Orang Indonesia Bisa Habiskan Hingga Rp 1/2 Miliar untuk Operasi Ganti Kelamin

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 04 Mei 2018 15:21 WIB
Potret Transgender Indonesia. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Thailand menjadi destinasi bagi mereka yang ingin melakukan operasi ganti kelamin. Termasuk orang Indonesia. Berapa biayanya?

Yanhee Hospital atau Rumah Sakit Yanhee di Khwaeng Bang Ao, Khet Bang Phlat, Thailand, termasuk salah satu tempat populer untuk melakukan tindakan ganti kelamin. Rumah sakit ini memiliki dokter berpengalaman yang bisa melakukan operasi ganti kelamin dari pria menjadi wanita ataupun wanita menjadi pria.

Wolipop berkesempatan mendatangi Rumah Sakit Yanhee atau Yanhee Hospital di Thailand yang memang populer sebagai tempat operasi ganti kelamin. Direktur Marketing Internasional Rumah Sakit Yanhee Ismael Naypa pun menjelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan pasien operasi ganti kelamin.

Orang Indonesia Bisa Rogoh Rp 500 Jutaan Buat Operasi Ganti KelaminFoto: Eny Kartikawati/Wolipop


Baca Juga: Ketika Orang Indonesia Operasi Ganti Kelamin di Thailand

Pastinya biaya yang harus disiapkan pasien tidaklah sedikit. Menurut dr. Ismael Naypa rumitnya operasi dan banyaknya tindakan yang harus dilakukan membuat operasi ganti kelamin ini tidak murah.

Meskipun biayanya tidak murah, operasi ganti kelamin ini cukup diminati Thailand. Bahkan negara tersebut menjadi destinasi utama untuk urusan prosedur ganti gender, termasuk orang Indonesia.

"Selama tiga tahun saya bekerja di sini, sudah 10 orang Indonesia melakukan operasi ganti kelamin di sini," ujar International Staff Yanhee Hospital, Suhree Toasi, saat ditemui Wolipop di rumah sakit tempatnya bekerja, Kamis (3/5/2018). "Tujuh orang operasi dari pria menjadi wanita, tiga orang dari wanita menjadi pria," ucapnya lagi.

Berapakah biayanya? Untuk operasi ganti kelamin pria menjadi wanita, ada dua biaya utama yang harus disiapkan pasien. Pertama untuk operasi pemotongan penis biayanya mulai dari 295 ribu Bath termasuk biaya rawat inap selama 12 malam. Kedua untuk operasi colon vaginoplasty biayanya mencapai 400 ribu Bath termasuk biaya rawat inap 12 malam.

Selain biaya untuk dua operasi tersebut, pasien juga harus menyiapkan biaya untuk berbagai tindakan lainnya seperti operasi payudara seharga 120 ribu sampai 130 ribu Bath, operasi penghilangan jakun seharga 38 ribu Bath hingga operasi hidung seharga 30 ribu sampai 50 ribu Bath.

Orang Indonesia Bisa Rogoh Rp 500 Jutaan Buat Operasi Ganti KelaminFoto: Eny Kartikawati/Wolipop


Baca Juga: Ini Deretan Langkah Operasi Ganti Kelamin Pria Menjadi Wanita

Sedangkan untuk operasi ganti kelamin dari wanita menjadi pria, biaya utama yang harus dikeluarkan lebih banyak lagi daftarnya. Berikut beberapa rinciannya:

- Operasi mastektomi (pengangkatan payudara seharga 95 ribu sampai 110 ribu Bath untuk dua malam rawat inap.
- Operasi Laparoscopically Assisted Vaginal Hysterectomy seharga 120 ribu Bath dengan rawat inap dua malam.
- Natural Orifice Trans Endoscopic Surgery Hysterectomy seharga 135 ribu Bath.
- Vaginectomy + Urethral Lengthening seharga 140 ribu Bath dengan rawat inap selama tujuh malam.
- Vaginectomy after Laparoscopically Assisted Vaginal Hysterectomy seharga 170 ribu Bath termasuk rawat inap tujuh malam.
- Urethral Prefabrication (Pembuatan penis palsu yang diambil dari daging lengan) seharga 70 ribu Bath.
- Total Phalloplasty (operasi pemasangan penis palsu) seharga 300 ribu Bath termasuk biaya rawat inap selama 14 malam.
- Coronoplasty seharga 70 ribu Bath.
- Penile Prosthesis (belum termasuk biaya implan) seharga 96 ribu Bath dengan biaya rawat inap selama lima malam.
- Scrotal Prosthesis (belum termasuk biaya implan) seharga 80 ribu Bath.

Total biaya yang dikeluarkan untuk operasi ganti kelamin wanita menjadi pria ini bisa mencapai lebih dari Rp 500 juta. Sedangkan operasi kelamin pria menjadi wanita biayanya antara Rp 250 sampai 300 juta. (eny/ami)