Wajib Tahu, 2 Faktor Utama Kerontokan Rambut dan Cara Mengatasinya

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 05 Mar 2019 15:31 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Rambut rontok menjadi salah satu masalah kecantikan klasik yang pernah dialami hampir semua orang. Meski begitu, cara mengatasinya belum tentu mudah. Penyebab kerontokan rambut pada setiap orang pun belum tentu sama. Namun ditemukan dua faktor utama yang membuat helaian rambut terus berjatuhan. Apa saja?

Menurut dokter rambut yang rontok setiap hari adalah hal yang wajar tapi tak seharusnya tidak lebih dari 50-100 helai. Jika lebih, sebaiknya Anda mulai mencurigai penyebab dan mencari solusinya sebelum terlambat. dr. Alberta Claudia Undarsa pun mengungkap dua faktor utama yang biasa mengalami kerontokan rambut yakni batang rambut yang rapuh atau dari akarnya.


"Penelitian mengatakan 75% kerontokan terjadi dari akarnya. Termasuk kalau stres atau kurang nutrusi itu karena akarnya. Tapi kalau yang disebabkan, seperti bleaching, pewarnaan, itu dari batang. Mayoritas orang mengalami kerontokan dari akar tapi kalau dari batangnya biasanya karena dicatok berkali-kali," ungkap Alberta di acara Dove Zona Kuat, Food Society, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa, (5/3/2019).

Selain akar dan batang yang kurang sehat, pada wanita penyebab kerontokan rambut kadang lebih rumit. Jatuhnya helaian rambut bisa juga disebabkan karena hormon dan makanan saat diet. Karena itu, penting untuk mengetahui sebab pasti kerontokan dan memperbaiki masalah dari akarnya. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan memilih sampo yang tepat dan bisa memperkuat rambut dari akar.

"Cara mengatasi rambut tidak bisa instan. Perlu ketelatenan. Jangan takut mencuci rambut. Ada orang yang takut mencuci rambut karena dianggap membuat rambut lebih rontok. Tapi sebenarnya itu hanya karena kelihatan saja," tutur Alberta.

Untuk membantu wanita mengatasi kerontokan rambut, Dove pun merilis varian sampo Dove Total Hair Fall Treatment. Sampo tersebut hadir dengan kandungan Dynazinc dan minyak grape seed yang dikatakan dapat menutrisi dan menguatkan rambut dari akar hingga ke ujung. Selain itu, Dove juga menghadirkan program 'Dove Zona Kuat' di Food Society, Kota Kasablanka untuk mengedukasi para wanita mengenai kampanye #KuatDariAkarnya melalui berbagai aktivitas. Tak hanya terkait rambut, adapun coaching dan workhop mengenai wanita.

Wajib Tahu, 2 Faktor Utama Kerontokan Rambut dan Cara Mengatasinya
(ami/ami)