet mask yang dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker. Kandungan ini dapat ditemukan di dalam sheet mask, namun seringkali tidak tertulis di daftar komposisi yang tertera pada kemasan. Ethylene oxide digunakan untuk memproduksi bahan-bahan kimia lain, seperti antifreeze, pestisida, dan agen sterilisasi. Ethylene Oxide seringkali ditemukan pada bahan kimia PEG yang dimiliki oleh beberapa masker.

2. Shea Butter

Shea butter adalah kandungan yang cukup terkenal dan dipercaya dapat melembabkan kulit. Ini memang benar namun shea butter hanya baik bagi kulit badan, bukan wajah. Shea butter kaya akan emmolient yang dapat memberikan kelembaban luar biasa. Namun menggunakan shea butter sangat tidak disarankan bagi kulit wajah karena justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
Sheet Mask dengan 3 Kandungan Ini Disarankan Tidak Dipakai Tiap HariIlustrasi wanita memakai sheet mask. Foto: dok. Veocel


3. Sodium Laureth Sulfate

Sama seperti ethylene oxide, kandungan Sodium Laureth Sulfate (SLS) diyakini berpotensi menyebabkan kanker. Tak hanya itu, sodium laureth sulfate juga dapat membuat kulit iritasi. Kandungan ini cukup banyak ditemukan pada produk sampo, kosmetik, dan produk-produk kecantikan lainnya. SLS efektif sebagai salah satu unsur pembuat busa.

SLS berfungsi untuk menangkap segala jenis kotoran, seperti minyak pada permukaan kulit dan rambut. Berdasarkan penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Toxicology, sodium laureth sulfate dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan rambut rontok jika digunakan sebagai sampo.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)