Makna di Balik Rambut Kepang Daenerys Targaryen yang Sempat Jadi Tren

Hestianingsih - wolipop Rabu, 15 Mei 2019 13:13 WIB
Daenerys Targaryen dan Jon Snow. Foto: Dok. Helen Sloan/HBO Daenerys Targaryen dan Jon Snow. Foto: Dok. Helen Sloan/HBO

Jakarta - Karakter Daenerys Targaryen yang diperankan Emilia Clarke di 'Game of Thrones' punya gaya ikonik tersendiri yang sempat jadi tren. Sang Mother of Dragons digambarkan memiliki rambut pirang platinum yang selalu dikepang.

Tatanan rambut kepang pernah menjadi populer di beberapa musim penayangan serial besutan HBO ini. Rambut panjang yang dihias dengan kepangan memang membuat penampilan wanita terlihat lebih feminin dan cantik.

Namun ada makna tersembunyi tentang rambut kepang Daenerys Targaryen dalam kisah rekaan penulis George R.R. Martin ini.


Makna di Balik Rambut Kepang Daenerys Targaryen yang Sempat Jadi TrenDaenerys Targaryen di Game of Thrones. Foto: HBO

Rambut kepang bukan sekadar penampilan sebagai ratu bagi Daenerys Targaryen. Kembali ke episode satu, saat ia menikah dengan ketua suku Dothraki, Khal Drogo, dan menjadi Khaleesi (sebutan ratu dalam bahasa Dothraki) terungkap bahwa kepangan rambut merupakan makna kemenangan.

Dalam aturan Dothraki, rambut kepang menyimbolkan kemenangan dalam perang ataupun pertarungan. Semakin banyak simpul kepang pada rambut, menandakan semakin banyak kemenangan yang sudah diraihnya. Daenerys Targaryen pun menerapkan aturan tersebut pada dirinya.
Makna di Balik Rambut Kepang Daenerys Targaryen yang Sempat Jadi TrenDaenerys Targaryen diperankan Emilia Clarke. Foto: Dok. HBO

Maka bisa dilihat kepangan rambut Daenerys Targaryen semakin banyak dan rumit di setiap musim tayang 'Game of Thrones'. Daenerys Targaryen sejauh ini telah memenangkan banyak pertarungan bahkan berhasil mengambil alih pasukan Unsullied yang sangat loyal kepadanya.

Terakhir, ia memenangkan The Battle of Winterfell, perang melawan pasukan 'undead' yang dipimpin Night King. Meskipun tatanan rambutnya kerap kali berubah, tatanan kepang tak pernah absen dari penampilan Breaker of Chains ini.
Makna di Balik Rambut Kepang Daenerys Targaryen yang Sempat Jadi TrenDaenerys Targaryen diperankan Emilia Clarke. Foto: Dok. Helen Sloan/HBO


"Kepangan itu sudah jadi identitasnya. Mengagumkan bagaimana gayanya itu sangat berpengaruh terhadap dunia fashion," kata Kevin Alexander, perancang rambut untuk para pemain 'Game of Thrones'. (hst/hst)