20 Contoh Ucapan Belasungkawa yang Singkat dan Sopan

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 14 Jan 2022 10:35 WIB
asian depression sad woman is standing by windows alone at home and thinking negative thoughts Ilustrasi ucapan belasungkawa yang singkat. Foto: Dok. Istock.
Jakarta -

Berita duka bisa datang dari mana saja, termasuk kerabat dekatmu. Berikan ucapan belasungkawa yang singkat dan sopan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Ucapan belasungkawa yang singkat dan sopan lebih bermakna dibanding merajut kata-kata panjang tapi kurang menghormati keluarga yang sedang berduka. Bagi kamu yang berjauhan bisa memberikan ucapan belasungkawa lewat pesan teks.

Tidak hanya itu, masa pandemi COVID-19 membuat kita tak bisa bertemu sehingga hanya bisa memberikan ucapan belasungkawa lewat aplikasi chat online. Dibanding meneleponnya saat sedang rapuh, mungkin ucapan belasungkawa lewat pesan teks lebih mengenai hatinya.

Berikut ucapan belasungkawa yang singkat dan sopan, mungkin bisa menjadi pilihan ketika ada kabar duka datang dari orang terdekat:

Ucapan Belasungkawa Singkat

1. I am deeply saddened by the loss that you and your family have encountered. My condolences on the passing of your father. (Aku sangat sedih atas kehilangan yang kamu dan keluargamu alami. Turut berduka cita atas berpulangnya ayahanda)

2. Turut berduka cita atas kepergiaan ibumu. Ketahuilah bahwa aku di sini untukmu, jangan ragu untuk menghubungiku.

3. Mengingat jiwanya yang indah dan lembut akan selamanya ada di hati kita. May she rest in peace!

4. Doa dan kenangan indah menjadi hal yang harus kita ingat untuk mendiang tersayang. Semoga Tuhan memberikan tempat terindah untuknya.

5. Kami tidak akan pernah melupakanmu. Kami akan berdoa untuknya seperti dia berdoa untuk kami. Semoga Tuhan memberinya istirahat yang tenang dan nyaman.

6. Aku tidak akan pernah melupakan kebaikannya. Semoga Tuhan memberinya istirahat yang tenang dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

7. Turut berduka cita, teman. Pegang erat-erat kenangan untuk kenyamanan. Bersandar pada teman untuk kekuatan. Dan selalu ingat betapa kamu selalu dicintai.

8. Meski tak ada kata yang bisa meringankan rasa kehilangan yang kamu rasakan, ketahuilah kamu sangat dekat dalam pikiran dan doa kami. Turut berduka cita, sahabat.

9. Mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang dicintai tidak pernah mudah. Jika saja aku bisa menyerap sebagian dari rasa sakitmu, aku dengan senang hati akan melakukannya. My deepest condolences for your family's loss.

10. Turut berduka cita. Semoga kedamaian yang datang dari kenangan cintamu menghiburmu sekarang dan di hari-hari mendatang.

Ucapan Belasungkawa Dalam Islam

11. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan meneranginya dengan berkah-Nya. Dia adalah orang yang baik. Allah SWT akan menempatkannya di Jannatul Firdaus.

12. Kullu nafsin zaa'ikatul maut, Allahu akbar, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kita semua milik Allah SWT. Allah SWT lebih sayang dia dan akan menjaganya.

13. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian. Allah SWT selalu berbelas kasih kepada orang-orang yang beriman kepada-Nya.
14. Kamu berhak untuk menangis sekeras-kerasnya tapi jangan pernah lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar ayahmu yang tercinta tetap di Jannah. Aku berharap doa kita akan membantunya tenang di alam sana.

15. Innalillahi wainnalillahi rajiun. Semoga Allah SWT memberikan ibumu Jannah dan membebaskannya dari siksaan kubur. Tetap kuat, doakan dia, dan miliki keyakinan kepada Allah SWT.

16. Ibumu adalah orang baik. Semoga Allah SWT mengampuni semua dosanya dan menerangi kuburnya, menjadikannya bagian dari Jannat-ul-Firdaus. Ingatlah untuk berdoa untuknya setiap saat. Mengirim doaku untukmu agar tetap kuat.

17. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah SWT memberimu kesabaran di masa sulit ini dan memberimu kekuatan untuk menanggungnya. Aku tidak bisa memikirkan sesuatu yang menenangkan saat ini. Tapi aku berdoa untukmu dan orang yang kamu sayangi.

18. Kehilangan itu memang sangat menyakitkan tapi kamu harus tetap kuat dan menjaga imanmu kepada-Nya. Bersabarlah, dan Allah SWT akan memudahkan jalan bagimu. Semoga Allah SWT menganugerahkan ayahmu Jannat-ul-Firdaus.

19. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga Yang Maha Kuasa memberimu kesabaran di masa sulit ini. Aku berdoa kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa ayahmu dan melapangkan kuburnya.

20. Turut berduka cita atas kesedihanmu. Hanya Allah SWT yang bisa menyembuhkan sakitmu. Semoga Allah SWT menghitungnya di antara orang-orang yang mengikuti Nabi Muhammad ke Al-Jannah Firdaus. Amin.

Itulah 20 ucapan belasungkawa yang singkat dan sopan.



Simak Video "KuTips: DIY Wall Decor Estetik Low Budget, Kuy Dicoba!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)