Kamis, 09/08/2018 09:38 WIB

Jangan Terlalu Lama Basah-basahan usai Keramas, Ini Dampaknya bagi Rambut

Hestianingsih - wolipop
Jangan Terlalu Lama Basah-basahan usai Keramas, Ini Dampaknya bagi Rambut Foto: Thinkstock
Jakarta - Jangan biarkan rambut dalam keadaan basah terlalu lama setelah keramas. Kebiasaan tak langsung mengeringkan rambut bisa berakibat rambut mudah patah dan bercabang.

Berbeda dengan kepercayaan zaman dulu, di mana wanita dianjurkan membiarkan rambut kering dengan sendirinya agar tidak rusak, mengeringkan rambut dengan segera setelah keramas justru lebih baik dalam memelihara rambut. Kondisi rambut akan lebih rentan rusak jika Anda keramas di malam hari dan tidur dengan rambut yang masih basah.

Dijelaskan Dr Tim Moore dari Smart Devices, dalam keadaan basah, rambut jadi 'membengkak' oleh air. Yang artinya, air akan memberi tekanan pada kutikula rambut sehingga menyebabkan rapuh dan bercabang pada ujungnya.
Ilustrasi wanita keramas. Foto: Thinkstock

"Rambut terbentuk dari korteks, area yang membentuk rambut dan kutikula di sekitarnya, seperti sebuah akar," kata Dr Tim, seperti dikutip dari Daily Mail.

Saat basah, rambut jadi kehilangan kekuatannya. Jadi bisa dibilang, rambut yang basah jadi dua kali lebih rapuh ketimbang rambut kering.

Baca Juga: Bahan Dapur yang Dipakai Gigi Hadid Merawat Rambut agar Halus Berkilau

Selain itu ketika kita keramas, pelindung alami kulit kepala dan batang rambut seperti minyak dan protein juga tercuci oleh sampo. Artinya rambut jadi lebih rentan rusak, seperti mudah rontok dan bercabang.

Dr Tim menyarankan agar Anda mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk kering. Kemudian gunakan hairdryer dengan tingkat kepanasan paling rendah. Setelah setengah kering, baru keringkan rambut menggunakan temperatur seperti biasanya.
Ilustrasi wanita keramas. Foto: Thinkstock

Anda bisa menggunakan serum atau minyak rambut ketika mengeringkan dengan hairdryer agar tetap lembap, ternutrisi dan sehat.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut untuk Wanita Bekerja yang Berhijab

Hindari menyisir rambut ketika masih basah, terlebih lagi yang berbentuk sikat. Sisir bisa membuat rambut basah yang sudah rapuh jadi bertambah rusak. Jika ingin benar-benar disisir, gunakan sisir bergigi jarang.



Tonton juga video: 'Trik Singkat Atasi Uban yang Membandel'





(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177