7 Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 05:23 WIB
7 Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya Foto: Istock 7 Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya Foto: Istock

Jakarta - Beberapa waktu belakangan masker kefir sempat menjadi tren perawatan kulit. Bahkan beberapa beauty blogger pun ramai-ramai menggunakan masker kefir untuk merawat wajah mereka.

Tapi, apa itu kefir yang menjadi bahan baku utama masker ini? Kefir adalah produk dairy yang mirip seperti yogurt, karena proses pembuatannya adalah dengan fermentasi susu dengan bibit kefir.



Kefir merupakan minuman menyehatkan yang populer di Eropa Timur dan Rusia. Minuman ini mengandung bakteri baik (probiotik) yang bagus untuk pencernaan seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum.

Tidak hanya membantu pencernaan menjadi lebih sehat, kefir yang dijadikan masker juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Berikut 7 manfaat masker kefir beserta cara membuatnya yang dirangkum Wolipop:

1. Menghaluskan Kulit Kering

Masker kefir bisa menghaluskan kulit kering karena kandungan probiotiknya. Probiotik ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembab serta mengatasi garis halus dan kerutan.

2. Mengurangi Kemerahan di Kulit

Wajah yang kemerahan disebabkan oleh peradangan yang membuat pembuluh darah di wajah terlihat jelas di bawah permukaan kulit. Masker kefir bisa mengatasi masalah ini karena probiotik Lactobacillus bisa menenangkan dan memperkuat skin barrier untuk mengurangi kemerahan secara perlahan.

3. Mengatasi Wajah Kusam

Masker kefir mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang bisa mengatasi wajah kusam. Cara kerja AHA sendiri adalah dengan mengikis sel kulit mati di wajah dan menstimulasi produksi kolagen, sehingga membuat kulit terlihat lebih halus dan cerah.

Jika kalian memiliki kulit berminyak dan kusam, coba atasi dengan masker kefir, putih telur dan madu. Caranya campur 2 sendok makan kefir, 1 putih telur dan 1 sendok makan madu alami.

Aduk hingga merata dan oleskan di wajah, diamkan selama 15-20 menit. Setelah mengering, bilas masker hingga bersih.



4. Menenangkan Kulit

Kulit yang stres karena polusi dan radikal bebas bisa ditenangkan menggunakan masker kefir. Probiotik bisa menangkal efek negatif dari polusi dan radikal bebas yang bisa merusak wajah sekaligus memperbaiki kulit agar terlihat lebih awet muda.

5. Mengurangi Jerawat

Salah satu manfaat masker kefir pure atau murni yang paling utama adalah mengurangi jerawat. Kefir memiliki kekuatan untuk membersihkan, anti-inflamasi dan scrub alami untuk mengurangi jerawat.

Untuk membuat masker ini kalian hanya butuh 2 sendok makan kefir. Oleskan ke wajah dan tunggu hingga kering, atau jika ingin hasil yang lebih optimal diamkan semalaman sebagai sleeping mask.

Setelah bangun tidur, bilas masker hingga bersih dan lanjutkan dengan rangkaian skincare rutin kalian.

6. Eksfoliator Alami

Seperti telah disebutkan di atas, kefir mengandung AHA yang dikenal sebagai eksfoliator kimia alami.

Untuk merasakan manfaat kefir sebagai eksfoliator alami adalah dengan membuat campuran kefir dan timun. Caranya serut 1 buah timun kecil, peras timun dan kumpulkan air perasannya.

Campurkan 2 sendok makan kefir ke dalam jus timun dan aduk hingga merata. Oleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih untuk mendapatkan kulit yang halus.

7. Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat masker kefir lainnya adalah menyeimbangkan pH kulit. Jika pH kulit seimbang, akan semakin mudah untuk mengatasi iritasi, kemerahan dan masalah kulit lainnya.

AHA yang dikandung masker kefir merupakan bentuk dari asam laktat yang bisa menyeimbangkan level pH, sehingga bisa membantu mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)