Jokowi Rajin Minum Jamu Kunyit dan Temulawak, Ini Manfaatnya untuk Kulit

Hestianingsih - wolipop Selasa, 23 Jul 2019 15:51 WIB
Foto: Instagram @jokowi/iStock Foto: Instagram @jokowi/iStock

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku rajin minum jamu campuran kunyit, jahe dan temulawak agar tubuhnya tetap sehat. Selain baik untuk kesehatan, tiga bahan tersebut ternyata juga bisa bermanfaat bagi kulit.

Apa saja khasiat kunyit, jamu dan temulawak untuk merawat kecantikan?

1. Menyuburkan Rambut
Jahe bisa mencegah kerontokan dengan membantu menyuburkan rambut. Menurut pakar kecantikan holistik Shadoh Punnapuzha, jahe bisa menstimulasi folikel rambut, menutrisi batang rambut sekaligus mencegah kerontokan.

Seperti dikutip dari Reader's Digest, ia merekomendasikan masker rambut yang terbuat dari jahe alami. Caranya campurkan satu sendok teh air jahe segar dengan setengah cangkir minyak kelapa. Usapkan campuran tersebut ke rambut yang sudah dikeringkan dan tunggu 20 menit sebelum dibilas.

Jokowi Rajin Minum Jamu Kunyit dan Temulawak, Ini Manfaatnya untuk KulitFoto: iStock

2. Melawan Tanda Penuaan
Jahe kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan dan peradangan pada kulit. Selain itu jahe juga dipercaya bisa mengurangi hiperpigmentasi yang membuat warna kulit tidak rata.

Medina Tshibemba, seorang pakar facial, menyarankan gosokkan secara perlahan jahe yang telah diiris tipis ke wajah, seminggu sekali selama enam minggu. Untuk kulit sensitif sebaiknya cek terlebih dahulu apakah panas dari jahe bisa memperparah kondisi kulit atau tidak.

3. Menghilangkan Ketombe
Jahe memiliki kandungan antiperadangan dan antiseptik yang bisa menyingkirkan jamur penyebab ketombe. Campurkan 3 sendik makan jahe parut bersama 4 sendok makan minyak jojoba, dan pijatkan ke seluruh kulit kepala.

"Perawatan ini ideal digunakan semalaman. Bungkus rambut dengan shower cap berbagan plastik dan diamkan selama Anda tidur. Bilas dengan sampo di pagi harinya," saran Medina.


4. Mencerahkan Kulit
Kalau ingin kulit tampakn cerah berkilau sehat, maka kamu bisa coba memakai masker kunyit. Wanita-wanita India biasanya akan memakai pasta kunyit sebagai masker beberapa hari sebelum menikah agar terlihat glowing saat menjadi pengantin nanti.

"Antioksidan dan antiperadangan yang disebut curcumin pada kunyit bisa mencerahkan, membuat kompleksi kulit lebih berkilau dan menyegarkan kulit kusam," ujar Shadoh.
Jokowi Rajin Minum Jamu Kunyit dan Temulawak, Ini Manfaatnya untuk KulitFoto: iStock

5. Menyamarkan Lingkaran Gelap Bawah Mata
Kunyit bisa membantu menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata yang bisa membuat wajah terlihat lelah. Dijelaskan pakar kecantikan Courtney Chiusano, kunyit memiliki agen pencerah kulit.

"Kunyit juga menstimulasi sirkulasi darah, yang bisa membantu mengurangi mata sembap dan bawah mata hitam akibat sirkulasi yang tak lancar," ucapnya.


6. Mengatasi Jerawat
Berkat kandungan antiseptik, kunyit juga efektif mengatasi jerawat dan mencegah bakteri penyebab jerawat menyebar ke area lain. Selain itu kunyit juga antieoradangan sehingga bisa meredakan kemerahan dan bengkak pada jerawat.

Courtney menyarankan untuk membuat obat jerawat alami dengan cara mencampurkan kunyit dan madu. Setelah tercampur, totolkan pada bagian yang berjerawat, lalu diamkan selama 20 menit setelah itu bilas dengan air dingin.

Khasit yang sama juga bisa didapatkan dari temulawak. Bernama latin Curcuma Xanthorrhiza, salah satu jenis rempah ini memiliki sifat astringet yang berkhasiat meringkas pori-pori. Dengan begitu bisa membantu mengurangi jerawat akibat penumpukan sebum dan kotoran pada pori-pori.

7. Mengatasi Kulit Berminyak
Sifat astringent pada temulawak tak hanya bisa merawat kulit berjerawat, tapi juga mengatasi kulit berminyak. Gunakan parutan temulawak sebagai masker wajah setiap satu minggu sekali agar minyak pada wajah lebih terkontrol.

Simak Video "Intip Detail Baju Adat Sasak yang Dikenakan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)