ADVERTISEMENT

Viral Wanita Batal Nikah H-3, Awalnya Bikin Nyesek Ternyata Plot Twist

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 30 Nov 2022 16:06 WIB
Unggahan viral di media sosial, wanita ini menceritakan 3 hari sebelum menikah calon suaminya menikah dengan wanita lain. Unggahan viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @kayeeesss_ & @hokcay22.
Purwakarta -

Wanita ini mendadak jadi sorotan warganet karena mengaku tiga hari sebelum pernikahan mendapat kabar bahwa calon suaminya menikah dengan wanita lain. Ia mengaku batal nikah H-3 dan memilih membakar undangan pernikahannya.

Kisah wanita yang mengaku batal menikah di saat sudah mendekati hari-H pernikahan itu viral setelah diunggah lewat akun TikTok @kayeeesss_. Melalui unggahannya, wanita tersebut diketahui bernama Yessy. Ia memperlihatkan persiapan pernikahan yang sudah lengkap, mulai dari foto buku nikah hingga menyebarkan undangan pernikahan.

"Foto buku nikah, fitting baju, prewedding, belanjaan buat hari H, siapin seragam bridesmaid, persiapan undangan teman-teman dekat. Orang-orang kantor aku dan teman-teman kantor orang tua," tulis akun TikTok @kayeeesss_.

Unggahan viral di media sosial, wanita ini menceritakan 3 hari sebelum menikah calon suaminya menikah dengan wanita lain.Unggahan viral di media sosial, wanita ini menceritakan 3 hari sebelum menikah calon suaminya menikah dengan wanita lain. Foto: Dok. TikTok @kayeeesss_.

Yessy menuturkan hari pernikahan yang sudah ada di depan mata terpaksa batal. Dia menyebutkan calon suaminya tiga hari sebelum pernikahan menikah dengan wanita lain.

"14 hari sebelum menikah ke ke makam kakek berdua pamit dan izin. Seminggu sebelum pernikahan teman-teman bikin bridal shower. 3 hari sebelum pernikahan dapat kabar kalau dia nikah sama perempuan lain yang sudah disiapin orang tuanya. Langsung urus berkas pembatalan pernikahan," kata Yessy.

"Undangan yang disebar nama aku, undangan yang disebar foto aku, tapi begitu hari H pengantinnya bukan aku. Sebaik-baiknya rencana manusia Allah punya kehendak yang lebih baik," tulisnya lagi.

Dalam keterangan video, Yessy berusaha tegar dan menerima kenyataan. "Berbahagialah, agar hancurku tak sia-sia. Terimakasih november. 2021 datang membawa bahagia, 2022 pergi membekaskan luk," tulis Yessy.

@kayeeesss_

Berbahagialah, agar hancurku tak sia sia. Terimakasih november. 2021 dtg membawa bahagia, 2022 pergi membekaskan luka.

♬ suara asli - πŸ§šπŸ»β€β™€οΈπŸ§šπŸ» - πŸ§šπŸ»β€β™€οΈπŸ’”

Wolipop sudah menghubungi Yessy melalui TikTok, namun belum mendapatkan balasan. Unggahan Yessy sudah ditonton lebih dari 9,2 juta Views dan diserbu komentar netizen. Warganet ada yang menanggapi unggahan Yessy dan membandingkan klarifikasi dari calon suami Yessy.

"Buka akun cowok nya dah ryandono dia pesta tapi ga nikah krna semua udh dibayar jadi tetep ada pesta😁," ucap akun TikTok @PrinsShop.

"Di FYP cowok, beda jauh ceritanyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚," ngakak akun @Sayf Maalik.

"Mahar bisa berupa barang atau jasa yang memiliki nilai manfaat bagi calon istri. Akan tetapi, mahar disesuaikan dengan kesanggupan calon suami," saran akun @cacamarisa heiΒ².

"Mau pesan buat mbaπŸ™ Gak salah mba minta mahar, akan tetapi, mba juga sebaiknya paham sebaik-baik mahar adalah yg paling mudahπŸ˜‡πŸ™," ucap akun @Rashla.

"@RYAN DONO semoga dipertemukan dengan yang lebih baik kak dan hajat yang sudah di selenggarakan jadi amal sodakoh. Semangat kak," ujar akun @nothing spesial.

"Semangat kak semoga mahar selanjutnya dikasih tank dan sertifikat gaden, itupun kalau masih ada yang mau😁," timpal akun @Rienz Butik.

Pria ini memberikan klarifikasi viral di media sosial, calon istrinya meminta mahar mewah.Pria ini memberikan klarifikasi viral di media sosial, calon istrinya meminta mahar mewah. Foto: Dok. TikTok @hokcay22.


Klarifikasi Pria yang Disebut Batalkan Pernikahan 3 Hari Sebelum Hari-H

Berdasarkan penelusuran Wolipop, pria yang disebut sebagai calon suami Yessy bernama Ryan Dono. Pria tersebut membagikan video klarifikasi lewat akun TikTok @hokcay22. Ryan membantah dirinya menikah lagi dengan wanita lain tiga hari sebelum pernikahan. Ia mengatakan justru Yessy yang membatalkan pernikahan.

"Jadi kesimpulannya yang membatalkan nikah itu bukan pihak dari laki-laki, yang membatalkan pernikahan itu dari pihak perempuan. Kalau mau nikah sama aku harus ada sertifikat rumah. Kalau tidak ada sertifikat rumah, lebih baik kita batal nikah," tulis Ryan dalam unggahannya. Wolipop sudah berusaha menghubungi Ryan, namun belum mendapat balasan.

Ia menjelaskan lebih memilih mundur karena pada saat menjelang pernikahan, Yessy tiba-tiba berubah pikiran terkait mahar. Wanita itu meminta sertifikat rumah.

Ryan mengungkapkan dalam unggahannya, pada akhirnya dia dan keluarganya tetap menggelar acara pernikahan meskipun dirinya tidak menikah. Sebab undangan sudah terlanjur disebar dan semua persiapan sudah lengkap.

Ryan memperlihatkan tenda dengan dekorasi warna emas yang sudah terpasang di lokasi yang seharusnya menjadi tempat pernikahannya yaitu Gedung Desa Cibodas, Kecamatan Bungsursari, Purwakarta.

"Daripada orang tua aku ngebatin nantinya, aku lebih baik memilih orang tua aku. Saksinya juga ada kok ada bu Lurah, bu dusun dan bu dewan dan masih banyak lagi. Kesimpulannya seperti itu," kata Ryan yang berusaha tegar.

"Aku nggak menikah sama dia, mudah-mudahan dia mendapatkan jodoh yang lebih baik, ini ada saksinya dari pihak KUA, ngeri aku yang bohong. Ini ada saksinya Pak Erik dari KUA," kata Ryan.

Ryan kemudian merekam ibunya sedang berdiskusi dengan pihak KUA. "Siapa bilang nikah sama orang lain, ini saya orang tua Ryan. Justru saya dipermalukan segala macam sudah saya siapkan," sebut ibu Ryan yang emosi.

"Pihak perempuan yang membatalkan nikah yang minta mahar rumah," kata salah satu saudara Ryan.

Ryan kemudian duduk di pelaminan dan terpukul. "Sedih banget Ya Allah mungkin ini jalan terbaik buat kita," tulis Ryan.

Ia juga menjawab pertanyaan warganet tentang mahar pernikahan. Ryan mengaku sebelumnya dia dan Yessy sepakat uang tunai sebagai mahar pernikahan

"Jauh-jauh dari dua bulan ke belakang, nggak papa uang Rp 226.222 untuk mahar. Kenapa pas mau hari H malah mau mahar itu (mahar rumah). Yaudah mama Ryan juga mau kasih rumah pribadi untuk mahar. Tapi aku gak mau, karena dari awal biaya pernikahan semua dari mama. Mama malah mau kasih sertifikat rumah. Lebih baik batal nikah daripada mama ngebatin, karena rumah itu hasil jernih payah mama sendiri," kata Ryan.

Pria ini memberikan klarifikasi viral di media sosial, calon istrinya meminta mahar mewah.Pria ini memberikan klarifikasi viral di media sosial, calon istrinya meminta mahar mewah. Foto: Dok. TikTok @hokcay22.

Biaya Pernikahan dari Pihak Calon Suami

Salah satu warganet ada yang memberikan saran agar Ryan memminta uang ganti rugi persiapan pernikahan. Ryan kemudian membalas jika semua persiapan pernikahan biayanya sudah ia tanggung.

"Semua dari pihak laki-laki mulai dari undangan hingga resepsi semua dari pihak laki-laki. Saya tidak minta dari pihak perempuan dari bikin undangan, foto sampai nikah pun pihak perempuan saya tidak saya minta, enggak sama sekali saya minta uang," tutur Ryan panjang lebar.

Warganet rata-rata ikut emosi usai mendengarkan klarifikasi dari pihak calon suami. Mereka menyebut klarifikasi ini bagaikan plot twist karena sebelumnya ikut sedih saat melihat unggahan Yessy yang mengaku batal nikah H-3 hingga membakar undangan pernikahannya.

"Pantesan si cewek keliatannya gak merasa gimana-mana. Ternyata semua biaya dari si cowok. Karena kalau dari pihak cewek ikut bantu gak akan semudah itu batalin pernikahan," kesal akun @love22.

"Ya Allah kak semoga rezekinya diganti dengan yang berlipat yah, semoga juga ketemu jodohnya yang lebih baik, yang sayang ke kakak dan keluarga," saut akun @Mominda.

"Sabaar ya..insha Allah..smua tergantikan LUNAS dbayar...percaya deh," kata akun @Eno IGun.

"Kalau di tempat aku hajatannya mah di kedua belah pihak juga enggak papa, tergantung kemauan masing-masing," ujar akun @Octha sobirin πŸƒ.

Ketika hari H pernikahan, Ryan menuturkan tetap menggelar acara pernikahan karena semua persiapan sudah terlanjur sudah siap. Ryan tetap mengenakan busana pengantin dan didampingi oleh ibunya di atas pelaminan.

"Semoga mendapatkan yang lebih baik lagi, Allah sudah memberikan teguran, segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak dari Yang Kuasa, tetap semangat ya Aa," kata ibu Ryan.

Ryan kemudian mengucapkan terima kasih kepada Warganet yang memberikan dukungan dan ucapan untuk Ryan agar segera bangkit. Ia juga menegaskan kembali tentang biaya pernikahan.

"Terima kasih teman-teman di TikTok yang sudah menghibur, Ryan baik-baik saja Alhamdulillah. Ya undangannya itu aku yang bikin padahal, foto prewedding juga aku yang bayar, mama aku yang bayar, fotografer, wedding organizer karena saya tidak mau membebankan mertua," pungkas Ryan.

(gaf/eny)