ADVERTISEMENT

Cowok Red Flag, Arti dan Tanda-tandanya

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 17 Jan 2023 19:30 WIB
Ilustrasi Dewasa dalam Hubungan Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Red flag seringkali digunakan dalam istilah di hubungan asmara. Tidak jarang di media sosial ada bahasan tentang cowok red flag. Apa arti cowok red flag dan ketahui tanda-tandanya.

Red flag adalah pola hubungan yang tidak sehat yang bisanya tidak langsung disadari. Melupakan tanggal ulang tahun? Iya itu mengganggu, tapi sebuah red flag biasanya tidak disadari langsung oleh 'korban' red flag. Red flag biasanya sulit untuk diidentifikasi.

Red Flag secara harfiah diartikan sebagai bendera merah. Hal tersebut menjadi simbol dari bahaya dan kamu harus berhenti. Sama seperti hubungan red flag, di mana seharunya kamu bisa berhenti dari asmara tersebut.

Seperti dikutip dari Self, menurut terapi pasangan Folashade Adekunle hal yang paling awal mengidentifikasi pasangan red flag adalah lebih memperhatikan firasat kamu ketika perilaku tertentu muncul dari pasangan dan membuat kamu bertanya-tanya sendiri.

Ilustrasi pria jatuh cinta.Ilustrasi Foto: Shutterstock

Folashade mengatakan agar kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah perilaku ini membuat aku merasa tidak aman, tidak diperhatikan, atau menganggap buruk tentang diriku sendiri? Jika jawaban untuk salah satu dari pertanyaan itu adalah ya, Anda berada di wilayah red flag.

Psikoterapis dan terapis seks Dulcinea Pitagora setuju bahwa red flag dalam hubungan biasanya sudah muncul di awal lewat firasat. Dulcine mengatakan bahwa jangan langsung menyalahkan diri sendiri dan membenarkan sikap pasangan.

"Jika kamu merasakan ada sesuatu yang salah, itu cukup untuk mengetahui bahwa ada hal yang tidak benar dan butuh untuk diperbaiki," ungkap Dulcinea.

Ini 5 tanda cowok red flag yang harus kamu ketahui:

1. Hubungan Terlalu Cepat dan Terburu-buru

Ketika pria terlalu cepat bilang cinta dan sayang padahal baru bertemu beberapa kali harus diwaspadai. Ini menjadi tanda red flag yang harus diwaspadai di stage awal hubungan. Menurut Folashade, jika calon kekasih mengatakan dia tidak bisa hidup tanpamu, mengisolasi atau mencoba memanipulasimu ini menjadi tanda yang harus kamu perhatikan untuk melanjutkan hubungan ke tahap pacaran.

2. Dia Menceritakan Keburukan Mantan Pacarnya

Beberapa hubungan memang berakhir dengan buruk dan pahit, namun jika si dia menceritakan semua mantannya adalah orang yang buruk, jangan terlalu percaya dengan ceritanya tersebut. Itu menjadi tanda bahwa dirinya lah yang bermasalah.

3. Ekpresi Kemarahannya Berlebihan

Marah menjadi sikap yang normal. Namun, jika pasanganmu cepat sekali marah dan memberikan ekspresi yang berlebihan maka itu sudah menjadi tanda bahaya di hubungan. Pakar hubungan Folashade memperingatkan bahwa sikapnya tersebut bisa bertambah menjadi lebih buruk di masa depan.

Mid adult woman sitting home alone, worried.Ilustrasi Foto: Getty Images/valentinrussanov

4. Merendahkanmu, Meski dengan Cara Bercanda

"Cuma bercanda, gitu aja baper." Itu termasuk penghinaan dan bentuk sarkasme meski dibalut dengan humor. Menurut psikoterapis Dulcinea merendahkan pasangan tanpa konsensual adalah red flag. Bercanda yang sampai merendahkan dan membuat kamu merasa buruk dengan dirimu sendiri lebih baik hubungannya tidak dilanjutkan.

5. Perilaku Gaslighting

Gaslighting adalah mereka yang memanipulasi emosional dengan memelintir fakta sehingga kamu mempertanyakan persepsimu. Gaslighting juga ditandai dengan orang yang suka menyalahkan orang lain. Gaslighting tidak selalu perilaku atau kata-kata kasar, namun bisa juga lewat kata-kata manis namun menyalahkan, dan 'menjual' kerentanannya.

Misalnya ketika kamu tidak bisa bertemu dengannya, maka dia akan ngambek dengan mengatakan bahwa dia sangat membutuhkanmu, namun kamu tidak memberikan perhatian yang dia butuhkan. Cara-cara manipulasi seperti itu masuk ke dalam red flag karena membuatmu bersalah, padahal sikapnya telah melewati batas.



Simak Video "Miss Universe Internasional Beri Lisensi ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)