ADVERTISEMENT

5 Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan, Kunci Hubungan Awet!

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Rabu, 14 Sep 2022 19:03 WIB
Hubungan Pria dan Wanita Ketahui cara bersikap dewasa dengan pasangan dalam hubungan asmara (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Memahami cara bersikap dewasa dengan pasangan penting dalam sebuah hubungan asmara. Kedewasaan dibutuhkan agar hubungan bisa berjalan awet dan langgeng.

Sikap dewasa dalam hubungan tersebut yang akan membuat kamu dan dia lebih mengerti satu sama lain, sehingga dapat membangun hubungan yang lebih sehat.

Untuk memahami kedewasaan dalam hubungan, berikut ini penjelasannya.

Definisi Hubungan Dewasa, Seperti Apa Sih?

Setiap pasangan pasti mendambakan sebuah hubungan yang dewasa. Namun, kamu harus tahu terlebih dulu, definisi hubungan dewasa yang sesungguhnya.

Berdasarkan laman Marriage, hubungan yang dewasa memiliki pengertian yang cukup luas. Bersikap dewasa dalam hubungan bisa diartikan sebagai komitmen untuk mencintai pasangan tanpa syarat, tak peduli sesulit apapun rintangan yang dihadapi.

Di sisi lain, definisi hubungan dewasa juga bisa terlihat saat kamu dan pasangan memberikan kesempatan dan ruang untuk sama-sama tumbuh.

Kedewasaan dan Kualitas Hubungan

Kedewasaan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan pada pasangan. Mengutip The National Healthy Marriage Resource Center, sikap dewasa juga berdampak pada cara komunikasi. Semakin dewasa kamu dan pasangan, maka kalian bisa saling terbuka satu sama lain, dan mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan lebih efektif.

Sebaliknya, jika kamu belum mengerti cara bersikap dewasa dengan pasangan, justru bisa memicu kandasnya hubungan dengan cepat. Duh!

Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan

Untuk memupuk sikap dewasa tidaklah mudah. Namun, ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk bersikap lebih dewasa dalam menjalani hubungan cinta. Yuk, simak ulasannya berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memahami Ketidaksempurnaan Pasangan

Tidak ada orang yang sempurna, karena masing-masing dari kita memiliki kelemahan. Begitupun dengan kamu dan si dia. Oleh sebab itu, mulailah belajar menjadi dewasa dalam hubungan, dengan menerima ketidaksempurnaan yang ada dalam diri pasangan. Daripada hanya sekadar mengeluh saja. Dengan begitu, kalian bisa lebih fokus pada hal-hal positif untuk membuat hubungan semakin lebih baik ke depannya.

2. Percaya dan Menghormati Pasangan

Definisi hubungan dewasa yaitu hubungan yang berlandaskan pada sikap percaya dan saling menghormati. Dua hal tersebut yang menunjukkan tingkat kedewasaan dalam hubungan antara kamu dan dia.

Selain itu sikap menghormati juga menjadi kunci dari hubungan yang sehat. Meski saat ada perilaku yang tidak disukai dari pasangan, usahakan untuk menyampaikan pendapatmu dengan tetap menghormatinya, tanpa melukai egonya.

3. Tak Ragu Mengakui Kesalahan

Hubungan Pria dan WanitaBersikap dewasa dalam hubungan dengan tak ragu mengakui kesalahan (Foto: Shutterstock)

Cara bersikap dewasa dengan pasangan lainnya, yaitu berani mengakui kesalahan, lalu berlapang dada untuk meminta maaf duluan. Meminta maaf tidak akan menurunkan nilai dirimu di depan pasangan, kok. Sebaliknya, dengan berani mengakui kesalahan justru menunjukkan kebesaran hatimu. Si dia juga akan luluh, karena artinya kamu lebih memprioritaskan kelangsungan hubungan dibandingkan ego sesaat.

4. Setop Overthinking Berlebihan!

Kamu perlu ingat, overthinking tidak baik untuk kelangsungan hubungan asmara. Sebab, overthinking yang berlebihan bisa membunuh kesenangan, bahkan bisa menjadi cikal bakal kandasnya hubungan kamu dan dia.

Jika ada satu atau dua hal yang membuatmu curiga, tahan dirimu dulu. Jangan langsung ambil kesimpulan sendiri. Sebaiknya, mulailah belajar cara bersikap dewasa dengan pasangan dan berpikir positif. Bila perlu, tanyakan dan minta penjelasan dari pasangan.

5. Menerapkan Pola Komunikasi yang Baik

Jika ingin memiliki hubungan yang sehat, maka perbaiki pola komunikasi. Hal inilah yang perlu diperhatikan untuk belajar menjadi dewasa dalam hubungan. Sebuah hubungan yang dewasa biasanya memiliki pola komunikasi yang baik. Kamu dan pasangan tidak ragu untuk terbuka.

Selain itu, kalian juga berani menyampaikan keluh kesah, serta hal-hal lain yang dirasa. Termasuk juga menyatakan perasaan cinta ke pasangan, baik secara langsung melalui kata-kata, maupun lewat pemberian ide hadiah unik untuk si dia.

Untuk segala isi hatimu, kamu bisa #NyatakandenganFranknco. Frank & Co. menghadirkan berbagai koleksi perhiasan berlian asli dengan desain timeless dan ikonik. Mulai dari liontin berlian berkualitas, anting berlian, hingga cincin yang bisa dijadikan hadiah menarik untuk pasangan.

Frank & co.'s TinyTAN Special Collection misalnya yang stoknya sempat habis, namun sekarang kembali tersedia di gerai Frank & co. Koleksi perhiasan berlian istimewa ini terdiri dari 28 perhiasan, mulai dari kalung emas, gelang emas, kalung berlian, hingga gelang berlian kekinian.Tentunya dengan 7 model BTS character TinyTAN, yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, Jung Kook. Pas banget diberikan untuk si dia yang sedang terkena demam budaya pop Korea.

Hubungan Pria dan WanitaFoto: TinyTAN Special Collection (dok. Frank & co.)

Selain itu juga ada berbagai rekomendasi cincin kawin, dan model cincin tunangan untuk melengkapi momen sakral dalam hubungan percintaan kamu dan si dia. Salah satu yang bisa jadi rekomendasi, yaitu koleksi Frank Fire yang terdiri dari 26 desain perhiasan berlian cantik, yang sarat dengan makna dan cerita, untuk menambah keistimewaan momen berharga seperti lamaran pernikahan.

Hubungan Pria dan WanitaFoto: Koleksi Frank Fire (dok. Frank & co.)

Nah kali ini, Frank & co. mengeluarkan video campaign terbaru, yakni "Nyatakan dengan Frank & co." untuk mengajak masyarakat merayakan setiap momen spesial dengan orang yang berharga dalam hidup, dengan perhiasan berlian. Sebab berlian menjadi perhiasan yang tepat untuk dihadirkan dalam momen once in a lifetime, sekaligus sebagai simbol ungkapan perasaan cinta.

Video campaign terbaru bisa ditonton di YouTube Frank & co. Video berdurasi 60 detik ini mengisahkan 6 perjalanan hidup dari individu yang berbeda beda, dalam momen hidup dan stages of life yang berbeda pula. Mulai dari momen melamar kekasih, kisah kasih remaja, ungkapan cinta anak untuk sang ibu, dan lainnya.

Atau, inspirasi hadiah lain yang bisa diberikan yakni koleksi 'Nusantara' dari The Palace. New jewellery collection ini merupakan kolaborasi spesial bersama Samuel Wattimena, yang terbagi dalam tiga seri: Nusa, Anta, dan Tara, yang terdiri dari anting dan kalung berlian, hingga cincin serta bangle yang bertabur mutiara.

Hubungan Pria dan WanitaFoto: Seri Tara dari Koleksi 'Nusantara' ( dok. The Palace Jeweler)

Desain ketiganya merepresentasikan perhiasan dari daerah Barat (Nusa), Tengah (Anta), dan Timur (Tara). Koleksi in bukan sekadar mereplika yang sudah ada, namun mengambil siluet besar dari masing-masing perhiasan, kemudian direkonstruksi dengan desain serta motif baru dengan tambahan emas dan berlian.

Selain itu, The Palace juga masih memiliki berbagai pilihan berlian #Therlengkap, #Therjamin, dan #Therjangkau. Kamu bisa langsung kunjungi gerai-gerai The Palace terdekat, serta update informasi terkini dari The Palace melalui website, Instagram, serta TikTok @thepalacejeweler.



Simak Video "Komunikasi Terbuka Demi Hindari Hubungan Toxic"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)