Penyebab Kulit Jadi Gelap Setelah Liburan di Pantai Seperti Raisa

Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Des 2017 13:47 WIB
Foto: Hanif Hawari/detikHOT Foto: Hanif Hawari/detikHOT

Jakarta - Pulang liburan dari Raja Ampat, perubahan terjadi pada warna kulit Raisa. Penyanyi berparas manis itu baru-baru ini tampil dengan kulit tan atau kecokelatan.

Raisa pun mengakui kalau kulitnya memang menggelap lewat Instagramnya. Kulit tan Raisa didapat setelah lebih kurang satu minggu berada di Raja Ampat, Papua, untuk diving bersama sang suami Hamish Daud.

"After an amazing week out at sea, we (me and my tan) are super excited & energized to be back on stage for Ayat Ayat Cinta in Concert," tulis Raisa pada caption foto Instagram yang diposting Kamis (21/12/2017).

Penyebab Kulit Jadi Gelap Setelah Liburan di Pantai Seperti RaisaFoto: Instagram/raisa6690

Sudah jadi hal biasa jika kulit seseorang menggelap setelah terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama sehabis liburan di pantai, tak terkecuali Raisa. Berbeda dengan Indonesia, di mana kulit yang menggelap setelah liburan di pantai dianggap kusam, wanita-wanita berkulit putih Eropa maupun Amerika justru ingin kulitnya lebih cokelat karena dinilai lebih sehat.

Faktanya, kita memang tidak bisa mencegah kulit jadi gelap akibat sinar matahari. Bahkan setelah memakai dan mengoleskan ulang krim tabir surya.
Penyebab Kulit Jadi Gelap Setelah Liburan di Pantai Seperti RaisaFoto: Instagram/raisa6690

"Meskipun kamu sudah pakai SPF 30 atau lebih tinggi dari itu dan mengoleskannya berulang kali, kulit kamu akan tetap menggelap," jelas Doris Day, M.D., seorang dermatologist berbasis di New York, seperti dikutip dari Cosmopolitan.

Doris kembali menjelaskan bahwa tabir surya bukanlah formula yang anti tembus. Artinya, sinar matahari tetap akan tembus ke dalam kulit, memicu kulit memproduksi melanin sehingga warnanya jadi lebih gelap.

"Tapi mengoleskan ulang sunblock tetap penting karena kamu perlu melindungi kulitmu dari efek merusak yang bisa terjadi pada tubuh karena sinar matahari," kata Doris.
Penyebab Kulit Jadi Gelap Setelah Liburan di Pantai Seperti RaisaFoto: Instagram/raisa6690

Kulit yang menggelap adalah reaksi tubuh untuk melindungi dirinya sendiri dari paparan sinar matahari yang merusak. Tubuh biasanya akan membentuk melanin demi melindungi lapisan dalam kulit dari kerusakan.

Seperti dikutip dari American Academy of Dermatology, ketika kulit menjadi rusak akibat sinar matahari, tubuh akan memproduksi lebih banyak melanin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Makin banyak produksi melanin, maka makin gelap warna kulit.

Soal anggapan kalau kulit yang jadi tan setelah berjemur di bawah sinar matahari akan memberi rona sehat kecokelatan, ternyata menurut dokter itu hal yang keliru.
Penyebab Kulit Jadi Gelap Setelah Liburan di Pantai Seperti RaisaFoto: Instagram/raisa6690

"Tubuh tidak menciptakan tan (melanin) untuk kamu menjadi cantik, tidak ada keuntungan dari situ. Malahan, penggelapan kulit merupakan respon dari mutasi yang terjadi pada DNA kita," terang Aleksandar Sekulic, M.D., dermatologist dari Mayo Clinic, seperti dikutip dari Self.

Dengan kata lain, kulit yang menggelap berarti sudah rusak sampai tingkat sel. Tapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Setelah terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sebaiknya tenangkan kulit dengan mengoleskan gel atau losion mengandung lidah buaya. Berpanas-panasan sebaiknya dihindari dulu untuk memberi waktu bagi kulit agar regenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri.

Jika terus menerus terpapar sinar matahari dalam waktu lama tanpa perlindungan yang baik, kulit bisa mengelupas serta timbul flel-flek cokelat. Bukan tidak mungkin, kulit jadi gelap secara permanen.
(hst/hst)