ADVERTISEMENT

Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama, Beneran Ada? Ini Ulasan Ilmiahnya

Erika Dyah - wolipop Sabtu, 23 Jul 2022 13:59 WIB
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perjalanan cinta seseorang sering kali menjadi sebuah misteri. Apalagi bagi mereka yang mengaku merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, apakah jatuh cinta pada pandangan pertama merupakan suatu hal yang nyata?

Hal ini ternyata menjadi perhatian bagi para peneliti sejak lama, sehingga fenomena love at first sight turut dibahas secara ilmiah. Sebuah penelitian di Belanda yang dilakukan oleh Zsoks, Haucke, De Wit & Barelds pada 2017, meneliti hampir 400 pria dan wanita untuk mengisi survei tentang calon pasangan romantis, segera setelah pertama kali mereka saling bertemu.

Hasilnya, ditemukan beberapa hal menarik dari survei mengenai cinta pada pandangan pertama ini. Mau tahu hasilnya? Simak beberapa ulasan yang dilansir dari Psychology Today berikut ini.

1. Cinta Pandangan Pertama Bukan Hanya Ingatan Bias

Zsoks dan rekannya mempelajari bahwa mereka benar-benar melaporkan mengalami cinta pada pandangan pertama saat mereka bertemu seseorang. Ketertarikan awal yang kuat ini menurutnya bisa berkembang menjadi sebuah hubungan. Ada argumen yang mengatakan cinta pada pandangan pertama muncul dari ingatan bias, yang menciptakan ilusi untuk saling jatuh cinta. Namun, temuan Zsoks dan kawan-kawan mengatakan hal tersebut tidak terjadi pada semua kasus cinta pada pandangan pertama.

2. Cenderung Dirasakan pada Pandangan Pertama ke Orang Menarik

Dalam penelitian ini, orang asing lebih mungkin melaporkan mengalami cinta pada pandangan pertama dengan orang lain yang menarik secara fisik. Baik itu tampak cantik, ganteng, atau menawan, dari kacamata masing-masing.

3. Pria Lebih Banyak Melaporkan Cinta pada Pandangan Pertama

Berdasarkan hasil survei, pria diketahui lebih banyak yang merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama, dibandingkan wanita. Baik pria yang jatuh cinta diam-diam, maupun mereka yang secara berani menyampaikan perasaannya. Para peneliti merasa hal ini perlu diteliti lebih lanjut, sebab mereka belum menemukan alasan mengapa laki-laki lebih banyak merasa demikian.

4. Biasanya Tidak Bersifat Resiprokal

Laporan para partisipan tentang cinta pada pandangan pertama menunjukkan hasil yang biasanya merupakan fenomena sepihak, sehingga tidak bersifat resiprokal. Hal ini menunjukkan, cinta pada pandangan pertama yang terjadi bersamaan, bukanlah suatu hal yang umum.

5. Dinilai Bukan Cinta yang Nyata

Jenis kualitas yang dikenal mencerminkan cinta, seperti keintiman, komitmen, atau gairah; tidak terlalu kuat pada saat-saat pertama ketika orang mengaku mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Sebab, kualitas ini akan berbeda bentuknya dengan mereka yang menjalani hubungan pendekatan serta pengenalan terlebih dahulu dengan calon pasangan. Hal ini pun membuat cinta pada pandangan pertama seringkali dinilai bukan sebagai cinta yang nyata.

Berdasarkan 5 ulasan temuan di atas, para peneliti menyimpulkan cinta pada pandangan pertama yang dialami orang-orang bukanlah sebuah cinta maupun gairah. Namun sebatas daya tarik atau ketertarikan kuat yang membuat seseorang sangat terbuka terhadap kemungkinan suatu hubungan.

Meski demikian, hal ini bukanlah sebuah fenomena yang mustahil terjadi, karena kamu pun bisa melihatnya sendiri pada orang-orang di sekitar. Atau mungkin kamu mengalaminya sendiri. Cobalah kenali dirimu lebih dalam mulai dari bahasa tubuh, apakah termasuk dalam kategori bahasa tubuh pria yang sedang jatuh cinta diam-diam, jatuh cinta pada pandangan pertama, atau sedang dimabuk cinta?

Bagaimanapun perasaan cintamu dimulai, baik pada pandangan pertama maupun tidak, tentunya rasa perasaan cinta ini tetap harus diutarakan agar tersampaikan pada si dia. Nggak perlu bingung, kamu bisa menyampaikan rasa cinta melalui hadiah sederhana tapi penuh makna yang sesuai dengan kegemaran pasangan. Misalnya, jika gebetanmu seorang penyuka K-Pop, kamu bisa coba #NyatakanTinyTANdenganFranknco, yakni memberikan Frank & co.'s TinyTAN Special Collection sebagai kado.

Kalung Emas, Frank & co.'s TinyTAN Special Collection Foto: Foto: dok. Kalung Emas, Frank & co.'s TinyTAN Special Collection

Menilik animo masyarakat yang tinggi terhadap budaya pop Korea, Frank & co. meluncurkan koleksi perhiasan model terbaru yang memiliki 28 perhiasan; dengan pilihan kalung emas, gelang emas, kalung berlian, hingga gelang berlian kekinian dengan model BTS character TinyTAN, yakni: RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, Jung Kook. Melalui edisi spesial ini, Frank & co. menambahkan varian perhiasan berkualitas yang cocok untuk segala momen dan segala usia, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menyatakan isi hati dengan #Franknco.

Frank & co. menilai TinyTAN memiliki value yang sama dengan pihaknya. Apalagi, BIGHIT MUSIC, label afiliasi dari HYBE, membuat TinyTAN karena ingin membuat banyak hal yang beyond imagination. Sama seperti Frank & co. yang juga membuat produk new jewellery collection dengan kualitas yang beyond imagination.

Koleksi perhiasan istimewa ini menggunakan kombinasi paper clip chain dan cable chain, perpaduan chain (rantai) yang hanya akan ditemukan di Frank & co.'s TinyTAN Special Collection. Selain itu, detail perhiasan digrafir dengan mesin CNC sehingga menghasilkan grafir yang precise.

Adapun perhiasan emas dalam koleksi ini menggunakan mirror finish yang dapat memberikan pantulan emas sangat mengilap. Dengan hadiah spesial ini, kamu bisa sampaikan perasaan cinta untuk mewujudkan hubungan yang sukses dari jatuh cinta pada pandangan pertama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Frank & co.'s TinyTAN Special Collection dan perhiasan model terbaru Frank & co. lainnya, kamu bisa follow akun Instagram @franknco_id atau akses website Frank & co.

(akn/ega)