ADVERTISEMENT

Meski Usia Sama, Ini Alasan Wanita Lebih Cepat Dewasa Dibanding Pria

Yudistira Perdana Imandiar - wolipop Jumat, 16 Sep 2022 18:35 WIB
Ilustrasi Pasangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Boys will be boys, ungkapan tersebut sering terlontar untuk mengomentari sikap para pria. Ya, memang ada kecenderungan semapan apapun para pria, mereka cenderung punya sikap kekanak-kanakan.

Anak laki-laki memang lebih lambat memasuki masa puber ketimbang anak gadis. Maka, bukan hal yang mengherankan jika pria lebih lambat dewasa. Menariknya, ada penelitian menyebutkan bahwa pria baru menjadi dewasa sepenuhnya saat berusia 43 tahun, sedangkan wanita saat berumur 32 tahun.

Artinya, ada jarak sekitar 11 tahun antara pria dan wanita dalam hal kedewasaan. Kesimpulan ini diperoleh dari jajak pendapat yang dilakukan Nickelodeon UK. Survei tersebut juga menemukan bahwa 8 dari 10 wanita mengaku, kekasih prianya tak pernah berhenti bersikap kekanakan.

Survei juga menemukan wanita memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar merasa dirinya dewasa daripada kekasihnya. Dilansir Counsel and Heal, sebanyak 1 dari 4 wanita merasa dirinya lah yang banyak membuat keputusan penting dalam hubungan.

Sifat kekanak-kanakan tak selamanya lucu. Sebanyak 3 dari 10 wanita mengakhiri hubungan asmaranya lantaran hilang kesabaran dengan pasangan yang tak juga bersikap dewasa. Hampir separuh wanita dalam survei mengaku sedang berada dalam hubungan di mana mereka merasa menjadi pengasuh bagi pasangannya.

Bahkan, survei juga menemukan bahwa responden wanita rata-rata memberitahu pasangannya untuk bertindak sesuai usianya lebih dari sekali dalam sebulan dan setidaknya 14 kali dalam setahun. Tapi mau tak mau harus diakui, terkadang sikap kekanak-kanakan memiliki sisi positifnya sendiri.

Ditelisik dari kacamata sains, seperti dikutip dari sebuah studi terbitan jurnal neuroscience Oxford University, saat lahir pria dan wanita memiliki jumlah serat otak yang hampir sama. Serat-serat ini menciptakan jaringan yang membantu untuk belajar dan berkembang.

Seiring bertambahnya usia, otak menemukan cara yang lebih cepat untuk mengkomunikasikan pesan dari satu wilayah ke wilayah lain. Ketika jumlah serat menjadi efisien, mereka menyampaikan informasi yang lebih terfokus langsung ke wilayah otak yang perlu mereka targetkan.

Proses tersebut cenderung terjadi lebih awal pada wanita daripada pria, dan dapat menjelaskan mengapa secara kognitif, wanita cenderung berada di depan kurva dalam hal kedewasaan. Otak perempuan lebih jauh dalam proses reorganisasi dan, setidaknya selama beberapa tahun, mungkin bekerja lebih efisien daripada otak laki-laki.

Meski begitu, bukan berarti pria tak bisa berusaha bersikap dewasa dengan pasangan. Apalagi untuk membahagiakan orang terkasihnya. Pria dapat berlaku dewasa dengan belajar lebih memahami, dan memberikan support kepada pasangan. Dukungan tersebut bisa berupa kalimat afirmasi yang memberikan semangat, atau bisa juga melalui pemberian hadiah istimewa.

Ilustrasi PasanganSeri 'Nusa' dari Koleksi Nusantara. Foto: Dok. The Palace.

Jika kamu mencari ide hadiah berbeda, maka koleksi 'Nusantara', yang merupakan kolaborasi The Palace bersama Samuel Wattimena, menjadi pilihan yang tepat. Koleksi perhiasan ini terbagi dalam tiga seri: Nusa, Anta, dan Tara, yang terdiri dari anting berlian dan kalung berlian cantik.

Ilustrasi PasanganSeri 'Tara' dari Koleksi Nusantara. Foto: Dok. The Palace

Tidak hanya hadir dengan taburan berlian, koleksi 'Nusantara' juga menghadirkan koleksi mutiara. Seluruhnya merepresentasikan perhiasan dari daerah Barat (Nusa), Tengah (Anta), dan Timur (Tara). Desainnya ready to wear, tapi di saat bersamaan juga hadir dalam desain masterpiece yang berkelas, sehingga dapat menyempurnakan tampilan di acara-acara besar.

Selain Nusantara, The Palace juga masih memiliki berbagai pilihan perhiasan berlian Therlengkap, Therjamin, dan Therjangkau, di antaranya koleksi Moela dan seri Kasmaran. Ingin tahu koleksi perhiasan berlian lainnya? Kamu bisa langsung cek laman resmi The Palace Jeweler serta follow akun media sosial Instagram @thepalace_id, dan TikTok @thepalacejeweler, atau kunjungi gerai The Palace terdekat.



Simak Video "Komunikasi Terbuka Demi Hindari Hubungan Toxic"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)