Jumat, 04/05/2018 08:51 WIB

Laporan dari Bangkok

Ketika Orang Indonesia Operasi Ganti Kelamin di Thailand

Eny Kartikawati - wolipop
Ketika Orang Indonesia Operasi Ganti Kelamin di Thailand Ilustrasi operasi ganti kelamin (Foto: Thinkstock)
Bangkok - Operasi ganti kelamin menjadi pembahasan yang marak di Indonesia beberapa waktu lalu karena menyeret nama seorang penyanyi dangdut. Sang penyanyi tak mau mengakui dirinya melakukan prosedur tersebut, sementara berbagai pihak yang mengaku mengenalnya meyakini pedangdut tersebut telah mengubah kelaminnya dari pria menjadi wanita seutuhnya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau prosedur ganti kelamin ini sangat populer di Thailand. Laporan situs lokal Thailand, The Nation menyebutkan seorang dokter bedah plastik populer di sebuah rumah sakit di negeri tersebut bisa melakukan 180 kali operasi penggantian kelamin dalam setahun.

Baca Juga: Menyesal Ganti Kelamin, Transgender 75 Tahun Ini Ingin Kembali Jadi Pria


Ketika Orang Indonesia Operasi Ganti Kelamin di ThailandDirektur Marketing Internasional Rumah Sakit Yanhee Ismael Naypa. (Foto: Eny Kartikawati/Wolipop)

Salah satu tempat operasi ganti kelamin populer di Thailand adalah Rumah Sakit Yanhee atau Yanhee Hospital. Rumah sakit yang berdiri sejak 1984 ini berada di kawasan Khwaeng Bang Ao, Khet Bang Phlat, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Bangkok jika ditempuh dengan mobil.

Dokter Greenchart Pornsinsirirak adalah dokter paling populer di Yanhee Hospital untuk urusan prosedur ganti kelamin. Sepanjang kariernya, dia telah mengubah ribuan pria menjadi wanita. Dan saat ini untuk bisa ditangani oleh dr. Greenchart tidaklah mudah.

"Bisa menunggu (waiting list) satu sampai dua bulan," ujar International Staff Yanhee Hospital, Suhree Toasi, saat ditemui Wolipop di rumah sakit tempatnya bekerja, Kamis (3/5/2018). Wolipop mendatangi rumah sakit ini bersama Direktur Tourism Authority of Thailand Busakorn Prommanot.


anatomi organ tubuh dalam operasi ganti kelamin. anatomi organ tubuh dalam operasi ganti kelamin. (Foto: Eny Kartikawati/Wolipop)
Suhree menambahkan hanya ada dua dokter yang bisa melakukan operasi penggantian kelamin di Yanhee Hospital. Selain dr. Greenchart, dr. Sukit Worathamrong juga populer di rumah sakit tersebut.

Suhree sendiri bekerja sebagai staff khusus di bagian internasional di rumah sakit yang dikenal sebagai pusat kecantikan dan kesehatan ini. Dia khususnya menangani pasien internasional asal Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pria 28 tahun asli Thailand ini piawai berbahasa Melayu dan Indonesia.

Bekerja selama tiga tahun di Yanhee Hospital, Suhree sudah banyak menemani pasien asal Indonesia yang ingin menjalani berbagai tindakan medis, khususnya bedah plastik. Dia pun sudah banyak menemani orang Indonesia yang ingin operasi ganti kelamin.

"Selama tiga tahun saya bekerja di sini, sudah 10 orang Indonesia melakukan operasi ganti kelamin di sini," ujarnya. "Tujuh orang operasi dari pria menjadi wanita, tiga orang dari wanita menjadi pria," ucapnya lagi.


Baca Juga: Kalahkan Finalis Indonesia, Transgender Ini Jadi yang Tercantik di Dunia

Potret transgender di Bangkok.Potret transgender di Bangkok. (Foto: Getty Images)
Direktur Marketing Internasional Rumah Sakit Yanhee Ismael Naypa juga mengungkapkan hal yang saat ditemui Wolipop dan tim Tourism Authority of Thailand. Menurutnya semakin banyak orang Indonesia datang ke rumah sakitnya untuk melakukan operasi ganti kelamin. Namun memang bukan operasi tersebut yang populer di kalangan orang Indonesia saat datang ke rumah sakit internasional ini.

"Operasi payudara dan hidung paling banyak dilakukan oleh orang Indonesia yang datang ke sini," kata Ismael.

Bagaimana tindakan operasi ganti kelamin ini dilakukan? Dan berapa biaya yang harus dikeluarkan pasien? Simak terus Wolipop untuk membaca liputan khusus fenomena operasi ganti kelamin.
(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com