Wahai Anker, Sering Naik Kereta Bikin Kulit Cepat Tua Ini Tanda-tandanya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 01 Nov 2019 08:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Kereta menjadi transportasi andalan banyak orang, terutama para pekerja. Kereta memang bisa jadi efektif karena cepat dan bisa mengantarkan Anda ke banyak tempat. Tapi bolak-balik naik kereta setiap hari ternyata bisa mempengaruhi kecantikan kulit. Menurut ahli facial, komuting dapat merusak kulit wajah dan menyebabkan penuaan dini.

Ahli skincare Inggris Chelsee Lewis mengungkap tanda-tanda yang sering terlihat ketika sering naik kereta. Wanita yang sudah berpengalaman selama 23 tahun di industri kecantikan itu mengatakan bahwa kulit bahkan bisa lebih cepat menua. Karena partikel tertentu, kegiatan yang tampak tak berbahaya itu dapat membuat pori-pori tersumbat, membuat kulit kering, terkelupas, hingga kusam.

"Kita semua tahu bepergian dengan transportasi umum tidak baik untuk kulit. Ketika kita turun dari kereta, meniup hidung, mencuci tangan, dan sebagainya. Andai saja kita bisa terbang dengan gelembung untuk melindungi diri dari kotoran polusi sehari-hari dan radikal bebas untuk kulit kita," ujar Chelsee dilansir Dailymail.

Kulit lebih cepat tua ketika komuting dengan kereta tentu bukan tanpa alasan. Dikatakan jika di daerah stasiun terdapat lebih banyak partikel berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

"Ternyata partikel yang 20 kali lebih kecil masuk ke pori-pori ketika kita bepergian dengan kereta. Ini bisa merusak batasan kulit dan menyebabkan masalah seperti penuaan dini, penyumbatan, kulit kering, kehilangan kelembapan kulit juga lebih cepat," ungkap Chelsee.

"Gejala-gejalanya bisa seperti kulit kemerahan, sensitif, iritasi, gatal, dan kusam," tambahnya.

Chelsee pun menambahkan jika polusi di udara juga dapat memecah kolagen sehingga kulit jadi terlihat lelah. Karena itu, para pekerja yang bolak-balik naik kereta dan sering terpapar polusi ketika berangkat atau pulang kantor mungkin lebih mudah mengalami masalah kulit.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pakar facial itu pun menyarankan untuk meningkatkan perawatan, terutama dengan menggunakan sunblock SPF 50, serum vitamin C, dan pelembap yang bagus. Bisa juga dengan memakai produk-produk anti-polutan untuk melindungi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.
Ia pun menganjurkan facial yang rutin. "Facial setiap tiga hingga empat minggu sekali bisa membantu mengatasi masalah di atas untuk menjaga kulit tetap menarik," tuturnya.


Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)