Ini Tato Tertua Di dunia yang Ditemukan di Mumi Berusia 5.000 Tahun

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 06 Mar 2018 07:10 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Di era milennial tato semakin menjadi tren. Tato menjadi lambang kreativitas atau sebuah tanda yang bermakna. Seni tato tubuh ternyata sudah ada dari lima ribu tahun lalu.

Tato tertua di dunia ditemukan pada bagian tubuh mumi di Mesir. Seperti dikutip dari Dazed, peneliti di Museum British menemukannya tato pada mumi yang usianya sekitar 5.000 tahun.

Tato zaman dulu terlihat kuno dan tidak artsy seperti saat ini. Tato tersebut menyerupai angka 5 atau huruf S bukan garisan atau pola-pola lain. Tato dari mumi tersebut bisa terdeteksi lewat mesin khusus.

Ini Tato Tertua Di dunia yang Ditemukan di Mumi Berusia 5.000 Tahun Foto: Dok. British Museum
Tato tertua di dunia ini membuktikan bahwa orang zaman dulu juga sudah menggunakan tato. Tato zaman dulu bisa juga sebagai penentu status sosial seseorang.

Penemuan tato tertua lainnya ditemukan di mumi Afrika yang usianya 1.000 tahun. Tato tersebut berilustrasi banteng dan domba Afrika.

Menurut arkeolog, tato tersebut menjadi sebuah tanda kegagahan dan kesuburan pria. Pada zaman dulu, tato dengan ilustrasi binatang merepresentasikan kesuburan dan kekuatan pria.
(kik/ami)