5 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut Wanita Berhijab

Yulistara - wolipop Jumat, 08 Jul 2016 16:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Wanita berhijab memiliki masalah rambut rontok dan berketombe. Hal tersebut karena rambut selalu tertutup seharian dan tidak terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, diimbau kepada para hijabers muda untuk selalu menjaga kesehatan rambut dengan tidak malas keramas. Kini banyak pula brand yang merilis sampo khusus untuk wanita berjilbab dengan kandungan alami di dalamnya.

Selain keramas, wanita berhijab juga bisa melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami yang dapat menyehatkan serta mempercantik mahkota Anda. Bahan-bahan apa yang dimaksud? Berikut lima bahan alami untuk perawatan rambut wanita berhijab.

1. Daun Urang Aring
Daun urang aring dikenal bagus untuk kesehatan rambut. Tidak hanya membuat rambut sehat tapi juga cantik alami. Daun urang aring memiliki khasiat untuk membuat rambut hitam alami dan berkilau. Tak hanya itu, manfaat lainnya juga bisa menyuburkan rambut sehingga cocok untuk hijabers yang bermasalah dengan kerontokan. Tidak heran bila banyak brand sampo yang memasukkan kandungan ini di dalamnya.

Penata rambut ternama Rudy Hadisuwarno juga mengakui kalau daun urang aring sangat baik untuk kesuburan rambut. Bahkan ia mengklaim bahwa sebelum masuk kondisioner atau krim lainnya, minyak tersebut yang sering digunakan untuk perawatan rambut.

"Waktu itu belum dikenal conditioner baru ada shampoo. Akhirnya saya cari formula untuk perawatan rambut yang bisa seperti minyak (urang-aring)," ujar Rudy saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu.

2. Lidah Buaya
Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya atau aloe vera sangat berkhasiat bagi kecantikan, terutama kulit dan rambut. Buktinya banyak produk perawatan rambut yang terbuat dari formula lidah buaya. Kandungan vitamin C dan E pada lidah buaya baik untuk memelihara rambut yang rusak.

3. Cabe Rawit
Cabe rawit diketahui memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk sehingga dapat merawat batang dan akar 'mahkota' Anda agar lebih sehat. Nutrisi di dalamnya juga dipercaya menyuburkan dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Cara memakainya tidak hanya cabai mentah tapi campur dengan minyak zaitun untuk menjadi masker lalu oleskan ke rambut Anda. Pijat selama kurang lebih 10 menit lalu bilas. Anda akan merasakan efek dingin dan menyegarkan setelah dibilas dengan air.

4. Daun Mangkokan
Masih ingat daun mangkokan yang sering dipakai anak-anak untuk main masak-masakan? Daun tersebut juga punya khasiat yang bagus untuk rambut, Daun mangkok diklaim bisa mengatasi masalah kerontokan. Maka dari itu, bahan alami ini cocok untuk perawatan rambut wanita berhijab. Cara melakukan perawatan dengan daun mangkokan dengan mengambil empat hingga lima daun lalu cuci hingga bersih. Kemudian gabungkan dengan minyak zaitun dan diamkan sebentar. Setelah itu peras daun mangkokan dan oleskan minyaknya ke rambut Anda.

5. Daun Mint
Daun mint bagus untuk perawatan rambut. Selain memberikan sensasi rasa dingin yang menyegarkan ketika dipakai untuk bahan perawatan rambut alami, ekstrak daun mint juga dapat membersihkan kulit kepala. Daun mint menjadi salah satu bahan yang ampuh mengatasi ketombe yang sering dialami wanita berhijab karena masalah rambut berminyak. (ays/ami)