Waktu yang Tepat Mencuci Wajah di Malam Hari, Jangan Tunggu Jelang Tidur

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 18 Mar 2019 09:38 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Tak hanya produk cleanser wajah yang cocok atau komitmen dalam pembersihan wajah setiap malamnya, namun ada hal lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan awet muda. Yakni soal waktu dalam mencuci wajah setiap malamnya.

Alih-alih menunggu membersihkan wajah menjelang tidur, ternyata akan lebih baik membersihkannya lebih awal. Seberapa awal yang disarankan dalam membersihkan wajah?



Dalam penelitian dari Pusat Regulasi Genomik, waktu pembersihan wajah yang baik di malam hari adalah dimulai dari waktu matahari terbenam. Hal tersebut berdasarkan ritme sirkadian atau jam internal. Sama seperti tubuh, kulit juga memiliki jam sirkadiannya.

Kulit secara natural memperbaiki ketika menjelang malam hari. Artinya saat tubuh sudah mulai butuh istirahat, maka sel-sel bekerja lebih keras lagi untuk memproduksi sel baru dan menggantikan yang lama.



Sehingga membersihkan kulit lebih awal membuat jam internal kulit jadi lebih selaras. Hasilnya, akan menjaga kulit dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan.

Manfaat lainnya ketika jam internal kulit selaras, maka produk serum yang digunakan pun akan bekerja maksimal. Hal tersebut karena kulit tidak sibuk mempertahankan diri dari sinar UV dan polusi. Zat aktif pada serum seperti retinol pun akan lebih mudah menyerap. (kik/kik)