ADVERTISEMENT

Kunci Sukses Jalani LDR biar Awet dan Langgeng hingga Nikah

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Kamis, 17 Feb 2022 16:09 WIB
Ilustrasi LDR Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Menjalani hubungan asmara jarak jauh atau yang biasa disebut LDR bukanlah perkara mudah untuk setiap pasangan. Ada banyak risiko yang muncul.

Salah satu risiko terbesar dari pasangan LDR adalah munculnya banyak rasa kekhawatiran antara satu sama lain. Oleh karena itu penting menjalin komunikasi yang baik serta membangun kepercayaan dengan pasangan. Hal ini dilakukan demi menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis dan romantis. Merangkum Brides, beberapa cara ini dapat kamu dan kekasih lakukan untuk memperkuat hubungan jarak jauh supaya langgeng terus.

Telepon Tiap Pagi dan Malam

LDR-an bukan berarti harus berkabar setiap waktu. Cukup lakukan panggilan telepon dengan si dia setiap pagi saat bangun tidur, dan malam hari setelah seharian beraktivitas. Seorang pakar hubungan, Kavita Patel menyebut cara ini cukup efektif untuk menjaga komunikasi pasangan ldr.

"Meski secara fisik berjauhan, namun Anda akan tetap merasa menjadi bagian hidup satu sama lain. Apalagi saat malam merupakan waktu di mana Anda merasa kesepian, di sinilah diperlukan kehadiran sosok pasangan untuk memberi dukungan emosional," ujar Patel.

Jadwalkan Pertemuan Rutin

Sebisa mungkin buat jadwal untuk saling mengunjungi dan bertemu satu sama lain Tidak perlu terlalu sering, setidaknya beberapa bulan sekali. Dengan bertemu tentu akan menjadi obat rindu setelah sekian lama tidak bisa bertemu.

"Buat komitmen untuk bertemu setidaknya setahun 4 kali. Bahkan, lebih baik jika Anda dan pasangan bisa bertemu secara rutin setiap bulan," kata Patel.

Kurangi Konflik, Perbanyak Self-reflect

Agar hubungan jarak jauh awet, maka hindari hal-hal yang dapat memicu konflik. Jika terjadi selisih pendapat ketika berkomunikasi, tahan diri untuk berdebat. Selain itu juga perbanyak refleksi diri. Pikirkan kembali apa yang membuat kamu kecewa, dan apa yang sebenarnya kamu inginkan dari pasangan. Patel menilai hal ini penting, sebab dengan begitu kamu bisa menyampaikan keinginan dengan jelas, terutama terkait hal-hal yang menyangkut kelangsungan hubungan asmara kamu dan dia.

Pandai Menentukan Prioritas

Terpisah oleh jarak mau nggak mau menuntut pasangan untuk bijak dalam menyusun prioritas, serta mengusahakan yang terbaik bagi hubungan. Misalnya, kapan bisa bertemu di sela-sela kesibukan. Atau kapan waktu yang tepat untuk melakukan panggilan video.

"Kedua pihak harus memprioritaskan satu sama lain. Nggak bisa jika hanya satu pihak saja," tutur Patel.

Saling Berkirim Hadiah

Selain rajin bertanya kabar, tidak ada salahnya lho saling berkirim hadiah istimewa dengan pasangan. Ini bisa menjadi cara romantis untuk menunjukkan perhatian dan rasa sayang ke pasangan. Dia pun pasti akan merasa spesial.

Apalagi momennya pas karena bulan Februari disebut sebagai bulan yang penuh cinta. Nggak usah bingung mikir hadiah untuk pacar. Kamu bisa berikan perhiasan berlian dari seri Kasmaran.

The Palace Jeweler Foto: dok. The Palace Jeweler

Seri perhiasan berlian terbaru ini merupakan hasil kolaborasi The Palace Jeweler bersama maestro fesyen Indonesia Anne Avantie. Desainnya elegan dengan mengusung tema penuh cinta dan sarat akan kearifan lokal. Motif batik kawung yang dihadirkan juga melambangkan umur panjang dan kesucian. Pendant berlian Kasmaran hadir sebagai pelindung sekaligus pengikat asmara. Selain itu juga harapan dan doa bagi kamu dan si dia yang sedang kasmaran.

The Palace Jeweler Foto: dok. The Palace Jeweler

Tidak hanya seri Kasmaran, The Palace Jeweler juga menghadirkan koleksi Lovely. Model perhiasan emas terbaru dengan berlian cantik ini memiliki desain heart yang manis. Simple dan chic banget sehingga tidak terkesan berlebihan dan cocok untuk dipakai sehari-hari.

(akn/eny)