ADVERTISEMENT

Pesan untuk Wanita: Cantik Bukan Hanya Dilihat dari Berat Badan

Intan Kemala Sari - wolipop Kamis, 03 Sep 2015 18:39 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Saat mendengar kata 'cantik', kebanyakan orang akan mendefinisikannya dengan bentuk tubuh ramping, kulit putih mulus, tinggi semampai, dan memiliki rambut panjang. Namun ternyata banyak orang yang masih belum memahami bahwa kata-kata cantik tidak hanya berlaku bagi pemilik tubuh langsing, tetapi juga wanita bertubuh besar.

Seperti yang dikutip dari situs Genius Beauty, selain tatanan rambut dan gaya berpakaian, salah satu ketakutan terbesar wanita adalah pada bobot tubuhnya. Berat badan menjadi faktor utama yang membuat wanita tidak percaya diri dan malu untuk mengekspresikan dirinya.

Hal inilah yang membuat wanita bertubuh besar merasa 'dirugikan' karena tidak masuk ke dalam kriteria 'cantik' tersebut. Terlebih lagi jika para wanita itu dihadapkan dengan rasa tidak nyaman akan tubuhnya sendiri karena seringkali mendapatkan bullying oleh orang-orang di sekelilingnya.

Dijelaskan oleh Ririe Bogar, pendiri Komunitas Xtra-Large Indonesia, banyak wanita bertubuh besar yang di-bully sehingga mereka jadi tidak percaya diri karena sering ditatap dengan pandangan yang aneh. Terkadang, mereka juga mengalami penolakan di tempat kerja dan bahkan tidak ada pria yang mendekatinya karena ukuran tubuhnya yang besar.

"Hal seperti itu tentunya sangat menyebalkan karena semua orang hanya menilai dan mengukur segala sesuatunya dari ukuran fisiknya saja, padahal tidak semuanya seperti itu," ujar Ririe di acara peluncuran bukunya yang berjudul Cantik Itu Ejaannya Bukan K.U.R.U.S di Kinokuniya Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, (3/9/2015).

Buku karangannya itu sengaja diluncurkan untuk meyakini wanita, khususnya yang bertubuh besar, bahwa 'cantik' itu tidak selamanya diukur dari bentuk fisiknya, tetapi tergantung dari tingkat percaya diri kita. Ia merasa, banyak wanita yang rela diet mati-matian dengan cara apapun hanya karena ingin dibilang cantik, bahkan semua metode pelangsingan sudah dicobanya dengan harapan dirinya berhasil untuk menurunkan berat badan agar semakin cantik.

"Coba pikirkanlah lagi, tidak selamanya wanita cantik dan kurus itu bahagia. Bahagia itu datang karena rasa nyaman di dalam tubuh kita sendiri dan bagaimana kita menyikapi hidup," lanjut wanita 40 tahun itu.

Melalui buku ini pula, Ririe mengajak para wanita berubah untuk mencintai dirinya sendiri. "Cintai diri Anda seperti Anda mencintai orang lain. Ingat, cantik itu bukan hanya dilihat dari berapa angka pada timbangan Anda, tetapi sikap yang ditunjang dengan rasa percaya diri," tutupnya.

(itn/eny)