ADVERTISEMENT

Punya Tingkat Kedewasaan Berbeda dengan Pasangan? Siasati dengan Ini

Erika Dyah - wolipop Minggu, 18 Sep 2022 17:13 WIB
Ilustrasi Dewasa dalam Hubungan Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Rentang perbedaan usia bukan penghalang bagi dua insan yang sedang dimabuk asmara. Namun, menjalin hubungan dengan seseorang yang terpaut usia cukup jauh tentu memiliki konsekuensi tertentu yang harus disiasati.

Dalam sebuah hubungan, perbedaan usia dapat memicu perbedaan apalagi jika kamu dan pasangan memiliki tingkat kedewasaan yang berbeda. Nah, biar hubungan 'adem ayem' saja, mari siasati perbedaan tingkat kedewasaan dalam sebuah hubungan dengan beberapa cara yang dilansir dari mindbodygreen berikut ini.

1. Kenali Perbedaan Tingkat Kedewasaan Secara Objektif

Ketika kamu memiliki pasangan yang terpaut usia cukup jauh, perbedaan kedewasaan sangat mungkin ditemui. Untuk itu, penting sekali mengenali perbedaan tingkat kedewasaan untuk mengetahui cara bersikap dewasa dengan pasangan yang baik.

Ketika menemui perbedaan usia yang cukup jauh, tak jarang pasangan yang lebih tua merasa memiliki hak untuk 'mengatur' yang lebih muda. Di sisi lain, yang lebih muda bisa jadi merasa inferior saat berhadapan dengan pasangannya.

Dalam beberapa kasus, perbedaan tingkat kedewasaan ini tak hanya memengaruhi interaksi antar pasangan saja, tapi juga bisa memengaruhi relasi dengan orang lain. Bahkan, berpengaruh pada pekerjaan dan kehidupan rumah tangga. Dengan membicarakannya secara terbuka bersama pasangan dan mengenali perbedaannya, kamu bisa mencari solusi untuk dapat menyiasati masalah yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, kamu juga bisa menentukan keputusan harus maju atau mundur menjalani hubungan ini.

2. Cari Cara untuk Tumbuh Bersama

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk terus bersama meski memiliki tingkat kedewasaan yang berbeda, kini kamu perlu cari cara untuk bisa tumbuh bersama pasangan. Kamu bisa menciptakan keseimbangan di dalam hubungan dengan saling mengerti dan memahami, salah satunya dengan menghindari 'ngambek' yang tak perlu.

Untuk tumbuh bersama, kamu bisa mencari cara melalui sharing dengan orang terdekat atau membaca buku-buku self-help. Kamu pun bisa meluangkan waktu untuk membicarakan perbedaan ini dengan pasangan. Siapa tahu, dengan fokus pada tujuan untuk tumbuh bersama kamu bisa merasa lebih cocok dan saling memahami meski terpaut usia yang jauh.

3. Tahu Kapan Harus Mencari Pertolongan

Ilustrasi Dewasa dalam HubunganFoto: Dok. Shutterstock

Perjalanan mencari cara bersikap dewasa dengan pasangan tak mungkin selamanya mulus. Oleh karena itu, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mencari pertolongan jika segala cara yang kamu dan pasangan tempuh tidak bekerja.

Saat merasa terjebak dengan masalah kedewasaan yang ditimbulkan oleh perbedaan usia ini, kamu bisa cari dukungan dari ahli seperti psikoterapis atau relationship mentor yang tersertifikasi. Biasanya, ahli akan memberi perspektif bijak dan segar untuk bantu kamu dan pasangan menyiasati perbedaan dalam hubungan.

Misalnya, menyarankan pasangan untuk lebih memahami satu sama lain lewat hobi atau barang yang disuka. Atau mengungkapkan rasa cinta dengan lebih unik, seperti memberi bunga atau kado perhiasan.

Untuk kamu yang ingin memberikan perhiasan pada pasangan, kamu bisa pilih koleksi 'Nusantara' dari The Palace. New jewellery collection ini merupakan kolaborasi spesial bersama Samuel Wattimena yang terinspirasi dari keberagaman budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Perhiasan 'Nusantara' terbagi dalam tiga seri, yakni Nusa, Anta, dan Tara yang terdiri dari beragam jenis perhiasan berlian wanita, seperti anting dan kalung berlian. Selain itu, ada juga cincin serta bangle bertabur mutiara.

Dalam seri Nusa yang berarti rangkaian kepulauan, Samuel memilih Pending berbentuk oval yang diwarisi masyarakat peranakan. Hasil dari pembauran antara pedagang China dan masyarakat di Sumatera. Sedangkan di seri Anta, Semuel terinspirasi dari perhiasan Indonesia bagian tengah tepatnya dari tiga perhiasan antik khas masyarakat NTT. Adapun dalam seri Tara yang mewakili perhiasan Indonesia bagian Timur, The Palace terinspirasi dari perhiasan daerah Maluku Tenggara dan Timor yang memiliki arti perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan juga prestasi hidup sejati.

Ilustrasi Dewasa dalam HubunganEarrings dari Seri Tara (Foto: dok. The Palace)

Desain ketiga seri ini merepresentasikan perhiasan dari daerah Barat (Nusa), Tengah (Anta), dan Timur (Tara). Koleksi ini tak sekadar mereplika yang sudah ada, namun mengambil siluet besar dari masing-masing perhiasan yang kemudian direkonstruksi dengan desain serta motif baru dengan tambahan emas dan berlian.

Melalui koleksi Nusantara, The Palace berupaya memperkenalkan budaya Indonesia dalam bentuk perhiasan yang bisa digunakan dalam sehari-hari (dengan desain ready-to-wear). Namun koleksi ini juga tersedia dalam desain Masterpiece yang cocok digunakan di berbagai acara besar. Desainnya pun tidak hanya bertabur berlian. Namun juga hadir sentuhan mutiara yang bisa mempercantik penampilanmu di berbagai kesempatan.

Ilustrasi Dewasa dalam HubunganNecklace seri Nusa (Foto: dok. The Palace)

Tak hanya itu saja, The Palace juga masih memiliki berbagai pilihan perhiasan berlian terjangkau lain, yang pastinya #Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin. Kamu bisa langsung kunjungi gerai-gerai #ThePalaceJeweler terdekat, serta update informasi terkini dari seputar produk #NationalJeweler dari The Palace melalui website resmi, akun TikTok, atau Instagram.



Simak Video "Komunikasi Terbuka Demi Hindari Hubungan Toxic"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/eny)