ADVERTISEMENT

5 Ciri Pria Sudah Matang dan Dewasa Secara Emosional, Pahami Tandanya!

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Selasa, 20 Sep 2022 17:33 WIB
CMK Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki usia matang, kini saatnya kamu harus lebih serius lagi. Termasuk dalam mencari sosok pasangan yang tepat.

Jangan hanya mengandalkan perasaan cinta saja, tapi kamu juga mempertimbangkan hal lain, seperti tingkat kedewasaan si dia. Apalagi bagi perempuan yang tengah mempertimbangkan untuk melangkah ke jenjang lebih serius, tentunya kedewasaan pria yang akan menjadi calon pasangannya seumur hidup bakal menjadi perhatian.

Untuk itu, para ladies harus mampu memahami tanda-tanda pria yang sudah dewasa secara emosional sebelum menentukan pilihan pasangan seumur hidup. Melansir laman Psychology Today dan Marriage, ini dia karakteristik pria sudah matang dan dewasa secara emosional. Apa saja?

1. Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas

Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang akan memikirkan ke mana arah tujuan hidupnya. Hal ini juga yang bisa dilihat dalam sosok pria dewasa. Pria yang telah dewasa secara emosional biasanya sudah memikirkan secara matang tentang masa depan.

Selain itu, dia juga sudah memiliki tujuan hidup yang pasti dan tahu persis bagaimana cara mencapai tujuannya tersebut. Jadi, bukan hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang saja.

2. Bisa Mengelola Emosi dengan Baik

Percaya atau tidak, kedewasaan seorang pria bisa terlihat dari bagaimana dia mengatur emosinya. Pria yang matang secara emosional tidak akan mudah bereaksi dan mengeluarkan amarah. Apalagi sampai melontarkan ucapan kasar dan menyakiti pasangan.

Sebaliknya, mereka cenderung mampu bersikap tenang dan sebisa mungkin mengatasi permasalahan dengan kepala dingin. Sebab dia tidak ingin menuruti emosi sesaat, yang membuat hubungan kamu dan dirinya menjadi bermasalah.

3. Mau Meminta Maaf Ketika Salah

Berani mengakui kesalahan merupakan salah satu cara bersikap dewasa dengan pasangan. Jika si dia melakukannya, maka itu menunjukkan kedewasaannya secara emosional. Pasangan yang dewasa tidak akan segan menurunkan ego dan gengsi untuk meminta maaf. Mereka juga berani mengakui duluan apabila pernah berlaku salah.

Selain itu, mereka juga akan mencoba introspeksi diri dan mau memperbaiki apa yang tidak baik. Baginya yang terpenting, bagaimana hubungan tersebut dapat membawa masing-masing menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Melindungi Tanpa Terkesan Posesif

CMK Foto: Shutterstock

Bersikap posesif bukan gambaran pasangan yang dewasa. Hanya karena kalian adalah pasangan, bukan berarti si dia berhak membatasi berlebihan. Bagaimanapun kamu tetap butuh ruang sendiri.

Sebaliknya, jika pasangan sudah matang secara emosional, dia akan tetap melindungi dan menjagamu dengan baik. Tentunya tanpa perlu bersikap posesif berlebihan, yang ujung-ujungnya malah membuat hubungan menjadi toxic.

5. Berani Mengekspresikan Perasaan

Sikap dewasa dalam hubungan juga tercermin dari pola komunikasi antara kamu dan pasangan. Pria yang masih kekanakan biasanya cenderung memendam perasaan, sehingga membuat kamu sebagai pasangannya menjadi bingung. Lain halnya dengan pria yang telah berpikiran matang. Mereka akan menjelaskan perasaannya secara gamblang. Ia juga tidak ragu untuk mengungkapkan hal-hal yang disuka, dan yang tidak disuka.

Hal ini tak hanya berlaku untuk para ladies saja, ya. Kaum adam juga dapat menjadikan pola komunikasi yang terbuka sebagai ciri untuk mengukur tingkat kedewasaan dalam hubungan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengekspresikan apapun yang sedang dirasa. Kamu bisa menyampaikannya secara langsung; melalui kata-kata, maupun melalui ide hadiah berbeda.

Jika kamu sedang mencari inspirasi hadiah untuk dia yang tersayang, perhiasan dari The Palace menjadi opsi tepat. Pas banget, karena belum lama ini The Palace mengeluarkan exclusive diamond jewellery bersama Samuel Wattimena yang dinamai 'Nusantara'. Melengkapi produk-produk karya anak bangsa dari The Palace, koleksi perhiasan ini terbagi dalam tiga seri: Nusa, Anta, dan Tara, yang terdiri dari liontin berlian dan anting berlian berkualitas.

CMKBangle Seri 'Nusa' dari Koleksi Nusantara (dok. The Palace)

Tidak hanya hadir dengan taburan berlian saja, koleksi 'Nusantara' juga hadir dalam mutiara. Seluruhnya merepresentasikan perhiasan dari daerah Barat (Nusa), Tengah (Anta), dan Timur (Tara). Adapun desain seri Nusa memiliki arti rangkaian kepulauan. Untuk seri ini, Samuel memilih siluet pending hasil dari pembauran antara pedagang Tiongkok dan masyarakat di Sumatera.

Di samping desain ready to wear, pada saat bersamaan koleksi 'Nusantara' juga hadir dalam desain 'Masterpiece' yang berkelas, dan cocok untuk menyempurnakan tampilan di acara-acara besar. Necklace Tara salah satunya, yang menggunakan 18k plain gold.

CMKFoto: Necklace Tara dari Koleksi 'Nusantara' (dok. The Palace Jeweler)

Secara umum, inspirasi seri Tara datang dari perhiasan daerah Maluku Tenggara dan Timor, yang memiliki arti perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan juga prestasi hidup sejati. Tampilan mewahnya tergambarkan lewat perpaduan pilihan emas dan berlian.

Di samping itu, The Palace juga masih memiliki berbagai pilihan perhiasan berlian #Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin, di antaranya seri Kasmaran dan koleksi Moela.

Ingin tahu koleksi perhiasan berlian lainnya? Kamu bisa langsung kunjungi gerai-gerai The Palace terdekat dari lokasimu. Atau bisa juga dengan cek laman resmi The Palace Jeweler. Serta follow akun media sosial Instagram @thepalace_id, serta TikTok @thepalacejeweler.

(akn/ega)