Tips Perawatan Kulit untuk Kamu yang Alergi Matahari Seperti Park Shin Hye

Hestianingsih - wolipop Senin, 14 Okt 2019 18:50 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Park Shin Hye mengaku alergi matahari. Suatu kondisi yang menyebabkan kulit timbul ruam merah disertai gatal-gatal ketika terpapar sinar matahari.

Biasanya alergi matahari terjadi pada area V-neck, punggung tangan, permukaan luar lengan dan kaki bagian bawah. Tak hanya Park Shin Hye, orang lain pun bisa mengalami alergi matahari sebagai akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.

Punya alergi matahari, bukan berarti penderitanya tidak bisa keluar rumah dan terpapar sinar matahari sedikit pun. Seperti Park Shin Hye yang sempat pergi ke Bali untuk liburan, mereka juga bisa menikmati hangatnya sinar matahari di pantai atau area outdoor lainnya, tanpa harus mengalami gejala alergi.


Seperti dikutip dari Intelihealth, beberapa cara bisa dilakukan untuk membantu mencegah gejala alergi matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

1. Pakai Tabir Surya
Foto: iStock

Sebelum keluar rumah gunakan tabir surya yang memiliki faktor perlindungan matahari (sun protection factor atau SPF) minimal 30 atau lebih, dengan spektrum yang luas dan mencakup perlindungan sinar ultraviolet A dan ultraviolet B.

2. Perlindungan Terhadap Bibir
Foto: iStock

Jangan lewatkan area bibir. Gunakan lipbalm dengan kandungan perlindungan terhadap sinar matahari minimal SPF 15. Ulangi setiap dua jam sekali.

3. Hindari 'Jam-jam Berbahaya'
Foto: iStock

Batasi waktu di luar rumah ketika matahari berada pada puncaknya. Yakni sekitar pukul 11.00 - 14.00.

4. Aksesori dan Busana Pelindung
Foto: Dok. Kabau Indo

Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet. Meskipun sudah memakai losion atau krim tabir surya, perlindungan dari luar juga tetap diperlukan. Pakailah celana panjang, kemeja lengan panjang dan topi dengan pinggiran lebar.


5. Gunakan Serum atau Losion After Sun
Foto: Getty Images

Setelah beraktivitas di bawah sinar matahari, oleskan serum atau losion yang dikhususkan untuk menenangkan kulit. Biasanya dilabeli dengan tulisan 'after sun'. Produk tersebut biasanya mengandung bahan seperti chamomile dan lidah buaya untuk membantu mengurangi kemerahan sekaligus menyejukkan kulit.

Simak Video "Menjaga Kulit Tetap Sehat, Gimana Caranya?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)