Memahami Love Language dalam Hubungan, Seberapa Penting Sih?

Erika Dyah - wolipop Jumat, 24 Jun 2022 16:50 WIB
Ilustrasi Pasangan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Belakangan ini love language banyak dibahas sebagai salah satu tolok ukur dalam mengekspresikan rasa cinta kepada orang tersayang. Namun, seberapa penting sih memahami love language ini dalam sebuah hubungan?

Istilah love language pertama kali dicetuskan oleh Gary Chapman, seorang konselor pernikahan yang telah memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun. Menurutnya, seseorang bisa berbicara dan mengekspresikan diri tak hanya dengan satu jenis love language, tapi bisa juga lebih.

Mulai dari physical touch (sentuhan fisik), quality time (waktu yang berkualitas), words of affirmation (kata-kata pujian), acts of service (tindakan penuh perhatian), hingga receiving gifts (saling beri kejutan hadiah). Memahami love language satu sama lain bisa sedikit banyak membantu keberhasilan hubungan dengan pasangan, seperti dilansir dari Psychology Today dan The Every Girl berikut ini.

1. Bantu Kamu dan Pasangan Merasa Lebih Dihargai

Dengan saling memahami jenis love language masing-masing, kamu bisa membuat pasangan merasa lebih dihargai bahkan saat melakukan hal kecil sekalipun. Misalnya, saat love language-mu adalah acts of service dan love language pasangan words affirmation. Kalian bisa lebih menghargai satu sama lain saat memberikan perhatian lewat tindakan-tindakan sederhana yang dibalas oleh pasangan dengan ucapan terima kasih dan ungkapan sayang penuh cinta.

Meski bahasa cintamu berbeda dengan pasangan, jika bisa saling memahami maka kamu dan si dia bisa saling menghargai segala tindakan yang dilakukan satu sama lain.

2. Bikin Komunikasi dengan Pasangan Lebih Baik

Tak jarang kita memiliki hal-hal kecil yang diharapkan dari pasangan, seperti dipuji saat berdandan cantik, dibawakan bunga di momen spesial, atau diajak kencan ke tempat-tempat impian. Ekspektasi akan kebutuhan ini sering kali bikin hubungan dengan pasangan menemui konflik jika tak dikomunikasikan dengan baik.

Namun jika kamu dan pasangan sudah saling memahami jenis bahasa cinta satu sama lain, kalian bisa berkomunikasi dengan baik dan lebih memahami kebutuhan pasangan. Kamu dan pasangan pun bisa mengekspresikan bahasa cinta lebih baik untuk menunjukkan kasih sayang.

3. Bantu Lebih Tahu Apa yang Harus Dilakukan ke Pasangan

Saat kamu memahami love language diri sendiri dan pasangan, nggak bakal ada lagi tuh istilah kode-kodean dalam hubungan. Karena kamu dan si dia bakal tahu apa yang harus dilakukan satu sama lain tanpa diminta.

Misalnya, jika salah satu memiliki bahasa cinta 'physical touch' maka tak perlu bingung dengan cara menghibur si dia ketika sedang sedih. Cobalah beri pelukan untuk bantu menenangkannya. Dengan langsung melakukan hal tersebut, kamu bisa tunjukkan betapa penting kehadiranmu pada pasangan meski dengan cara sederhana.

Lain lagi jika bahasa cinta kamu dan pasangan adalah 'receiving gifts'. Jangan tunggu diminta, beri saja hadiah pada momen tak disangka-sangka sekali pun. Dijamin bakal bikin si dia makin happy dan merasa dicintai.

Jika kamu masih bingung mencari hadiah yang spesial buat pasangan, kamu bisa ungkapkan rasa cinta dengan memberi koleksi perhiasan berlian terbaru dari The Palace, Kasmaran rilisan Juni. Koleksi terbaru yang dikembangkan dari Kasmaran rilisan Februari ini menghadirkan set exclusive diamond jewellery dengan menggandeng maestro fesyen Indonesia, Anne Avantie.

koleksi Kasmaran rilisan JuniFoto: The Palace

Ada 4 set perhiasan dalam koleksi Kasmaran rilisan Juni yang terdiri dari cincin berlian, anting berlian wanita, hingga liontin berlian berkualitas yang bisa kamu pilih . Semuanya koleksi dari toko berlian terpercaya ini mengusung tema penuh cinta, tapi di sisi lain tetap menonjolkan kearifan lokal.

Kasmaran merupakan rangkaian koleksi perhiasan yang mewakili cerita kasih suci abadi, yang terinspirasi dari siluet Kawung. Adapun Kawung yang seumpama lukisan bunga seroja melambangkan kesucian. Diketahui, motif bulat lonjong pada Kawung bernama Vajra (Sansekerta) yang berarti berlian. Sehingga Kawung dalam Kasmaran menjadi lambang kekuatan dalam kehidupan yang memberikan cahaya untuk sepasang kekasih.

Tak hanya itu, The Palace juga mencoba mendobrak anggapan salah masyarakat soal perhiasan lewat TVC terbaru mereka. TVC ini mengangkat situasi emosional dalam kehidupan masyarakat, Salah satunya bahwa perhiasan tak selalu mahal karena The Palace memiliki koleksi perhiasan THERJANGKAU. Perhiasan di The Palace juga dipastikan THERJAMIN dan THERLENGKAP. Yuk, segera ungkapkan rasa cinta pada pasangan dengan seri Kasmaran dari The Palace.

(ads/ads)