ADVERTISEMENT

45 Kata-kata Maaf untuk Orang Terkasih, Pacar, Orangtua dan Sahabat

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 08 Jul 2022 09:32 WIB
Kata-kata maaf. Foto: Dok. Canva Kata-kata maaf. Foto: Dok. Canva
Jakarta -

Menyampaikan permintaan maaf terkadang tak semudah membalikkan telapak tangan. Berikut inspirasi kata-kata maaf untuk orang terkasih seperti pacar, orangtua dan sahabat.

Meminta maaf memang tidak semudah yang kita kira. Sebab saat kamu berbuat salah, terkadang perasaan gengsi lebih besar sehingga sulit terucap kata maaf. Padahal minta maaf itu penting ketika kamu berbuat salah.

Saat bersalah pada pacar misalnya, meminta maaf menurut psikolog dan pakar hubungan Dr Guy Grenier, merupakan tanda bahwa kamu memikirkan kelangsungan hubungan asmara. "Minta maaf sangat dasar namun sangat penting untuk dilakukan. Ini akan membantu menurunkan tingkat konflik yang ada," kata Grenier.

Begitu juga ketika kamu berbuat salah pada orang terkasih lainnya seperti orangtua atau sahabat. Menyampaikan kata-kata maaf bisa meluluhkan hati mereka dan memperkuat hubungan.

Inilah deretan kata-kata maaf yang bisa kamu berikan pada orang tersayang, pacar, orangtua, pasangan atau sahabat:

Kata-kata maafKata-kata maaf Foto: Dok. Canva

Kata-kata Maaf untuk Pacar atau Pasangan

1. Maafkan aku tidak membalas pesan dan teleponmu. Tolong terima maafku.

2. Aku tahu aku mengecewakanmu. Sekarang aku merasa sangat bersalah. Bisakah kamu memaafkanku.

3. Tolong berikan aku kesempatan lagi untuk menjadi lebih baik. Aku benar-benar minta maaf sayangku.

4. Aku masih kekanak-kanakan, aku belum dewasa, akibatnya, aku menyakitimu. Aku minta maa

5. Hubungan kita adalah perjalanan pasang surut dan aku seharusnya memegang erat dirimu di setiap tantangan yang kita hadapi. Maafkan aku karena tidak hadir saat kita melalui tantangan itu.

6. Aku tidak menyesal karena tidak sempurna, tetapi aku minta maaf karena selalu salah. Maafkan aku.

7. Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, sayangku.

8. Jika aku tahu tindakanku akan menyakitimu, aku akan berpikir ribuan kali sebelum melakukannya. Kau jauh lebih berharga dari yang kau kira. Tolong maafkan aku.

9. Maafkanlah aku sayangku. Aku berharap kamu bisa menemukan cara untuk memaafkanku dan membuatmu kembali padaku. Aku merindukanmu dan membutuhkanmu dalam hidupku.

10. Aku telah dibutakan oleh amarah, aku menjadi kekanak-kanakan karena ketidakdewasaan. Aku minta maaf telah menyakitimu.

11. Tidak ada kata-kata lain selain maaf yang bisa aku sampaikan padamu. Teirmalah maafku ini.

12. Aku bertengkar denganmu, berteriak padamu, berlaku mengesalkan, menyakitimu, tapi aku tak bisa hidup tanpamu. Maafkan aku, sayangku.

13. Aku mencintaimu, kamulah yang terbaik dalam hidupku. Tolong maafkan aku.

14. Maafkan aku tidak bisa mengungkapkan perasaanku. Nantinya aku akan mencoba terbuka padamu. Terimalah permintaan maafku.

15. Bagaimana bisa aku bilang 'maafkan aku' saat aku tahu kata-kata itu tidak cukup? Dan bagaimana bisa aku memohon maafmu saat aku tahu aku tidak bisa memaafkan diriku sendiri?

Kata-kata Maaf Kepada Orangtua

16. Ibu dan ayah, aku telah melakukan hal yang membuat kalian sangat sedih dan kecewa. Aku benar-benar minta maaf dan memohon pengampunan kalian.

17. Ayah dan ibu izinkan anakmu ini memohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang diperbuat. Semoga ayah dan ibu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT."

18. Aku memiliki orangtua yang luar biasa. Dan aku tidak tahu kenapa aku memilih menyakiti kalian dengan perilakuku. Tolong maafkan aku.

19. Tindakanku benar-benar tidak bisa diterima dan aku meminta maaf atas semua kesedihan kalian, ayah dan ibu.

20. Jika ucapan membuat lara jika tindakan menjadikan luka. Wahai ayah dan ibu mohon maaf sebesar-besarnya."

21. Untuk orangtua terbaik yang aku punya. Aku benar-benar malu dengan perbuatanku. Tolong maafkan aku dan aku siap memperbaiki kesalahanku.

22. Aku mencintaimu ibu (atau ayah). Maafkan aku telah menyakiti perasaanmu.

23. Bagaimana bisa aku begitu egois. Kalian adalah orangtua yang luar biasa. Jadi tolong maafkan aku.

24. Untuk ayah dan ibu terbaik, aku menyesali perbuatanku dan perkataanku pada kalian, maafkanlah aku.

25. Tiada kata paling indah bila belum memohon maaf langsung kepada orang yang telah berjasa kepadaku dari lahir. Ibu, ayah, maafkan diriku bila banyak dosa kepadamu."

Kata-kata Maaf untuk Sahabat atau Teman

Kata-kata maafKata-kata maaf Foto: Dok. Canva

26. Aku benar-benar minta maaf atas sikapku. Aku berharap bisa lebih hati-hati dengan perkataanku, sahabtku. Teirmalah permintaan maafku ini.

27. Aku hanya seorang sahabat yang tidak sempurna, masih banyak memiliki kekurangan dan kelemahan yang sering kali terjadi. Namun, tak pernah aku sadari, sekali lagi maafkan aku, sahabatku."

28. Dear sahabatku, maafkan aku sudah menyakiti perasaanmu. Aku tidak bermaksud buruk dengan ucapanku. Tolong maafkan aku karena telah menyakitimu.

29. Aku hanya ingin kamu tahu bahwa aku tidak bermaksud menyakitimu. Aku menyesali kita jadi seperti ini. Aku benar-benar minta maaf.

30. Aku tahu perkatan dan perbuatanku telah menyakitimu. Maafkan aku sudah mengecewakanmu.

31. Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya

32. Apa yang telah aku lakukan benar-benar tidak bisa ditolerir. Dan aku akan memperbaikinya. Persahaban kita lebih berharga, jadi tolong maafkan aku.

33. Jika aku sudah menyakitimu dengan perkataan atau perbuatanku, aku benar-benar meminta maaf dari lubuk hatiku.

Kata-kata Maaf untuk Teman atau Sahabat...LANJUT DI HALAMAN BERIKUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2