ADVERTISEMENT

5 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan

- wolipop Senin, 30 Mei 2011 17:33 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Minyak jojoba dikenal karena manfaatnya. Minyak alami ini baik digunakan untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan reaksi alergi dan iritasi kulit.

Minyak jojoba merupakan kumpulan lilin cair yang dihasilkan dari biji pohon Jojoba. Minyak ini tidak berbau sehingga sering dijadikan salah satu bahan produk kecantikan. Berikut adalah 5 cara yang baik untuk menggunakan minyak jojoba untuk kecantikan harian Anda, seperti dikutip dari become gorgeous:

1. Pelembab wajah
Minyak jojoba sudah dikenal sebagai pelembab alami karena menyerap sangat cepat ke dalam kulit. Sehingga membuat kulit menjadi lembut dan lembab. Jika Anda memiliki kulit berminyak, tidak perlu khawatir dengan timbulnya jerawat. Minyak jojoba dapat menyeimbangkan produksi kelenjar minyak pada kulit sehingga menghambat timbulnya jerawat. Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak jojoba pada body lotion untuk memaksimalkan efek kelembabannya.

2. Pembersih make up
Manfaat lain dari minyak jojoba adalah untuk menghilangkan riasan pada wajah dan mata. Celupkan bola kapas ke dalam minyak jojoba dan bersihkan wajah dari maskara, eye shadow, atau lipstik. Minyak jojoba ringan dan lembut sehingga sangat baik untuk membersihkan wajah. Selain dapat menghapus semua noda make-up dari permukaan kulit, minyak jojoba juga membuat bulu mata Anda lebih kuat dan sehat. Setelah menghapus make up Anda, gunakan tisu basah untuk menghapus semua kelebihan minyak dari wajah.

3. Pelembab bibir
Jika bibir Anda sering kering dan terkelupas, minyak jojoba dapat melembabkannya. Oleskan sedikit minyak jojoba pada bibir kering dengan teratur. Minyak Jojoba bekerja dengan sangat baik sebagai pengganti lip balm. Tidak hanya melembabkan, minyak ini juga dapat membuat bibir terlihat lebih berisi dan lembut.

4. Merawat kutikula
Anda memiliki kulit di sekitar kuku yang terkelupas? Kutikula kering adalah masalah yang sangat umum. Gosokkan beberapa tetes minyak jojoba pada kutikula setiap hari, untuk menjaganya tetap lembut, lembab dan sehat.

5. Perawatan rambut
Minyak jojoba bisa digunakan sebagai produk perawatan rambut kering dan kasar. Tambahkan beberapa tetes minyak jojoba pada kondisioner rambut Anda dan oleaskan pada rambut, kemudian bilas. Hasilnya rambut akan sehat, mengkilap dan kuat.

Minyak Jojoba juga dapat mencegah dan mengobati kerontokan. Gosokkan sedikit minyak ke telapak tangan dan oleskan langsung pada ujung rambut lembab Anda sebelum dikeringkan. Dengan cara ini, kelembutan dan kesehatan rambut akan tetap terjaga. Mengoles sedikit minyak jojoba ke ujung rambut akan berhasil memperbaiki dan melawan rambut keriting dan kusam, sehingga lembut dan berkilau.

(eny/kik)